Implementasi Strategi Pemasaran Secara Digitalisasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berwirausaha Sejak Usia Dini Melalui Edukasi Serta Penyuluhan Dalam Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Trea Agryani Universitas Pamulang
  • Mohamad Haekhal Mahessa Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i1.17877

Abstract

Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah untuk mengetahui seberapa besar Implementasi Strategi Pemasaran Secara Digitalisasi Teknologi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berwirausaha Sejak Usia Dini Melalui Edukasi Serta Penyuluhan Dalam Masa Pandemi Covid-19 Berlokasi Di Panti Asuhan Al Kamilah. Penelitian yang dilakukan dalam penulisan ini bersifat deskriptif kualitatif, Adapun Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran sekuensial / bertahap terutama metode eksploratori sekuensial. Dalam tahap pertama mengumpulkan dan menganalisis data kualitatif dalam menjawab rumusan masalah. Untuk melengkapi data kualitatif pada tahap kedua digunakan data kuantitatif.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Strategi Pemasaran Secara Digitalisasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berwirausaha Sejak Usia Dini Melalui Edukasi Serta Penyuluhan Dalam Masa Pandemi Covid-19 di Di Panti Asuhan Al Kamilah yang diukur dengan menggunakan 7 (tujuh) dimensi pengukuran yaitu mencipta pengetahuan, menyimpan pengetahuan, berbagi pengetahuan, memperbaharui pengetahuan, mengembangkan strategy pemasaran, digitalisasi pemasaran, dan Teknologi diklasifikasikan baik. Implementasi strategy pemasaran secara digital juga diklasifikasikan baik. Perpaduan antara pengetahuan untuk pemberian edukasi dan penyuluhan yang dimiliki, kapabilitas, dan kemampuan dalam berwirausaha digabungkan dengan strategi pemasaran yang dimiliki menghasilkan performa berwirausaha sejak dini anak – anak Panti Asuhan AL - Kamilah lebih baik dibandingkan sebelumnya bahkan mampu menciptakan keunggulan bersaing berkelanjutan. Sebuah peningkatan kemampuan berwirausaha secara digital melalui edukasi dan penyuluhan dalam masa pandemic covid-19 di Panti Asuhan AL - Kamilah sebagai hasil penelitian ini.

Kata Kunci: Strategy Pemasaran, Digitalisasi, Kemampuan Berwirausaha, Edukasi, Penyuluhan

 

The purpose of Community Service (PKM) is to find out how big the implementation of a digitalized technology marketing strategy is to increase entrepreneurial skills from an early age through education and counseling during the Covid-19 pandemic at the Al Kamilah orphanage. The research conducted in this writing is descriptive qualitative. The method used in this research is a mixed method sequential / gradual, especially sequential exploratory method. In the first stage, collect and analyze qualitative data in answering the problem formulation. Quantitative data were used to complement the qualitative data in the second stage. The results of this study indicate that the implementation of digitalized marketing strategies to improve entrepreneurial skills from an early age through education and counseling during the Covid-19 pandemic at the Al Kamilah Orphanage which is measured using 7 (seven) dimensions of measurement, namely creating knowledge, storing knowledge. , sharing knowledge, updating knowledge, developing a marketing strategy, digitizing marketing, and technology is classified as good. The implementation of a digital marketing strategy is also classified as good. The combination of knowledge to provide education and counseling, capabilities and abilities in entrepreneurship combined with their marketing strategies have resulted in early entrepreneurial performance for the AL - We are better than before and even able to create a sustainable competitive advantage. An increase in digital entrepreneurial skills through education and counseling during the Covid-19 pandemic at the AL - We are the result of this research.

Keywords: Marketing Strategy, Digitalization, Entrepreneurial Ability, Education, Counseling

References

Al Farisi, M. S., Ajriyansyah, A., & Purwanto, A. (2021). Pelatihan Pemasaran Syariah Berbasis Digital bagi Pelaku UMKM di Kelurahan MekarsariCileungsi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-5.

Alika, R., & Fajrian, H. (2020, Mei 2020). Pengusaha Khawatir Pekerja Usia di Bawah 45 Tahun Pembawa Virus Corona. Diperoleh dari katadata.co.id : https://katadata.co.id/berita/2020/05/13/pengusaha-khawatir-pekerja-usia-dibawah-45-tahun-pembawa-virus-corona (Diakses pada tanggal 16 Mei 2020 pukul 13:06)

Amir, Taufiq. Dinamika Pemasaran : Jelajahi dan Rasakan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada. 2005.

Asia News Monitor. (2020, April 13). Indonesia : Indonesia Goes Soft on COVID Lockdown to Relieve Stressed Economy.

Haryadi, R. N., Anda Rojali, Khumidin, & M. Fauzan. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.3

Daryanto. ManajemenPemasaran. Bandung. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. 2011.

Hesti, Budiwati. “Implementasi Marketing Mix dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Unggulan Kripik Pisang Agung di Kabupaten Lumajangâ€, Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi WIGA, Vol. 2, No. 2 (2012).

Husein, Umar. Metode Riset Bisnis. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama. 2015.

Isnaini, Arif. Seni Memasarkan. Surabaya. Insan Cendikia. 2012.

Kadar, M. Yusuf. Tafsir Ayat Ahkam. Jakarta. Sinar Grafika Offset. 201

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid I. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama. 2010.

Kotler, Philip dan Keller. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Bandung : Erlangga. 2013.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia Jilid satu. Jakarta. Prentice Hall. 1997.

Lupiyoadi, Rambat. ManajemenPemasaran Jasa. Jakarta. PT. Salemba Emban Patria. 2011.

Lexy. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2000)

Mustajab, D., Azies, B., Rasyid, A., Irawan, A., Akbar, M. A., & Hamid, M. A. (2020). Fenomena Bekerja dari Rumah sebagai Upaya Mencegah Serangan COVID-19 dan Dampaknya terhadap Produktifitas Kerja. The International Journal of Applied Business TIJAB, 4(1), 13–21. https://ejournal.unair.ac.id/TIJAB/article/viewFile/1857 4/10248

Ravel, S., & Kurniawan, A. (2020, Mei 15). Kemenhub Investigasi Pemalsuan Stiker Bus dan Surat Bebas Covid-19. Retrieved from Kompas.com:https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/15/070200315/kemenhub-investigasi-pem alsuan-stiker-bus-dan-surat-bebas-covid-19 (Diakses pada tanggal 16 Mei 2020 pukul 11.00)

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2002, Cet.XII), hlm. 134.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan ; Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2016),

Sunarsi, D. (2020). Manajemen Pemasaran Di Era Globalisasi.

Husaini Usman dan Purnomo Setiadi Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010), hlm. 85.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles