Edukasi Penggunaan Dan Manfaat Whatsapp Business Terhadap Meningkatkan Penjualan Umkm Rumah Kesadaran Dan IPEMI

Authors

  • Nia Latifah Universitas Pamulang
  • Ika Kusumawati Universitas Pamulang
  • Tri Widagdo Universitas Pamulang
  • Rachmat Yumadhi Universitas Pamulang
  • Hendra Efendi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i1.17878

Abstract

UMKM adalah unit usaha milik pribadi yang saat ini sudah dikenal akrab oleh masyakarat. Dimasa pandemi saat ini, UMKM menjadi salah satu yang terdampak karena berkurangnya pembeli dari biasanya. Seperti yang disampaikan oleh staf ahli kementrian keuangan yang disampaikan pada 16 Oktober 2020 melalui bisnis.tempo.co, menyatakan bahwa UMKM adalah usaha yang paling terdampak sehingga berdasarkan survei ADB sebanyak 48,6 persen UMKM tutup sementara. Kondisi pandemi saat ini menjadi hal yang sangat berpengaruh dibidang apapun, termasuk UMKM. Disisi lain, teknologi yang saat ini sudah semakin maju menjadi peluang untuk membawa UMKM kembali berdiri. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi Whatsapp Business. Aplikasi ini adalah varian dari Whatsapp yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan atau berbisnis. Tampilannya di desain khusus agar pengguna Whatsapp dapat dengan mudah mempromosikan barang dagangannya, dan mempermudah menemukan sasaran konsumen yang tepat. Sehingga dapat meningkatkan angka penjualan. Dengan demikian, Pengabdian Kepada Masyarakat ini diberi judul Edukasi Penggunaan dan Manfaat Whatsapp Business terhadap Peningkatan Penjualan UMKM Rumah Kesadaran dan IPEMI. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis tentang pembuatan akun whatsapp business dan cara memanfaatkannya untuk pelaku UMKM. Dengan menggunakan metode seminar, praktek, dan diskusi, diharapkan pelaku UMKM dapat menyerap pengetahuan tentang aplikasi ini, sehingga dapat dengan mudah menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari.

Kata Kunci: UMKM, Whatsapp Business, Pengabdian Kepada Masyarakat, COVID-19

 

MSMEs are privately owned business units that are currently well known to the public. During the current pandemic situation, MSMEs are affected due to fewer buyers than usual. As conveyed by the Ministry of Finance's expert staff who was conveyed on October 16, 2020, via Bisnis.tempo.co, stating that MSMEs were the most affected businesses, and based on an ADB survey, 48.6 percent of MSMEs were temporarily closed. The current pandemic condition has become very influential in any field, including MSMEs. On the other hand, technology that is now increasingly advanced is an opportunity to revive MSMEs. One of them is by using the Whatsapp Business application. This application is a variant of Whatsapp that can be used to sell or do business. The display is specially designed so that Whatsapp users can easily promote their wares and make it easier to find the best target consumers. Therefore, it can increase sales figures. Thus, this Community Service has titled Education on the Use and Benefits of Whatsapp Business to Increase Sales of MSMEs Rumah Kesadaran and IPEMI. The general purpose of this service activity is to provide training and practical knowledge about creating WhatsApp business accounts and how to use them for MSME players. By using seminar, practice, and discussion methods, it is expected that MSME players can absorb knowledge about this application so that it can be easily used in daily activities.

Keywords: MSMEs, Whatsapp Business, Community Service, COVID-19

References

Advertorial. 2021. “Nasib UMKM Terpinggirkan Di Tengah Pandemiâ€. Dalam https://tirto.id/nasib-umkm- terpinggirkan-di-tengah-pandemi- ga1D. Diakses pada 29 Oktober 2021.

Antara. 2020. †Kemenkeu Ungkap Nasib UMKM di Asia Tenggara Akibat Pandemiâ€. Dalam

Haryadi, R. N., et al (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.3

Lidwina, Andrea. 2021. â€Berapa Jumlah Pengguna Aktif WhatsApp dan Platform Pesaingnya?â€. Dalam https://databoks.katadata.co.id/datapu blish/2021/01/21/berapa-jumlah- pengguna-aktif-whatsapp-dan- platform-pesaingnya. Diakses pada 29 Oktober 2021.

Nn. 2020. â€Ini Sederet Upaya Pemerintah Memajukan UMKMâ€. Dalam https://www.kemenkeu.go.id/publikas i/berita/ini-sederet-upaya-pemerintah- memajukan-umkm/. Diakses pada 29 Oktober 2021.

Nn. 2020. â€Luasnya Pasar Pengguna Whatsapp Jadi Potensi Besar Bagi Pebisnisâ€. Dalam

Nn. 2021. â€Apa Itu UMKM: Pengertian, Kriteria, dan Contohnyaâ€. Dalam https://money.kompas.com/read/2021/ 03/26/153202726/apa-itu-umkm- pengertian-kriteria-dan- contohnya?page=all. Diakses pada 29 Oktober 2021.

Sunarsi, D. (2020). Implikasi Digitalisasi Umkm. Digitalisasi UMKM, 57.

https://bisnis.tempo.co/read/1405851/ kemenkeu-ungkap-nasib-umkm-di- asia-tenggara-akibat- pandemi/full&view=ok. Diakses pada 29 Oktober 2021.

https://www.sirclo.com/luasnya-pasar- pengguna-whatsapp-jadi-potensi- besar-bagi-pebisnis/. Diakses pada 29 Oktober 2021.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles