Meningkatkan Kepemimpinan Dan Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Usaha Keripik Pisang Pada Member Galery UMKM Rangkasbitung Barat

Authors

  • Yosep Hendaris Universitas Pamulang
  • Andika Rachman Junianto Universitas Pamulang
  • Abdul Rahpin Universitas Pamulang
  • Santi Santi Universitas Pamulang
  • Yusnita Ika Puspitarin Universitas Pamulang
  • Hamsinah Hamsinah Universitas Pamulang
  • Arsid Arsid Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i4.13494

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat yang berjudul “Meningkatkan Kepemimpinan dan Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Usaha Keripik Pisang Pada Member Galery UMKM Rangkasbitungâ€. Setiap usaha yang dilakukan selain dari tekad yang kuat dalam membentuk usaha, juga membutuhkan sikap dalam kepemimpinan untuk usahanya. Dengan jiwa kepemimpinan, maka usaha yang ditekuni akan lebih terarah dan mudah dalam menjalankan usahanya. Kepemimpinan perlu dibentuk dalam sebuah usaha. Dalam mengontrol, mengelola dan juga menentukan hasil usahanya akan lebih efisien dan efektif jika ada yang memimpin dalam usahanya tersebut. Manajemen sumber daya manusia adalah pendekatan terencana untuk mengelola orang secara efektif demi kinerja. MSDM sebagai metode mengintegrasikan dan memelihara pekerja dalam suatu organisasi sehingga organisasi dapat mencapai tujuan dan memenuhi tujuan yang didirikan. Hal ini bertujuan untuk membangun gaya manajemen yang lebih terbuka, fleksible dan peduli sehingga staf akan termotivasi, dikembangkan dan dikelola dengan cara yang dapat dan akan memberikan yang terbaik untuk mendukung misi organisasi. Kegiatan pelatihan atau konsultasi manajemen pengusaha keripik pisang sangat cocok dan relevan bagi pemeringkatan Galery UMKM, dan merupakan kegiatan bermanfaat yang dapat memperkuat kemampuan kelompok Galery UMKM untuk membentuk budaya kelompok yang lebih terbuka dan menjalankan usaha keripik pisang secara adil dan mandiri, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat atau Kelompok Galery UMKM Karangsbitung.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Kualitas Sumber Daya Manusia, UMKM, Usaha Keripik Pisang


Community Service entitled "Improving Leadership and Quality of Human Resources in Banana Chips Business at Rangkasbitung UMKM Gallery Members". Every effort made apart from a strong determination in forming a business, also requires an attitude in leadership for the business. With the spirit of leadership, the business that is occupied will be more focused and easier to run its business. Leadership needs to be formed in a business. In controlling, managing and also determining the results of the business, it will be more efficient and effective if someone takes the lead in the business. Human resource management is a planned approach to managing people effectively for the sake of performance. HRM as a method of integrating and maintaining workers in an organization so that the organization can achieve its goals and meet its established goals. It aims to build a management style that is more open, flexible and caring so that staff will be motivated, developed and managed in a way that can and will give their best to support the mission of the organization. Training activities or management consultations for banana chip entrepreneurs are very suitable and relevant for rating UMKM galleries, and are useful activities that can strengthen the ability of UMKM gallery groups to form a group culture that is more open and run a banana chip business fairly and independently. Karangsbitung UMKM Gallery Group.

Keywords: Leadership, Quality of Human Resources, UMKM, Banana Chips Business

References

Achmad, Ruky. 2015. Kualitas Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Adair, John, 2008. Kepemimpinan yang memotivasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Mangkuprawiro, Sjafri, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik, Cetakan Pertama, PT. Gramedia, Jakarta.

Pratiwi, Ami. 2010. Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Motivasi Kerja Terhadap Produktivotas Kerja Karyawan Di PT Djitoe Tobacco Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rahmat HM. PKM Magister Manajemen UNPAM Berikan Pembinaan UMKM Rangkasbitung Hadapi Pandemi. https://suarapemerintah.id/2021/06/pkm-magister-manajemen-unpam-berikan-pembinaan-umkm-rangkasbitung-hadapi-pandemi. html diakses pada 08 Juni 2021 Pukul 08.13 WIB.

Downloads

Published

2021-10-11

Issue

Section

Articles