Penerapan Intuitive Based Marketing Pada Sumber Daya Petani Tanaman Hias Dalam Meningkatkan Keuntungan Dan Kesejahteraan Petani Tanaman Hias Di Desa Bojongsari Baru Kota Depok

Authors

  • Yayan Sudaryana Universitas Pamulang
  • Tika Dian Pangastuti Universitas Pamulang
  • Timra Madana Pitri Universitas Pamulang
  • Tumpak O. P Sianturi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i1.17874

Abstract

Pengabdian ini berjudul Penerapan Intuitive Based Marketing pada sumber daya petani tanaman hias dalam meningkatkan keuntungan dan kesejahteraan petani tanaman hias di Desa Bojong Sari Baru Kota Depok. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pemahaman secara praktis terhadap mahasiswa mengenai pentingnya mengembangkan kemampuan bisnis dengan menerapkan kecerdasan emosional dan kreativitas melalui usaha bertani tanaman hias yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.  Metode yang digunakan adalah metode partisipasi interaktif dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai manajemen, pengelolaan, pemasaran produk dan penerapan MSDM dalam pengembangan intuisi berbasis marketing yang berdampak pada kesejahraan masyarakat. Kesimpulan dari pengabdian  kepada masyakat ini adalah bahwa dilakukan pemetaan serta menentukan keterampilan pengembangan SDM yang mendukung penerapan intuisi pemasaran yang dilakukan berdasarakan penelitian dan pengamatan objek  dalam upaya meningkatkan keuntungan dan kesejahteraan petani tanaman hias di desa Bojong Sari Baru Kota Depok.

Kata Kunci: Manajemen, Sumber Daya Manusia, Intuitive Based Marketing, Keuntungan, Kesejahteraan

 

This service is entitled Application of Intuitive Based Marketing on ornamental plant farmer resources in increasing the profits and welfare of ornamental plant farmers in Bojong Sari Baru Village, Depok City. The general purpose of this community service activity is to provide practical understanding to students about the importance of developing business skills by applying emotional intelligence and creativity through ornamental plant farming which has a fairly high economic value. The method used is the method of interactive participation and direct delivery of material as well as simulations and discussions on management, management, product marketing and the application of HRM in the development of marketing-based intuition that has an impact on the welfare of the community. The conclusion of this community service is that mapping and determining HR development skills that support the application of marketing intuition are carried out based on research and object observations in an effort to increase the profits and welfare of ornamental plant farmers in the village of Bojong Sari Baru, Depok City.

Keywords: Management, Human Resources, Intuitive Based Marketing, Profit, Well-Being

References

Asc. Prof. Dr. Watson, M.Hum, Filsafat ilmu dan logika. Oktober: 2019 hlm 53-54

Badan Pusat Statistik. (2019). Statistik Tanaman Hias Indonesia 2018. Badan Pusat Statistik, Jakarta. 101 hal.

Balai Penelitian Tanaman Hias. (2012). “Mengenal Tanaman Hias dan Budidayanyaâ€, http://balithi.litbang.pertanian.go.id/berita-251-mengenal-tanaman-hias-dan-budidayanya.html, diakses pada 28 November 2020 pukul 16.00

Hermawan Kartajaya.Marketing Klasik Indonesia.Mizan & Mark Plus Company. 2006

Horti Indonesia. (2020). “Kantongi US$ 22 Ribu, Kementan Yakini Ekspor Benih Tanaman Hias Tetap Langgengâ€, https://hortiindonesia.com/berita/, diakses pada 28 November 2020 pukul 14.00.

Irawan, Li. (2019). “Menerapkan Pembukuan Hasil Usaha Tanaman Hiasâ€, https://sumberbelajar.seamolec.org/, diakses pada 22 November 2020 pukul 21.43.

Lakamisi, Haryati. 2010. Prospek Agribisnis Tanaman Hias dalam Pot (Potplant) . Jurnal Ilmiah agribisnis dan Perikanan (agrikan UMMU-Ternate) Volume 3 Edisi 2 Restuati, Martina dkk. 2017.

Lukito AM. 1998. Rekayasa Pembungaan Krisan dan Bunga Lain. Trubus, no 48

Mita Noveria, Fenomena Urbanisasi Dan Kebijakan Penyediaan Perumahan Dan Permukiman Di Perkotaan Indonesia, Edisi XXXVI/No.2/2010,

Patrick C. Wauran, Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Daerah (PEKD), Volume 7 No.3 Edisi Oktober 2012

Restuati, Martina dkk. 2017. Pengembangan Budidaya Hortikultura Tanaman Hias di Desa Suka Meriah Siosar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 23 (3), p-ISSN: 0852-2715 | eISSN: 2502-7220

Sanjaya L. 1996. Krisan Bunga Potong dan tanaman Pot yang Menawan. Jurnal Litbang Pertanian.

Setiawati, N. P. A., et al. (2021). Effect of Technology Acceptance Factors, Website Service Quality and Specific Holdup Cost on Customer Loyalty: A Study in Marketing Departement of Packaging Industry. Annals of the Romanian Society for Cell Biology, 12685-12697.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles