Pengembangan Minat Belajar Ditengah Penurunan Nafsu Pembelajaran Selama Daring Bersama Anak Rumah Yatim Dhuafa Aulia
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i4.13487Abstract
Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan minat belajar anak – anak di tengah penurunan nafsu pembelajaran pada masa pandemi ini. Adapun metode kegiatan yang dilakukan untuk kegiatan ini adalah dengan mendatangi Rumah Yatim Dhuafa Raydha Aulia dengan maksud memberi pembelajaran dan beberapa motivasi kepada anak – anak. Lalu memberi cara dan praktek langsung untuk bagaimana mengatasi kejenuhan selama pembelajaran daring ini. Hasil dari kegiatan ini peserta jadi mempunyai motivasi dan semangat baru untuk menghadapi pembelajaran daring selama ini dengan terus mengembangkan minat belajar dan kreativitas yang sudah kami berikan pelajarannya kepada mereka, karena anak – anak sangat membutuhkan adanya perbaharuan dalam metode pembelajaran yang lebih menarik ditengah kejenuhan pembelajaran online ini.
Kata Kunci: Pembelajaran Online, Pengembangan Minat Belajar, Kreativitas
The purpose of Community Service (PKM) is to improve and develop children's interest in learning in the middle decreased appetite for learning during this pandemic. The method of activities carried out for this activity is by visited the Dhuafa Raydha Aulia Orphanage with the intention of giving learning and some motivation to children. Then give way and hands-on practice for how to overcome boredom during learning dare. The result of this activity is that participants have motivation and enthusiasm new to facing brave learning so far continuously with develop interest in learning and creativity that we have provided the lesson to them, because children really need their updates in learning methods that are more interesting in the midst of boredom this online learning.
Keywords: Online Learning, Development of Interest in Learning, Creativity
References
Desyandri, S.Pd.,M.Pd. (2011). Pembelajaran Bernyanyi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung (Explicit Instruction). Desyandri wordpress. Padang.
Elvania Rachim. (2020). Hubungan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dengan Minat Belajar Siswa Mi Pada Masa Pandemi Covid- 19 Di Desa Krincing Secang Magelang. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Khoiri, A., et al. (2021, February). 4Cs Analysis of 21st Century Skills-Based School Areas. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1764, No. 1, p. 012142). IOP Publishing.
Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan Universitas Indonesia, 2(2).
Nieta Meylinie. Pembelajaran Mewarnai Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Universitas Tanjungpura. Pontianak.
Paeno, P., et al. (2020). Pemanfaatan Sampah Plastik Untuk Kerajinan Rumah Tangga Taman Belajar Kreatif Mekar Sari. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 57-61.
Ria Yunitasari dan Umi Hanifah. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 Nomor 3 Tahun 2020 Halm 232 – 243. Surabaya.
Ridwan dan A.Fajar Awaluddin. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. Jurnal Kependidikan, Vol. 13 No. 1 Juni 2019. Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Gazali Bone. Sulawesi Selatan.
Sunarsi, D. (2018). Analisis Motivasi Kerja Tenaga Pendidik Sukarela Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bimasda Kota Tangerang Selatan. Kreatif: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 6(2), 53-65.
Ubaidillah. (2019). Pengembangan Minat Belajar Kognitif Pada Anak Usia Dini. Journal of Childhood Education. Vol. 3 No. 1 Tahun 2019. Hal. 58 – 85, 2620-3278 (E-ISSN), 2598-2184 (P-ISSN).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).