Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemasaran Berbasis Usaha Mikro di UMKM Cibodas Jasa Kota Tangerang

Authors

  • Yayan Sudaryana Universitas Pamulang
  • Febrianto Hermawan Universitas Pamulang
  • Nurbaety Nurbaety Universitas Pamulang
  • Deviana Oktoria Universitas Pamulang
  • Hengky Mayer Pardede Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i2.19622

Abstract

Perkembangan UMKM di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun tingginya minat masyarakat dalam memulai usaha sekarang ini tidak diimbangi dengan keterampilan mereka dalam mengelola sebuah perusahaan. Pengabdian ini sendiri bertujuan untuk mencari tahu kemampuan para pelaku UMKM di wilayah Cibodas Jasa, Kota Tangerang dalam mengelola usaha yang mereka jalankan. Selain itu pengabdian ini juga bertujuan sebagai sarana pelatihan bagi para pelaku UMKM dalam pengelolaan sumber daya manusia dan pemasaran UMKM. Dalam pengabdian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil pengabdian ini menunjukan bahwa sebagian besar pelaku UMKM masih membutuhkan pengetahuan mengenai tugas dan peran sumber daya manusia dalam melakukan pemasaran produk-produk mereka dengan menggunakan alat-alat teknologi yang canggih. Selain itu, hasil pengabdian kepada masyarakat juga menunjukan bahwa kegiatan pelatihan ini cukup efektif dalam membina para pelaku UMKM sehingga para pelaku UMKM lebih memahami pentingnya ilmu manajemen sumber daya manusia dan manajemen pemasaran serta penerapannya dalam pengelolaan usaha yang mereka jalankan.

Kata Kunci: Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, Teknologi, UMKM

 

The Micro, Small and Medium-sized Enterprises (MSME) growth in Indonesia continued to increase from year to year. However, the high interest of the community in starting a business  of this scale was not matched by their skills in managing a company. This service aimed to find out the ability of MSME actors in the Cibodas Jasa area, Tangerang City in managing the business they run. In addition, this service also aimed as a means of training for MSME actors in human resource management and MSME marketing management. In this service the approach used was a qualitative. The results of this service showed that most MSME actors still need knowledge of duty and function of human resource management and MSME marketing management using high technology. In addition, the results of the study also showed that this training activity was quite effective in fostering MSME actors, thus MSME actors better understood the importance of human resource management and marketing management and its application in managing the business they run.

Keywords: HR Management, Marketing Management, Technology, MSME

References

Bernardin, & Russell. (1998). Human Resource Management. Second Edition, Singapore: McGraw-Hill Book Co

Catio, M. S. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Indigo Media.

Edward, N. (2020, Agustus 24). Retrieved from Kementrian Keuangan Republik Indonesia: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/a rtikel/baca/13317/UMKM-Bangkit- Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books.

Idris, M. (2021, Mei 26). Retrieved from Kompas.Com: https://money.kompas.com/read/20 21/05/15/083104126/apa-itu- umkm-dan-contohnya?page=all#:~:text=UMK M%20adalah%20sebagai%20bisni s%20yang,atau%20aset%2C%2 0serta%20jumlah%20karyawan.

Kumala, D., Novianti, Y., & Safitri, N. (2021). Pelatihan Kewirausahaan dan Pemasaran bagi Pengurus Koperasi Usaha Kecil dan Menengah di Kelurahan Tugu Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 6-9.

Mulyana, D. (2010). Komunikasi efektif “Suatu pendekatan lintas budayaâ€. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pratomo, L. A., Esya, L., Ekasari, A., Rahmawati, U. N., & Ameliana, W. C. (2021). Pelatihan Dalam Menetapkan Strategi Komunikasi Pemasaran Yang Tepat Untuk Produk Dan Jasa dari UKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 165-171.

Sendari, A. (2021, Februari 9). Retrieved from Kompas.Com: https://hot.liputan6.com/read/44 78774/implementasi-adalah- pelaksanaan-tujuan-pahami- pengertian-dan-contohnya

Siswanto. (2020). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia: Pendekatan Administratif dan Operasioanl. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , dan R&D. Bandung: Alphabeta.

Sunarsi, D. (2018). Pengembangan Sumber Daya Manusia Strategik & Karakterisrik Sistem Pendukungnya: Sebuah Tinjauan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 178-194.

Sutrisno. (2003). Manajemen Keuangan: Teori, Konsep, dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Wasan, G. H., & Sariningsih, A. (2021). Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Digital di Kecamatan Citeureup. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 31-36.

Downloads

Published

2022-04-06

Issue

Section

Articles