Pelatihan Manajemen Koperasi Pegawai Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Jakarta

Authors

  • Achmad Sofyan Rasyid Universitas Pamulang
  • Bintoro Yudho Joko Handoyo Universitas Pamulang
  • Denny Kurniawan Universitas Pamulang
  • Dyah Sumbiharsih Universitas Pamulang
  • Dwi Marsudi Universitas Pamulang
  • Sarwani Sarwani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i1.17865

Abstract

Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dioperasikan dan dimiliki oleh orang perorang yang bergabung secara suka rela untuk memperjuangkan kepentingan bersama. Kegiatan koperasi dilakukan secara bertahap mulai dari sejak didirikan dalam skala kecil kemudian terus berkembang dalam skala yang besar, maka skala usaha dan cakupan kegiatan usaha juga menjadi lebih besar. Koperasi Konsumen Lapas Anak Jakarta adalah koperasi pegawai yang berada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Jakarta yang dibentuk pada tanggal 9 Maret 2018 melalui rapat yang dihadiri oleh Pegawai LPKA Kelas II Jakarta. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan langkah-langkah pendekatan dengan instasi LPKA Kelas II Jakarta, dengan cara workshop dan sosialisai acara serta pelatihan berupa penjelasan mengenai manajemen koperasi untuk membuat kemandirian koperasi pegawai yang berbasis anggota serta memiliki nilai dan prinsip-prinsip partisipasi, kebersamaan dan kemandirian. Kesimpulan dari hasil workshop dan sosialisasi program pengabdian kepada masyarakat ini adalah: 1. Pelatihan Manajemen Koperasi memberikan pelatihan dan penyuluhan kepada anggota koperasi untuk dapat menjadi koperasi yang mandiri karena koperasi merupakan organisasi yang berbasis anggota serta memiliki nilai dan prinsip-prinsip partisipasi, kebersamaan dan kemandirian. 2. Hasil observasi setelah kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat menunjukan, Anggota Koperasi LPKA Kelas II Jakarta lebih aktif dalam partisipasi kegiatan koperasi koperasi konsumen lapas anak Jakarta. 3. Hasil Analisa SWOT yang dilakukan harus dilakukan pengembangan dan perbaikan dalam operasional dan manajemen Koperasi LPKA Kelas II Jakarta dengan memperhatikan setiap Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman yang dimiliki dan dihadapi Koperasi LPKA Kelas II Jakarta di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Kata Kunci: Pelatihan, Manajemen,Koperasi


Cooperative is an economic organization that is operated and owned by individuals who join voluntarily to fight for common interests. Cooperative activities are carried out in stages starting from being established on a small scale then continuing to develop on a large scale, so the business scale and scope of business activities also becomes larger. The Jakarta Children's Prison Consumer Cooperative is an employee cooperative located at the Jakarta Class II Child Special Guidance Institute which was formed on March 9, 2018 through a meeting attended by Class II Jakarta LPKA Employees. The method used in this community service activity uses approach steps with LPKA Class II Jakarta institutions, by means of workshops and socialization of events as well as training in the form of explanations about cooperative management to make employee cooperatives independent based on members and have values and principles of participation, togetherness and independence. The conclusions from the results of the workshop and socialization of this community service program are: 1. Cooperative Management Training provides training and counseling for cooperative members to become independent cooperatives because cooperatives are member-based organizations and have the values and principles of participation, togetherness and independence. 2. The results of observations after the Community Service activities show that members of the Jakarta LPKA Class II Cooperative are more active in participating in the cooperative activities of the Jakarta juvenile prison consumer cooperative.

Keywords: Training, Management, Cooperative

Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dioperasikan dan dimiliki oleh orang perorang yang bergabung secara suka rela untuk memperjuangkan kepentingan bersama. Kegiatan koperasi dilakukan secara bertahap mulai dari sejak didirikan dalam skala kecil kemudian terus berkembang dalam skala yang besar, maka skala usaha dan cakupan kegiatan usaha juga menjadi lebih besar. Koperasi Konsumen Lapas Anak Jakarta adalah koperasi pegawai yang berada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Jakarta yang dibentuk pada tanggal 9 Maret 2018 melalui rapat yang dihadiri oleh Pegawai LPKA Kelas II Jakarta. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan langkah-langkah pendekatan dengan instasi LPKA Kelas II Jakarta, dengan cara workshop dan sosialisai acara serta pelatihan berupa penjelasan mengenai manajemen koperasi untuk membuat kemandirian koperasi pegawai yang berbasis anggota serta memiliki nilai dan prinsip-prinsip partisipasi, kebersamaan dan kemandirian. Kesimpulan dari hasil workshop dan sosialisasi program pengabdian kepada masyarakat ini adalah: 1. Pelatihan Manajemen Koperasi memberikan pelatihan dan penyuluhan kepada anggota koperasi untuk dapat menjadi koperasi yang mandiri karena koperasi merupakan organisasi yang berbasis anggota serta memiliki nilai dan prinsip-prinsip partisipasi, kebersamaan dan kemandirian. 2. Hasil observasi setelah kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat menunjukan, Anggota Koperasi LPKA Kelas II Jakarta lebih aktif dalam partisipasi kegiatan koperasi koperasi konsumen lapas anak Jakarta. 3. Hasil Analisa SWOT yang dilakukan harus dilakukan pengembangan dan perbaikan dalam operasional dan manajemen Koperasi LPKA Kelas II Jakarta dengan memperhatikan setiap Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman yang dimiliki dan dihadapi Koperasi LPKA Kelas II Jakarta di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Kata Kunci: Pelatihan, Manajemen,Koperasi

