Pelatihan Strategi Marketing Dimasa Pandemi Usaha Kecil Dan Menengah “Usaha Krupuk Super Ikan Laut Mandiri†Cisadap Ciamis, Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i4.13505Abstract
Kami melaksanakan kegiatan Pengabdian dengan 3 tahapan, yaitu penyuluhan perkembangan penjualan e-commerce dan pentingnya pembagian tugas, diskusi mengenai kendala yang dihadapi dan pendampingan pembuatan media penjualan online serta penyusunan struktur organisasi. Setelah mengikuti pelatihan, Usaha kerupuk Super Ikan Laut Mandiri mengalami kemajuan cukup pesat penjualan nya dengan metode online, sistem kerja juga lebih efektif dan efisien dengan pembagian tugas yang baik. Saran kami agar industri ini terus up to dated tentang kemajuan teknologi terutama sistem penjualan saat ini dan terus ber inovasi mengembangkan produknya.
Kata Kunci: Penjualan, Wewenang, Tugas, UKM
We carried out Community Service activities in 3 stages: counseling on the development of e-commerce sales and the importance of division of tasks, discussions about the obstacles faced, and assistance in making online sales media and preparing organizational structures. After attending the training, the business has progressed rapidly in its sales using the online method. The work system is also more effective and efficient with a good division of tasks. Our advice is to keep this industry up to date on technological advances, especially the current sales system, and continue to innovate to develop their products.
Keywords: Sales, Authority, Duties, SMEs
References
Abdullah,Thamrin., & Francis Tantri. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Daryanto. (2011). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Erlangga, H, et al. (2019). Pengaruh Kegiatan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Modise Busana Sejati Di Bandung. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(4).
¬¬¬¬¬¬¬_________________. (2020). Pengembangan Kapasitas Usaha Kecil Kerupuk Kentang Di Kampung Ciawitali Desa Warnasari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 102-109.
Gammahendra, Fianda., & Djamhur Hamid dan Muhammad Faisal Riza. (2014). Pengaruh Struktur Organisasi terhadap Efektivitas Organisasi (Studi Pada Persepsi Pegawai Tetap Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 7 No. 2 Januari 2014.
Gulla, Thrisya Marcelina. (2018). Divisoin of Labor. (on line). Dari: https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/83 (17 Juni 2021)
Hasibuan, Malayu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Ivancevich, John M., Konopaske, Robert., & Matteson, Michael T. (2007). Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta: PENERBIT ERLANGGA
Kotler, Philip., & Gary Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi Keduabelas). Jakarta: Erlangga.
Muhammad Fadli (2020). Analysis Of Division Of Labor Ang Authority Employees In Raising Workachievement At CV .Aneka Jaya. Meraja Journal. Vol 3, No. 3, November 2020.
Nurjaya, N., et al. (2021). The Effect of Product Promotion and Innovation Activities on Marketing Performance in Middle Small Micro Enterprises in Cianjur. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 528-540.
Purwanto, A., et al. (2021). The Role of Brand Image, Food Safety, Awareness, Certification on Halal Food Purchase Intention: An Empirical Study on Indonesian Consumers. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(3), 42-52.
Putra, Fahmi Rachmanda. (2017). Peran E-Commerce dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Mewujudkan Less Cash Society. (on line) Dari: https://iain-surakarta.ac.id/peran-e-commerce-dalam-pengembangan-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-umkm-untuk-mewujudkan-less-cash-society/ (17 Juni 2021)
Reza (2019). Peran E-Commerce bagi UMKM di Indonesia. (on line). Dari: https://www.liputan6.com/news/read/4128517/peran-e-commerce-bagi-umkm-di-indonesia . (17 Juni 2021)
Suwanto, S. (2021). Pengaruh Strategi Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bahan Baku Biji Plastik Pada Pt. Kurnia Makmur Jaya Lestari Di Gading Serpong. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(2).
Swastha, Basu. (2009). Manajemen Penjualan (edisi ketiga). Yogyakarta: BPFE.
Wangsi, M. M., & Rawi, R. D. P. (2018). Perlindungan Konsumen Dalam Pelabelan Produk Menurut Ekonomi Islam. Sentralisasi, 7(1), 1-9.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).