Pemanfaatan Media Marketplace Dalam Memasarkan Produk UMKM Cibodas Jasa Kota Tangerang

Authors

  • Juhaeri Juhaeri Universitas Pamulang
  • Danu Gunawan Universitas Pamulang
  • Endang Mulus Rahayu Universitas Pamulang
  • Eni Octaviani Universitas Pamulang
  • Siti Rachma Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i2.19618

Abstract

UMKM memiliki peranan sangat penting dalam perekonomian negara karenasektor UMKM adalah penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar juga paling   banyak menyerap lapangan kerja. Pesatny apertumbuhan UMKM di wilayah Kota Tangerang khusunya Kecamatan Cibodas Jasa tentu menjadi peluang bagi para pelaku usaha untuk dapat meningkatkan lagi jangkauan pasar yaitu dengan melibatkan pelaku usaha dalam penjualandi marketplace. Pengabdian kepada masyarakat ini memiliki tujuan umum untuk mengenalkan penggunaan marketplace dan pengaplikasiannya. Selain itu juga memberikan pelatihan, pengetahuan dan penerapan secara praktis terkait ilmu manajemen termasuk strategi pemasaran dalam penggunaan media marketplace yang efektif untuk mengembangkan produk dan meningkatkan omset UMKM. Hasil Pengabdian Masyarakat ini dapat meningkatkan keterampilan pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam media sosial. Selain itu dapat menjalankan sebuah strategi promosi atau pun membuat sebuah konten dalam media social sebagai alat yang bias membantu memperluas dalam memasarkan produknya.

Kata Kunci: UMKM, Pengabdian Kepada Masyarakat, Marketplace, Pemasaran

 

MSMEs have a very important role in the country's economy because the MSME sector is the largest contributor to Gross Domestic Product (GDP) and absorbs the most employment. The rapid growth of MSMEs in the Tangerang City area, especially atCibodas Jasa Sub-district, is certainly an opportunity for entrepreneur to be able to increase market scope by involving them in marketplace business. The general purpose of this community service is to introduce the use of marketplace and its application. Other than that, also for providing training, knowledge and practical application of management science including marketing strategy in the use of effective marketplace media for UMKM product development and revenue increment. The program result is improvement of MSME entrepreneurskills especially in utilizing social media information and communication technology. In addition, this program also can run a promotional strategy or create content on social media as a tool that can help expandproduct marketing.

Keywords: MSMEs, Community Service, Marketplace, Marketing

References

Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). e-Commerce Berbasis Marketplace DalamUpayaMempersingkatDistribusiPenjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI (RekayasaSistem Dan TeknologiInformasi), 1(2), 131 - 136. https://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/citationstylelanguage/get/apa?submissionId=36

Fajar Septian, Ari Syaripudin, Dimas Abisono P., HeriHaerudin, Joko Riyanto. (2021). PelatihanSosial Media Marketing di Masa Pandemi Covid-19 Bersama Yayasan MuliaKreatifBerdaya (Mutiara). JAMAIKA, 2 (2), 81-89. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAMAIKA/article/view/11999.

Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books.

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Rahmadani, F., Suardana, I., & Samudra, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Ud. Eva Group Mataram. Valid: JurnalIlmiah, 16(1), 123-135. http://journal.stieamm.ac.id/index.php/valid/article/view/88.

Purwanti, P., Sarwani, S., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Unilever Indonesia. Inovasi, 7(1), 24-31.

Pratomo, L. A., Esya, L., Ekasari, A., Rahmawati, U. N., & Ameliana, W. C. (2021). Pelatihan Dalam Menetapkan Strategi Komunikasi Pemasaran Yang Tepat Untuk Produk Dan Jasa dari UKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 165-171.

Downloads

Published

2022-04-06

Issue

Section

Articles