 

Abstack

Cooperative is an economic organization that is operated and owned by individuals who join voluntarily to fight for common interests. Cooperative activities are carried out in stages starting from being established on a small scale then continuing to develop on a large scale, so the business scale and scope of business activities also becomes larger. The Jakarta Children's Prison Consumer Cooperative is an employee cooperative located at the Jakarta Class II Child Special Guidance Institute which was formed on March 9, 2018 through a meeting attended by Class II Jakarta LPKA Employees. The method used in this community service activity uses approach steps with LPKA Class II Jakarta institutions, by means of workshops and socialization of events as well as training in the form of explanations about cooperative management to make employee cooperatives independent based on members and have values and principles of participation, togetherness and independence. The conclusions from the results of the workshop and socialization of this community service program are: 1. Cooperative Management Training provides training and counseling for cooperative members to become independent cooperatives because cooperatives are member-based organizations and have the values and principles of participation, togetherness and independence. 2. The results of observations after the Community Service activities show that members of the Jakarta LPKA Class II Cooperative are more active in participating in the cooperative activities of the Jakarta juvenile prison consumer cooperative.

Keywords: Training, Management, Cooperative

References

Bambang Agus Sumantri. Erwin Putera Permana. 2017. Manajemen Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menegah (Umkm) Perkembangan Teori, Praktik, dan Strategi Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara Pgri Kediri.

BPUPKI. 1945. Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

Haryadi, R. N., Anda Rojali, Khumidin, & M. Fauzan. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.3

International Co-operative Alliance | ICA 1994. https://www.ica.coop/en. di Akses November 2020.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. (RESTRA) Rencana Strategis Kementerian Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Tahun 2020 – 2024.

Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. http://www.depkop.go.id/data-koperasi. Diakses November 2020.

Mochtar Naim. 1994. Hatta Dan Pembangunan Ekonomi Koperasi di Indonesia dalam Pemikiran Pembangunan Bung Hatta. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.

Mochtar Naim. 1994. Hatta Dan Pembangunan Ekonomi Koperasi di Indonesia dalam Pemikiran Pembangunan Bung Hatta. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.

Moh Nazir, 2011. Metode Penelitian. Cetakan 6. Bogor: Penerbit Ghalia.

Niswonger dkk. 2001. Dasar-dasar Akuntansi. Jakarta: Rineka Cipta.

Pasal 85 Undang-undang No. 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan anak.

Pemerintah Nomor 9 Tahun 1995 tentang Koperasi Simpan Pinjam

Rangkuti, F. (1998). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis, Jakarta: PT Gramedia.

Rangkuti, Freddy. 2017. Analisis swot teknik membedah kasus bisnis: reorientasi konsep perencanaan strategis untuk menghadapi abad 21. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2005- 2025.

Setiawan, A.H. 2005. Sistem Pembukuan Dalam Administrasi Koperasi. Jurnal Dinamika Pembangunan vol.2 No.1 Juli 2005:57-65.

Simamora, Henry. 2000. Manajemen Pemasaran Internasional (jilid 1). Jakarta : Salemba Empat.

Siregar, A. P., & Jamhari. (2013). Analisis Kinerja Koperasi Unit Desa di Daerah Istimewa Yogyakarta. Agro Ekonomi, 24(2), 113–124.

Sondang P. Siagian. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta. perencanaan strategis untuk menghadapi abad 21. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Terry, George R. 2009. Prinsip-Prinsip Manajemen, terj. J. Smith. D.F.M. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusup, Febrianawati. 2018. Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 7 No. 1. Januari-Juni 2018 (17-23). Universitas Islam Negeri Antasari: Banjarmasin.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles