Pelatihan Peningkatan Kualitas Desain Kemasan Produk UKM Di Desa Kedaung
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i3.11435Abstract
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan tulang punggung perekonomian nasional. UKM merupakan hal yang sangat penting dalam menghadapi era industri 4.0. Terlebih, Sektor ini mampu menggerakkan perekonomian masyarakat dan menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar. Namun, kerap kali ditemukan kemasan (Packaging) Produk UKM belum bisa bersaing dengan produk pabrikan. Salah satu solusinya adalah dengan memperhatikan desain kemasan produk UKM. Dengan kegiatan ini akan diberikan pembinaan dan pelatihan kepada 10 pemilik Usaha Kecil dan Menengah di Desa Kedaung untuk memperbaiki kemasan produk UKM yang diharapkan dapat meningkatkan pemasaran, segmen pasarnya semakin bertambah, dan omset pemasaran semakin meningkat. Sehingga Produk-produk UKM dapat mampu besaing dengan produk di Industri besar.
Kata Kunci: Kemasan, Produk, UKM, Pemasaran
Small and Medium Enterprises (SMEs) are the backbone of the national economy. SMEs are very important in the face of the industrial era 4.0. Moreover, the sector is able to drive the economy of the community and absorb a large amount of labor. However, often found packaging (Packaging) SME products can not compete with the manufacturer's products. One solution is to pay attention to the packaging design of SME products. With this activity will be given coaching and training to 10 small and medium business owners in Kedaung Village to improve the packaging of SME products that are expected to increase marketing, the market segment is increasing, and marketing turnover is increasing. So that SME products can be able to be compared with products in large industries.
Keywords: Packaging, Products, SMEs, MarketingReferences
Admin Koperasi. Kriteria Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Menurut UU no. 20 Tahun 2008 Tentang UMKM.
Diakses di: https://koperasi.kulonprogokab.go.id
Affandi, A., Sarwani, A. S., Erlangga, H., Siagian, A. O., Purwanto, A., Effendy, A. A., ... & Wahyitno, C. D. M. (2020). Optimization of MSMEs Empowerment in Facing Competition in the Global Market during the COVID-19 Pandemic Time. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(11), 1506-1515.
Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 Pengertian Usaha Kecil Menengah. Diakses di : https://peraturan.bpk.go.id
Erlangga, H. (2021). Effect Of Digital Marketing And Social Media On Purchase Intention Of Smes Food Products. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 3672-3678.
Haque, M. G., Munawaroh, M., Sunarsi, D., & Baharuddin, A. (2021). Competitive Advantage in Cost Leadership and Differentiation of SMEs “Bakoel Zee†Marketing Strategy in BSD. PINISI Discretion Review, 4(2), 277-284.
Maharani, P.A. (2018). Analisis Pengaruh Kemasan dan Citra Merek terhadap minat beli konsumen. Skripsi, Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.
Diakses di: http://repository.usd.ac.id/30909/2/142214111_full.pdf
Nurjaya, N., Erlangga, H., Hong, L. Z., & Wijayanti, K. D. (2020). The Effect of Work Stress and Work Conflict on Employees Turnover Intention In Middle Small Micro Enterprises (MSMEs) In South Tangerang Region. International Journal of Educational Administration, Management, and Leadership, 51-62.
Ratriani. (2020). Pengertian dan Kriteria UMKM. Diakses di : https://bit.ly/3vvuwVC Pada 27 Februari 2021
Safitri, R. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil Menengah Di Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Diakses di: http://eprints.umpo.ac.id/3971/3/3.%20BAB%20II.pdf
Wardani, K.H. (2013). Peranan Dinas Koperasi dan UKM Dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah Kota Malang. Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol 1, No.2, hal. 213-220. Diakses di: http://studentjournal.ub.ac.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).