Menjadi Aktif, Kreatif, Dan Mandiri Bersama Anak Rumah Yatim Dhuafa Raydha Aulia

Authors

  • Annisa Zahra Amalina Universitas Pamulang
  • Lukman Fahmi Hidayat Universitas Pamulang
  • Lulu Maesaroh Universitas Pamulang
  • Muhammad Azhari Samudra Universitas Pamulang
  • Sri Rahayu Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i1.17863

Abstract

Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa (PKM) ini adalah untuk mengembangkan potensi dan wawasan selama pandemi Covid-19 bersama anak-anak Panti Asuhan Dhuafa Raydha Aulia, Jl. Kesadaran II, Pd. Petir, Kec. Bojongsari, Depok, Tangerang Selatan. Metode kegiatan ini adalah dengan mengunjungi Panti Asuhan Dhuafa Raydha Aulia dan mengadakan beberapa kegiatan belajar-bermain untuk mengisi waktu luang anak-anak sehingga mereka dapat bersemangat untuk berpartisipasi dalam pembelajaran online selama pandemi Covid-19. Hasil dari kegiatan ini adalah anak-anak yang mengikuti kegiatan ini menjadi lebih aktif dalam belajar, menjadi lebih kreatif dengan ide-ide mereka dengan menghasilkan kreasi atau kerajinan, dan juga lebih mandiri karena mampu melakukan tugas dan berani mengekspresikan pendapatnya. Sehingga ke depan anak-anak diharapkan lebih percaya diri dengan potensinya.

Kata Kunci: Belajar, Keaktifan, Kreativitas, Kemandirian

 

The purpose of this Student Community Service (PKM) is to develop potential and insight during the Covid-19 pandemic with the children of the Dhuafa Raydha Aulia Orphanage, Jl. Kesadaran II, Pd. Petir, Kec. Bojongsari, Depok, Tangerang Selatan. The method of this activity is to visit the Dhuafa Raydha Aulia Orphanage House and hold several learning-play activities to fill the children's free time so they can get excited about participating in online learning during the Covid-19 pandemic. The result of these activities is that children who take part in this activity become more active in learning, become more creative with their ideas by producing creations or crafts, and are also more independent because they are able to do assignments and dare to express their opinions. So that in the future the children are expected to be more confident with their potential.

Keywords: Learning, Activeness, Creativity, Independence

References

Astuti dan Sukardi. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian untuk Berwirausaha Pada Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. UNY Vol. 3 No 3. November 2013.

Darmadi, Hamid. 2013. Dimensi - Dimensi Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Em Zul Fajri dan Ratu Aprillia Senja. 2014. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Difa Publisher.

Herawati, E., Putri Puspitasari, Maya Susanti, & Nanih Rahmahdani. (2021). Pelatihan Kewirausahaan bagi Remaja Karang Taruna di Desa Dayeuh. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 17–21. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.4

Mujiman, Haris. (2011). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS PRESS.

Oktafia Ika Handarini dan Siti Sri Wulandari. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, Nomor 3, 2020.

Sunarsi, D. (2018). Analisis Motivasi Kerja Tenaga Pendidik Sukarela Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bimasda Kota Tangerang Selatan. Kreatif: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 6(2), 53-65.

Suwanto, S., et al. (2020). Menggali Potensi, Memotivasi Dan Mengarahkan Generasi Muda Menyongsong Dunia Kerja Pada PKBM Cipta Tunas Karya Cipondoh Kota Tangerang. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(2), 132-136.

Yuangga, K. D., et al. (2020). Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51-58.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles