Strategi Manajemen Untuk Mewujudkan Kemandirian Yayasan Islam Nurul Amal Melalui Program Wirausaha

Authors

  • N Sunardi Universitas Pamulang
  • Chindera Setia Dewi Insani Universitas Pamulang
  • Eris Martini Universitas Pamulang
  • Evin Davinci Sagala Universitas Pamulang
  • Maman Surahman Universitas Pamulang
  • Munawaroh Munawaroh Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i4.13498

Abstract

Banyak dari masyarakat dan yayasan islam nurul amal yang belum memahami secara utuh tentang strategi dan kemandirian dalam berwirausaha. Perkembangan zaman membuat dunia usaha semakin berkembang dan membuat pelaku usaha harus lebih siap dalam persaingan dan kompetisi dan bisnis. Inovasi-inovasi bisnis menjadi faktor yang berpengaruh terdapap kemandirian dan keberlansungan dari suatu usaha, hal ini sangat terlihat dan terbuka dimasa saat ini yaitu masa dimana ekonomi dan dunia usahan turun akibat pandemi, hal ini membuat pelaku usaha harus berpikir kembali dan mengembangkan diri serta tenang menjadi sangat diperlukan dalam menghadapi pandemi COVID-19. Sekarang waktu yang tepat untuk menguji staregi yang sudah di bangun untuk memulai usaha dan akan terlihat kemandirian dari usaha tersebut. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengetahui bagaimana dari sisi bidang kewirausahaan di sektor pendidikan dan yayasan sebagai penopang untuk meneruskan kegiatan yang sebelumnya belum dilakukan atau sudah dilakukan namun belum maksimal ke arah yang lebih baik lagi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di lingkungan yayasan maupun masyarakat sekitar. Hasil yang diperoleh dari pertemuan yang dilakukan dalam pengabdian kepada masyarakat bagaimana bidang kewirausahaan dalam dunia pendidikan dan ilmu dan pengalaman untuk dapat membuat suatu usaha yang maksimal dengan sistem manajemen bisnis yang baim dab tepat dan membentuk calon pelaku usaha yang memiliki mental dan sikap yang baik untuk melakukan atau memulai suatu usaha agar dapat berjalan dengan baik dan mampu menopang perekonomian mikro yang ada di lingkungan sekitar yayasan islam nurul amal.

Kata Kunci: Strategi, Kemandirian, Kewirausahaan, Yayasan Islam Nurul Amal


Many of the people and Islamic foundations of Nurul Amal do not fully understand the strategy and independence in entrepreneurship. The times have made the business world more developed and made business actors have to be better prepared in competition and business. Business innovations are factors that influence the independence and sustainability of a business, this is very visible and open at this time, namely the time when the economy and the business world are down due to the pandemic, this makes business actors have to think again and develop themselves and calm down to be indispensable in the face of the COVID-19 pandemic. Now is the right time to test the strategies that have been built to start a business and you will see independence from the business. The purpose of this community service is to find out how from the aspect of entrepreneurship in the education sector and foundations as a support to continue activities that have not been carried out previously or have been carried out but have not been maximized in a better direction to support economic growth and development within the foundation and community. local communities. The results obtained from meetings held in community service are how the field of entrepreneurship in the world of education and knowledge and experience can make a maximum business with a good and appropriate business management system and form prospective business actors who have the mental and good attitude to do business. or starting a business so that it can run well and be able to support the micro-economy in the environment around the Nurul Amal Islamic Foundation

Keywords: Strategy, Independence, Entrepreneurship, Islamic Foundation Nurul Amal

References

Setiawan Hari P. dan Zulkieflimansyah. (1996). Manajemen Strategi. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia,Jakarta

Ismail Solihin. (2012). Manajemen Strategik. Jakarta: Erlangga

Kaswan dan Ade Sadikin Akhyadi. (2015). Socil entrepreneurship: mengubah masalah sosial menjadi peluang usaha. Bandung: Alfabeta

Napa J. Awat, (1986). Manajemen Strategi. Yogyakarta: Liberty

Suhendri dan Idra Sasangka, (2014). Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-10-11

Issue

Section

Articles