Mengembangkan Prilaku (Behavior) dan Pola Pikir (Mindset) Para Pelaku UMKM Cibodas Jasa Kota Tangerang Dalam Konteks Digital

Authors

  • Endang Sugiarti Universitas Pamulang
  • Fajar Yoga Pradana Universitas Pamulang
  • Erni Nila Sari Universitas Pamulang
  • Novan Nurviyaddin Universitas Pamulang
  • Sulastri Sulastri Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i2.19623

Abstract

Pengabdian ini berjudul mengembangkan perilaku (behavior) dan pola pikir (mindset) para pelaku usaha mikro kecil menengah Cibodas Jasa Kota Tangerang dalam konteks digital. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis ilmu manajemen dalam pengembangan UMKM dalam konteks digital yang berdampak pada peningkatan pendapatan penjualan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai manajemen, pengelolaan keuangan, pemasaran produk dan penerapan MSDM dalam pengembangan UMKM Cibodah Jasa yang berdampak pada peningkatan pendapatan penjualan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyakat ini adalah bahwa akan dilakukan pendampingan dalam manajemen dalam mengembangan bisnis para pelaku UMKM dengan mengubah perilaku (behavior) dan pola pikir (mindset) dalam konteks digital sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan penjualan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kata Kunci: Manajemen, Perilaku, Pola Pikir, UMKM

 

This event is entitled to develop the behavior and mindset of micro, small and medium business actors Cibodas Jasa Kota Tangerang in a digital context. The general purpose of this community service activity is to provide training and practical knowledge of management science in developing MSMEs in a digital context that has an impact on increasing sales revenue in order to meet community needs. The method used is a survey method and direct material delivery as well as simulations and discussions on management, financial management, product marketing and the application of HRM in the development of MSMEs in Cibodas Jasa which has an impact on increasing sales revenue in order to meet the needs of the community. The conclusion of this community service is that there will be assistance in management in developing the business of MSME actors by changing behavior and mindset in a digital context as an effort to increase sales revenue in order to meet the needs of the community.

Keywords: Management, Behaviour, Paradigm, MSME

References

Asta, Derina. 2018. “4 Teori Skinner Dalam Psikologi Kepribadian - Penjelasan Lengkap - DosenPsikologi.com.†dosenpsikologi.com. https://dosenpsikologi.com/teori-skinner-dalam-psikologi-kepribadian (November 8, 2021).

Birgantoro, B. A., Hermawan, A., Gani, M. A., Sugiyanto, S., & Maddinsyah, A. (2022). Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Makanan Dengan Pemanfaatan Whatsapp. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 54-66.

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Masriah, I., Sunarsi, D., Yuangga, K. D., Utaminingsih, S., & Teriyan, A. (2022). Implementasi Digitalpreneur Dalam Menunjang Kualitas SDM Di Era Revolusi Industri 4.0 Pada PT Gunung Slamat. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(2), 283-286.

Ridwan, A., Marfuah, A., Mustofa, S., & Santoso, S. (2022). Meningkatkan Penjualan UMKM Binaan Program Jabar Juara Kota Depok Melalui Optimalisasi Target Market. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 78-84.

Sarreta, irene radius. 2021. “Memahami Pengertian UMKM, Ciri, dan Perannya bagi Ekonomi.†06/01/2021: 1. https://www.cermati.com/artikel/memahami-pengertian-umkm-ciri-dan-perannya-bagi-ekonomi (November 8, 2021).

Wijandari, A., & Sumilah, N. (2021). Sosialisasi Manajemen Strategi Pemasaran Di UMKM Kecamatan Cileungsi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (Jpmm), 1(1), 61-64.

Wijoyo, H., Sunarsi, D., Indrawan, I., & Cahyono, Y. (2020). Manajemen Pemasaran Di Era Globalisasi (M. Prof. Dr. Ir. H. Anoesyirwan Moeins, MSi. CV. Pena Persada.

Downloads

Published

2022-04-06

Issue

Section

Articles