Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i4.13495Abstract
Pengabdian ini berjudul Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Jakarta. Mengedukasi bagaimana pentingnya pendidikan literasi keuangan pada anak yang berhadapan dengan hukum di LPKA Kelas II Jakarta, bagaiamana penerapan nilai literasi keuangan yang efektif bagi Anak Didik Pemasyarakatan di LPKA Kelas II Jakarta dan peran serta keluarga untuk menanamkan nilai pendidikan literasi keuangan ini bagi Anak Didik Pemasyarakatan di LPKA Kelas II Jakarta. Metode yang digunakan berupa penyuluhan yang dilanjutkan dengan pemberian kuesioner tentang pemahaman pengelolaan keuangan keluarga, serta wawancara.
Kata Kunci: Manajemen, Literasi Keuangan Pada Anak, Pengelolaan Keuangan
This service is entitled Financial Literacy Education for Children in Conflict with the Law at the Special Class II Children's Development Institute, Jakarta. Educate on the importance of financial literacy education for children who are in conflict with the law at LPKA Class II Jakarta, how to apply effective financial literacy values for Correctional Students at LPKA Class II Jakarta and the role of families to instill the value of financial literacy education for Correctional Students in LPKA Class II Jakarta. The method used in the form of counseling followed by the provision of questionnaires about the understanding of family financial management, as well as interviews.
Keywords: Management; Financial Literacy in Children; Financial Management
References
Alhabeeb, M. J. 1999. Allowances and the economic socialization of children. Association for Financial Counseling and Planning Education, 10 (2): 1 – 9.
Allen, M. W., Edwards, R., Hayhoe, C. R., & Leach, L. 2007. Imagined interaction, attitudes towards money and credit, and family coalitions. Journal of Family and Economic Issues, 28: 3 – 22.
Astuti, D E. (2013). Perilaku Konsumtif Dalam Membeli Barang Pada Ibu Rumah Tangga Di Kota Samarinda. eJournal Psikologi, 1(2), 2013 : 148 -156.
Bernheim, D. B., Garrett, D.M., & Maki, D. M. 2001. Education and saving: The long-term effects of high school financial curriculum mandates. Journal of Public Economics, 80 (3): 435-465.
Bowen, C. F. 2002. Financial Knowledge Of Teens And Their Parents. Financial Counseling and Planning Volume 13(2): 202
Chatib Munif.2012. Gurunya Manusia.Bandung:Mizan.
Chen, H., & Volpe, R. P. 1998. An analysis of personal financial literacy among college students. Financial Services Review, 7(2): 107 – 128.
Clarke et al,2005.The acquisition of family financial roles an responsibilities. Family and Consumer Science Research Journal,33:321-340.
Clarke, M. D., Heaton, M. B., Israelsen, C. L., & Eggett, D. L. 2005. The acquisition of family financial roles and responsibilities. Family and Consumer Sciences Research Journal, 33: 321 – 340.
Cohen, S., & Xiao, J.1992. Consumer socialization: Children and money. Childhood Education, 69 (1): 43-44.
Danes, S. M. 1994. Parental perceptions of children’s financial socialization. Financial Counseling and Planning, 5: 127 – 146.
Eka, P. D., et al. (2020). Manajemen Keuangan Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga Kampung Serua Poncol Tangerang Selatan. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 109-113.
Nurhayati, N., et al. (2020). Pemberdayaan Pengelolaan Keuangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Manajerial Bagi Pelaku Usaha Di Desa Warnasari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. KAIBON ABHINAYA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 66-70.
Pratidhina,C.G.2018.Implementasi pembelajaran literasi dalam mata pelajaran sejarah indonesia di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.Skripsi
Rapih Subroto,2016. Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak: Mengapa dan bagaimana?.Scholaria.Vol.6 No.2,Mei 2016;14-28.
Sabri, M. F. MacDonald, M. Hira, T. K. & Masud, J. 2010. Childhood Consumer Experience And Fianancial Literacy Of Students in Malaysia. Familiy And Consumer Sciences Research Journal 38 (4).
Saul, K. E. 1997. Money matters: Exploring money concepts with young children. Dimensions of Early Childhood, 25 (2): 17-21
Seefeldt, Carol., et al. 2010. Social Studies For The Preschool/Primary Child. 8th Edition.New York: Pearson.
Sefeldt et al ,2010.Social Studies For The Preschool/Primary Child.8th Edition. New York:Pearson.
Sina, P G. 2014. Peran Orangtua Dalam Mendidik Keuangan Pada Anak (Kajian Pustaka). Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora 14 (1): 74-86.
Suiter, M., & Meszaros, B. 2005. Teaching about saving and investing in the elementary and middle school grades. Social Education, 69 (2): 92-95
Vitt, L. A., Anderson, C., Kent, J., Lyter, D. M., Siegenthaler, J. K., & Ward, J. 2000. Personal Finance And The Rush To Competence: Financial Literacy Education In The U.S. Middleburg, VA: Fannie Mae Foundation.
Xiao, J. J., Noring, F. E., & Anderson, J. G. 1995. College students’ attitudes towards credit cards. Journal of Consumer Studies and Home Economics, 19: 155 – 174.
Yunus Abidin,2015. Pembelajaran Multiliterasi (Sebuah jawaban atas tantangan Pendidikan abad ke-21 dalam konteks keindonesiaan). Bandung:Refika Aditama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).