Pelatihan Kompetensi Untuk Meningkatkan Penjualan Di Era Pandemi Pada Pelaku UMKM Kelurahan Buaran Tangerang Selatan

Authors

  • Ichwan Putra Arianto Universitas Pamulang
  • Aceng Hidayat Universitas Pamulang
  • Eko Budi Prasetyo Universitas Pamulang
  • Refika Larasati Universitas Pamulang
  • Tuti Murni Wati Telaumbanua Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i1.17879

Abstract

Kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) dilaksanakan di Rumah Kesadaran yang berlokasi di kelurahan Buaran Kota Tangerang Selatan yang bertujuan untuk pengembangan kompetensi di era digitalisasi , dengan berinovasi melalui pemanfaatan teknologi informasi, melalui digital marketing pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dapat dengan mudah untuk mengembangkan peluang bisnis, serta untuk meningkatkan penjualan. Kegiatan PKM ini dilakukan dalam bentuk penyuluhan yang disampaikan oleh para narasumber berupa pemaparan materi, demonstrasi dan tanya jawab. Sasaran kegiatan PKM ini adalah para pelaku UMKM yang tergabung dalam organisasi IPEMI (Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia). Kegiatan PKM dihadiri sebanyak 20 peserta yang mengikuti kegiatan penyuluhan dan pelatihan, materi yang disampaikan terkait pemanfaatan digital marketing, hal tersebut berguna bagi pelaku usaha agar tetap bertahan di masa pandemi Covid-19. Adapun faktor pendukung kegiatan PKM ini dapat berjalan dengan baik berkat adanya dukungan dari pihak Rumah Kesadaran, IPEMI, PKK Tangerang Selatan serta pihak dari Universitas Pamulang untuk mengikuti kegiatan tersebut. Sedangkan faktor penghambat yang mempengaruhi iklim usaha adalah kondisi pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia serta minimnya pengetahuan tentang teknologi informasi.

Kata Kunci: Teknologi Informasi, Kompetensi, UMKM

 

The PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) activity is carried out at the Awareness House located in the Buaran sub-district, South Tangerang City which objectives to develop competence in the digitalization era, by using innovating thru the use of information technology, through digital marketing members UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) can easily to increase business opportunities, as properly as to expand sales. This PKM recreation used to be carried out in the form of presented by the expert t of presentations, demonstrations and questions and answers. The target of this PKM exercise is UMKM are members of the IPEMI organisation (Indonesian Muslimah Entrepreneurs Association). The PKM activity was attended through 20 members who took part in counseling and training activities, the material presented associated to the use of digital marketing, this was once beneficial for enterprise to survive during the Covid-19 pandemic. The benefit factors for this PKM activity have been capable to good condition and supporting from the Awareness House, IPEMI, South Tangerang PKK and events from Pamulang University to take part in these activities. Meanwhile, the inhibiting elements that affect the business rules are the Covid-19 pandemic that has attacked Indonesia and limited of knowledge about information technology.

Keywords: Information Technology, Competence, UMKM

References

Amalia, D. (2020, Januari 9). CRM dalam Bisnis : Pengertian, Tujuan dan Manfaat Assauri, Sofjan; 2016; Manajemen Operasi Produksi; Jakarta; PT Raja Grafindo

Aulia, M. R. 2018. Pengaruh kompetensi kewirausahaan terhadap kinerja usaha kedai kopi skala mikro dan kecil di kota Bogor. Institut Pertanian Bogor

Bank Indonesia. 2015. Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). Jakarta: Bank Indonesia

Busthomi. (2020, May 5). Strategi UMKM Bertahan di Tengah Pandemi.

Dan Usaha Besar (UB). Jakarta: Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Fadhil, R., Maarif, M. S., Bantacut, T., dan Hermawan, A. 2017. Model Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Agroindustri Kopi Gayo dalam.

Furqon, M. 2019. Analisis Strategis Pengembangan Berbasis Ekonomi Lokal pada UMKM Kopi Muria di Kabupaten Kudus. Universitas Diponegoro

Haryadi, R. N., Anda Rojali, Khumidin, & M. Fauzan. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.3

ICO. 2017. Konsumsi Kopi Indonesia Tahun 2000-2016. KEMENKOP. 2018. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM)

Kemenperin. 2014. Kebijakan Pemerintah Dalam Mendorong Industrialisasi Kopi, Kakao, Dan Teh Di Indonesia. Jakarta: Kementerian Perindustrian.

Kemenperin. 2017. Peluang Usaha IKM Kopi. Jakarta: Ditjen Industri Kecil dan Menengah, Kementerian Perindustrian RI.

Laoh, J., Sendow, G. M., dan Uhing, Y. 2019. Pengaruh Karakteristik Individu dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Pada Usaha Rumah Kopi di Manado. Jurnal EMBA 7(4):4620–4629

Marlinah, L. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional. Jurnal Ekonomi, 123.

Persada

Rasyidatushshalihah, S. 2018. Perancangan Strategi dan Pengukuran Kinerja UMKM dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus Rozen Specialty Corner Bogor). Institut Pertanian Bogor.

Retrieved from jurnal entepreuner: https://www.jurnal.id/id/blog/pengertiantujuan-manfaat-crm-dalam-bisnis/

Retrieved from topbusiness.id: https://www.topbusiness.id/35074/ini-strategi-umkm-bertahan-ditengah-pandemi.html

Sahabuddin, R., Arief, A. A., dan Djufri, M. 2019. Analisis Kompetensi Kewirausahaan Pengusaha Warung Kopi Terhadap Kapabilitas Kinerja Usaha di Sulawesi Selatan. Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM - 2019

Sunardi Nardi 2018. Manajemen Produksi dan Operasi. Unpam Press; Edisi1;Banten

Sunarsi, D. (2020). Implikasi Digitalisasi Umkm. Digitalisasi UMKM, 57.

Supriatna, S. dan Aminah, M. 2016. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kopi Luwak (Studi Kasus UMKM Careuh Coffee Rancabali-Ciwiey, Bandung). Jurnal Manajemen dan Organisasi 5(3):227.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles