Semangat Belajar Dengan Manajemen Perubahan Di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i4.13493Abstract
Kelurahan Pemulung merupakan pemukiman di kawasan Pondok Aren, Tangerang Selatan. Pemukiman ini disebut desa pemulung karena sebagian besar dari mereka yang tinggal di pemukiman ini bekerja sebagai pemulung. Dengan kondisi ini, mereka tidak punya waktu untuk belajar karena bekerja dan menghasilkan uang lebih baik daripada membuang-buang waktu belajar untuk mereka. Ditambah lagi dengan kondisi pandemi seperti ini, aktivitas mereka benar-benar terbatas dan akhirnya membuat mereka melupakan kewajiban mereka untuk menjalani kehidupan yang lebih baik dengan berbagai aspek ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, bantuan kami sangat berarti bagi mereka. Tidak hanya dengan simpati tetapi dengan tindakan nyata seperti memberikan motivasi, pengetahuan, dan konseling tentang perubahan manajemen yang dapat memberi mereka antusiasme untuk belajar dan akan lebih baik lagi selama pandemi ini.
Kata Kunci: Manajemen Perubahan
Pemulung Village is a settlement in the Pondok Aren area, South Tangerang. The settlement is called the scavenger village because most of those who live in these settlements work as scavengers. With these conditions, they’re don’t have time to study because working and making money is better than wasting time study for them. Add more with pandemic conditions like this, their activities are completely limited and finally make them forget their obligation to live a better life with various aspects of science. Therefore, our help means a lot to them. Not only with sympathy but with concrete actions such as provide motivation, knowledge, and counseling about management changes that can give them the enthusiasm to learn and will be better again during this pandemic.
Keywords: Changes Management
References
Fiteriani.2015. Membudayakan Iklim Semangat Belajar Pada Siswa Sekolah Dara.http://ejournal.radenintan.ac.id/.(diakses tanggal 18 Februari 2021).
Mirfani, Aceng Muhtaramh.2016.Manajemen Perubahan Pada Satuan Pendidikan Dasar.ttps://ejournal.upi.edu/.(diakses tanggal 18 Februari 2021).
Sunarsi, D. (2018). Analisis Motivasi Kerja Tenaga Pendidik Sukarela Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bimasda Kota Tangerang Selatan. Kreatif: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 6(2), 53-65.
Wanuri. 2011. Manajemen Perubahan.media.neliti.com (diakses tanggal 18 Februaru 2021).
Yuangga, K. D., et al. (2020). Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51-58.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).