Meningkatkan Daya Jual Produk Melalui Pemasaran Online Di Masa Pandemi Pada WPI (Wirausaha Pelajar Indonesia) Wilayah Bogor

Authors

  • Widhi Wicaksono Universitas Pamulang
  • Suyatin Suyatin Universitas Pamulang
  • Panji Galih Kusumo Adie Universitas Pamulang
  • Rachmawaty Rachmawaty Universitas Pamulang
  • Eko Cahyadi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i3.11434

Abstract

Generasi Muda adalah sebuah generasi unggul sebagai penerus generasi selanjutnya, walaupun saat ini masih di masa pandemi Covid-19, jiwa-jiwa muda yang memiliki bisnis atau UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) harus terus berinovasi dan mengembangkan bisnisnya agar dapat berkembang dan mampu bertahan walaupun di masa pandemi saat ini WPI (Wirausaha Pelajar Indonesia) di berbagai cabang yang ada di Indonesia, seperti Bogor, Tangerang Selatan dan sebagainya, diharapkan mampu menambah jumlah UMKM di masing-masing kota, khususnya di Kota Bogor dan sekitarnya, namun sebagai wirausaha pemula yang tergabung dalam Wirausaha Pelajar Indonesia (WPI) perlu juga melakukan pemasaran melalui Online atau e-commerce yang dapat meningkatkan daya jual produk dan bersaing dengan usaha sejenis lainnya. Target dari PKM ini Bimbingan berupa arahan bagaimana menjadi para pelaku wirausaha yang berhasil dan wawasan mengenai bahan baku yang mudah didapat, cara terbaik pemasaran dan bagaimana produk laku serta bagaimana cara mendapatkan laba yang maksimal

Kata Kunci: Pemasaran Online, Masa Pandemi, Wirausaha Pelajar Indonesia, Bogor

 

The Younger Generation is a superior generation as the next generation, although it is still in the covid-19 pandemic, young people who have businesses or MSMEs (Small and Medium Micro Enterprises) must continue to innovate and develop their businesses in order to grow and be able to survive even in the current pandemic WPI (Indonesian Student Entrepreneurship) in various branches in Indonesia , such as Bogor, South Tangerang and so on, it is expected to increase the number of MSMEs in each city, especially in the city of Bogor and its surroundings, but as a beginner entrepreneur who is a member of the Indonesian Student Entrepreneur (WPI) need to also do marketing through Online or e-commerce that can increase the selling power of products and compete with other similar businesses. The target of this PKM Guidance in the form of direction on how to become successful entrepreneurs and insights on raw materials that are easy to get, the best way of marketing and how products sell and how to get maximum profit.

Keywords: Online Marketing, Pandemic Period, Indonesian Student Entrepreneurship, Bogor

References

Anugrah, R. J. (2020). “Efektifitas Penerapan Strategi Online Marketing oleh UMKM dalam Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Corona Viruses Disease 2019 (Covid-19).†MANOVA (Jurnal Manajemen dan Inovasi), 2(2).

BPS (Badan Pusat Statistik) Kota Bogor. 2020. https://bogorkota.bps.go.id/publication.html, diakses pada 29 Maret 2021

Budiyanto, A., & Effendy, A. A. (2020). Analisa Kebijakan Pemerintah Kota Tangerang Selatan terhadap Pemberdayaan Koperasi dan UMKM dan Dampaknya terhadap Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 80-93.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengaja. Cet 5, PT Rineka Cipta, Jakarta. Hlm. 39-41

Effendy, A. A., Budiyanto, A., Nurhadi, A., Murtiyoko, H., & Mas’adi, M. (2020). “Implementasi Kewirausahaan dan Koperasi di Sekolah pada SMK Mulia Buana, Parung Panjang–Kab. Bogor.†DEDIKASI PKM, 1(2), 105-110.

Effendy, A. A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 702-714.

Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). “Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19.†Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen, 5(2), 213-222.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Cet. 7, PT. Bumi Aksara, Jakarta. Hlm. 37

Nasution, Prof. Dr. S., 2015. “Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajarâ€, PT Bumi Aksara, Jakarta

Rahayu, R., & Day, J. (2015). Determinant Factors of E-commerce Adoption by SMEs in Developing Country: Evidence from Indonesia. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 195, 142-150.

Downloads

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles