Sosialisasi Pembuatan Konten Kreatif Digital Guna Meningkatkan Kreativitas Dan Menciptakan Inovasi Baru Bagi Generasi Muda Dimasa Pandemi

Authors

  • Ravena Dellarosa Universitas Pamulang
  • Rizal Akbar Maulana Universitas Pamulang
  • Jaylani Rahman Universitas Pamulang
  • Kareynina Sarah Bila Universitas Pamulang
  • Hamidah Handayani Universitas Pamulang
  • Haidilia Maharani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i3.11433

Abstract

Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mahasiswa ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada anggota Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Binar yang beralamat di Jalan Sulawesi IV Blok E VI no 7, Vila Bintaro Indah, Jombang, Tangerang Selatan.

Adapun Metode kegiatan ini adalah mendatangi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) tersebut dengan memberikan penjelasan serta diskusi mengenai pentingnya pembuatan konten kreatif digital guna meningkatkan kreativitas dan menciptakan inovasi baru di masa pandemi Covid-19.

Hasil dari kegiatan tersebut adalah para peserta menjadi lebih mengerti makna konten yang baik dan mendidik, mengenal berbagai macam aplikasi pembuatan konten digital melalui smartphone serta langkah-langkah dalam pembuatan konten kreatif digital, sehingga ke depan para anggota Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Binar, akan lebih tertarik dalam membuat konten kreatif digital guna meningkatkan kreativitas dan menciptakan inovasi baru di masa pandemi.

Kata Kunci: Konten Kreatif Digital, Kreativitas, Inovasi

 

The purpose of this Student Community Service (PKM) is to provide knowledge and understanding to members of the Binar Community Learning Activity Center (PKBM) which is located at Jalan Sulawesi IV Blok E VI no 7, Vila Bintaro Indah, Jombang, South Tangerang.

The method of this activity is to visit the Community Learning Activity Center (PKBM) by providing explanations and discussions about the importance of creating digital creative content to increase creativity and create new innovations during the Covid-19 pandemic.

The result of this activity is that the participants become more aware of the meaning of good and educational content, get to know various kinds of digital content creation applications through smartphones and the steps in creating digital creative content, so that in the future members of the Binar Community Learning Activity Center (PKBM), will be more interested in creating digital creative content to increase creativity and create new innovations during the pandemic.

Keywords: Digital Creative Content, Creativity, Innovation

References

Affandi, A., Sarwani, A. S., Erlangga, H., Siagian, A. O., Purwanto, A., Effendy, A. A., ... & Wahyitno, C. D. M. (2020). Optimization of MSMEs Empowerment in Facing Competition in the Global Market during the COVID-19 Pandemic Time. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(11), 1506-1515.

Conny R. Semiawan. 2009. Kreativitas dan Keberkatan Jakarta : PT. Indeks

Conny Setiawan, dkk, 1998, pendekatan keterampilan proses, Jakarta, Gramedia.

Evita Widasari, Abi Senoprabowo Dan Dimas Irawan Ihya’ulumuddin, Perencanaan

Haque, M. G., Munawaroh, M., & Sunarsi, D. (2020). Analysis of SMEs Culinary Marketing Strategy During Covid 19 Pancemic: A Study at “Sate Bebek Cilegon†Resto in Cilegon, Banten. International Journal of Education, Information Technology, and Others, 3(2), 447-451.

Konten 16 Sub Sektor Ekonomi Kreatif Bekraf Melalui Video Fulldome, (Univeritas Dian--

Nuswantoro, 2017)

Sahlan Sulaiman, Wasman, Multi, 1998 Dimensi Sumber Kreatifitas Manusia. Bandung ,Sinar Baru .

Sunarsi, D., Suryani, N. L., & Jati, W. (2020). Covid-19 Pandemic Analysis Toward Productivity Giving Layoffs Effect in The Company of Industrial Sector around South Tangerang. Prosiding ICoISSE, 1(1), 472-481.

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51-58.

Downloads

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles