Motivasi Belajar Dan Manajemen Waktu Untuk Anak Panti Yayasan Mutiara Ibu Nusantara (Yasmin)
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i4.13488Abstract
Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, pendidikan merupakan hal terpenting dan suatu kebutuhan bagi setiap orang, karena melalui pendidikanlah seseorang dapat memperoleh ilmu pengetahuan. Motivasi memegang peranan yang penting dalam proses belajar. Apabila guru dan orang tua dapat memberikan motivasi yang baik pada siswa atau anaknya, maka dalam diri siswa atau anak akan timbul dorongan dan hasrat untuk belajar lebih baik. Memberikan motivasi yang baik dan sesuai, maka anak dapat menyadari akan manfaat belajar dan tujuan yang hendak dicapai dengan belajar tersebut. Motivasi belajar juga diharapkan mampu menggugah semangat belajar, terutama bagi para siswa yang malas belajar sebagai akibat pengaruh negative dari luar diri siswa. Dan Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal sebagai sarana untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Seseorang yang berprestasi tinggi berhasil mengelola dan menerapkan penggunaan waktu mereka dengan sangat baik. Dengan menggunakan teknik manajemen waktu, dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk berfungsi lebih efektif bahkan ketika waktu terbatas dan mendapat tekanan. Manajemen waktu yang baik membutuhkan perubahan penting dalam fokus dari kegiatan untuk mendapatkan hasil nyata karena menjadi sibuk itu tidak sama dengan menjadi produktif.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Manajemen Waktu
In this era of globalization, education is the most important thing and a necessity for everyone, because it is through education that one can gain knowledge. Motivation plays an important role in the learning process. If teachers and parents can provide good motivation to students or children, then in the student or child there will be encouragement and desire to learn better. Providing good motivation and appropriate, then the child can realize the benefits of learning and the goals to be achieved by learning. Learning motivation is also expected to encourage learning, especially for students who are lazy to learn as a result of negative influences from outside the students. And the School is a formal educational institution as a means to achieve national educational goals. A high achiever manages and applies their time usage very well. By using time management techniques, it can improve one's ability to function more effectively even when time is limited and under pressure. Good time management requires an important change in focus from activities to get real results because being busy is not the same as being productive.
Keywords: Learning Motivation, Time Management
References
Artikel/motivasi-belajar-80.
Disdikpora. (2016). Motivasi Belajar, https://disdikpora.bulelengkab.go.id/informasi/detail/
Elburdah, R. P. (2019). Jurnal Abdimas, Penggunaan Manajemen Waktu Terhadap Peningkatan Presentasi Belajar Di SMP ARAISIYAH. 3-5. file:///C:/Users/User/Pictures/4042-8362-1-SM.pdf
https:/ core.ac.uk/download/pdf/324200489.pdf. 9c2/pentingnya-manajemen-waktu-dalam belajar
Kecakapan Hidup Siswa, 123Nurhidayati, D. D. (2016). PSIKOPEDAGOGIA, Peningkatan Pemahaman Manajemen Waktu Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Pada Siswa 26.
Kiswoyowati, A. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kegiatan Belajar Siswa Terhadap
Kompasiana (2021). Pentingnya Manajemen Waktu dalam Belajar, https://www.KompaSiana.com/vionakesya/60f156c106310e05fb3b
Muslimat, A., et al. (2021). Develop Technology Based Multimedia For Indonesian Teachers. Journal of Contemporary Issues in Business and Government, 27(1), 1871-1882.
Sobarna, A., et al. (2020). The Effect of Pedagogic Competence Kids Athletic toward Motivation for Elementary School. Solid State Technology, 63(6), 1364-1371.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).