Mengembangkan Kreatifitas Remaja Dan Memanfaatkan Sosial Media Untuk Promosi Usaha Di Masa Pandemi Di RT. 001/ RW. 008, Cirendeu

Authors

  • Jasmani Jasmani Universitas Pamulang
  • Udin Ahidin Universitas Pamulang
  • Pranoto Pranoto Universitas Pamulang
  • Baliyah Munadjat Universitas Pamulang
  • Devi Fitria Wilandari Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i1.17882

Abstract

Dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya terdapat generasi muda yang menyandang permasalahan social seperti kenakalan remaja, penyalahgunaan obat dan narkoba, anak jalanan dan sebagainya baik yang disebabkan oleh faktor dari dalam dirinya (internal) maupun dari luar dirinya (eksternal). Jika hal ini tidak segera ditanggulangi akan dapat mengancam keberadaan dan kelangsungan hidup bangsa dan negara. Penurunan peranan dan kualitas diri terjadi di kalangan muda, kreativitas, kemauan, dan kemampuan mengembangkan pemikiran untuk membangun bangsa yang ditujukan untuk kaderisasi yang baik dan berkompeten akan mengalami hambatan. Oleh karena itu perlu adanya upaya, program

Dalam   proses   pertumbuhan   dan    perkembangannya, terdapat   generasi muda     yang menyandang     permasalahan     sosial seperti     kenakalan remaja, penyalahgunaan  obatdan  narkota,  anak  jalanan  dan  sebagainya    baik  yang disebabkan   oleh  faktor  daridalam dirinya (internal)   maupun  dari luar dirinya (eksternal).  Jika  hal  itu  tidak segera  ditanggulangi  akan  dapat  mengancam keberadaandan  kelangsungan hidup bangsa dan negara. Penurunan peranan dankualitas diri terjadi di kalangan generasi muda,     kreativitas,      kemauan,     dan kemampuan    mengembangkan    pemikiran    untuk  membangun    bangsa    yang ditujukan   untuk   kaderisasi   yang   baik   dan   berkompeten  akan   mengalami hambatan.  Oleh  karena   itu  perlu  adanya  upaya,  program  dankegiatan  yang secara   terus    menerus   melibatkan    peran   serta   semua   pihak   baikkeluarga, lembaga pendidikan, organisasi pemuda, masyarakat dan terutama generasi muda itu sendiri. Di lokasi pengabdian, banyak  remaja   dari  kalangan  usia sekolah   maupun  yang  telah  lulus saat pandemic tidak memiliki kegiatan yang dapat mengasah kemampuan, keterampilan   dan  kreatifitas mereka.  Padahal kreatifitas sangat dibutuhkan, terutama untuk dapat survive  di masa pandemi ini. Kreatifitas dalam menciptakan usaha atau kreatifitas lain untuk menghilangkan stress di kala pandemi. Selain itu, penggunaan sosial media di kalangan remaja juga sangat tinggi.

Kata Kunci: Jiwa Kreatif, Sosial Media, Promosi

 

In the process of growth and development, there is a young generation who suffers from social problems such as juvenile delinquency, drug and narcotics abuse, street children and so on, both caused by internal (internal) and external (external) factors. If this is not addressed immediately, it will threaten the existence and survival of the nation and state. The decline in the role and quality of self occurs among the younger generation, creativity, willingness, and ability to develop thoughts to build a nation aimed at good and competent regeneration will experience obstacles. Therefore, it is necessary to have efforts, programs and activities that continuously involve the participation of all parties, including families, educational institutions, youth organizations, the community and especially the younger generation themselves. At the service location, many teenagers from school age or who have graduated during the pandemic do not have activities that can hone their abilities, skills and creativity. Though creativity is needed, especially to be able to survive in this pandemic. Creativity in creating a business or other creativity to relieve stress during a pandemic. In addition, the use of social media among teenagers is also very high.

Keywords: Creative Spirit, Social Media, Promotion

References

Effendy, A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 702-714. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss3.pp702-714

Haikal, H., et al. (2021). Penyuluhan Pemanfaatan Media Sosial Bagi Perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pada Masyarakat Desa. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(3).

Haryadi, R. N., et al. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.3

Herawati, E., et al. (2021). Pelatihan Kewirausahaan bagi Remaja Karang Taruna di Desa Dayeuh. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 17–21. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.4

Prasetyo, B. D., et al. (2021). Pelatihan Strategi Bersaing Sumber Daya Manusia Di Era 5.0 Pada Masyarakat Desa. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(4).

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles