Pelatihan Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Untuk Peningkatan Skala Usaha Bagi Pelaku UMKM di Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Nunung Sudriani Universitas pamulang
  • Rama Kurniawan Universitas pamulang
  • Euis Intan Anovani Universitas pamulang
  • Rahmi Pujiati Universitas pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i2.19628

Abstract

Pengabdian ini berjudul pelatihan strategi pemasaran melaui digital marketing untuk peningkatan skala usaha bagi pelaku umkm di kota tangerang selatan. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan secara praktis terkait pengetahuan-pengetahuan tentang strategi pemasaran yang efektif dan efisien guna meningkatkan usaha yang digalakan oleh pelaku UMKM khususnya yang berada di kota tanggerang selatan. Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai manajemen, digitalisasi marketing, pemasaran produk dan peningkatan penjualan bagi pelaku UMKM yang berdampak pada kesejahraan masyarakat. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyakat ini adalah adanya upaya untuk melakukan pendampingan dalam manajemen dalam pengembangan digitalisasi marketing yang berorientasi pada peningkatan penjualan UMKM khususnya yang berada di kota tanggerang selatan.

Kata Kunci: Pemasaran, Digitalisasi Marketing, UMKM

 

This dedication is entitled marketing strategy training through digital marketing to increase business scale for UMKM in the city of South Tangerang. The general purpose of this community service activity is to provide practical understanding and knowledge related to knowledge about effective and efficient marketing strategies in order to increase the business promoted by UMKM actors, especially those in the southern city of Tangerang. The method used is a survey method and direct material delivery as well as simulations and discussions on management, marketing digitalization, product marketing and increasing sales for UMKM actors which have an impact on the welfare of the community. The conclusion of this community service is that there is an effort to provide assistance in management in the development of marketing digitalization that is oriented towards increasing sales of UMKM especially those in the southern city of Tangerang.

Keywords: Marketing, Digitalization of Marketing, UMKM

References

Alfarisi, M. S., Haryadi, R. N., & Sunarsi, D. (2022). Moslem Consumer Behavior on Buying Ticket Decision at Halal Tourism Fruit Garden Mekarsari Cileungsi. International Journal of Sharia Business Management, 1(1), 17-26.

Ali, H. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS Chaffey, D., Chadwick, F. E., Mayer, R., & Johnston, K. (2009). Internet Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. United States: Prentice Hall

Alicia, T. S. (2020). Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing pada PT Bhumi Visatanda Yogyakarta.

Febriyantoro, M. T. (2016). Pemikiran irasional para perokok. EKSIS, XI(2), 1907–7513 Jumlah UMKbinaan Dinas PMP-KUMKkota Batam. (2016). Kasali, R. (2011). Cracking Zone. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books.

Kodrat, D. S. (2009). Membangun Strategi “Low Budget High Impact†di Era NeW wave Marketing. Jurnal Manajemen Bisnis, 2 No. 1, 59–86.

Ridwan, A., Marfuah, A., Mustofa, S., & Santoso, S. (2022). Meningkatkan Penjualan UMKM Binaan Program Jabar Juara Kota Depok Melalui Optimalisasi Target Market. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 78-84.

Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Smith, K. T. (2003). The Marketing Mix Of Imc: A Move From The 4 P’s To The 4c’s. Journal of Integrated Marketing Communicatons, 1–3.

Stockdale, Ahmed, & Scheepers. (2012). Identifying Business Value from The Use of Social Media: An SME Perspective. Pacific Asia Conference on Information Systems. Association for Inforamtion System Electronic Librar

Sunarsi, D. (2020). Manajemen Pemasaran Di Era Globalisasi.

Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang BSD Tangerang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 21(1), 7-13.

Wasan, G. H., & Sariningsih, A. (2021). Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Digital di Kecamatan Citeureup. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 31-36.

Wijoyo, H., Haudi, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Akbar, M. F. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa (Pengabdian Kepada Masyarakat Kerjasama Antar Kampus). Ikra-Ith Abdimas, 3(3), 169-175.

Downloads

Published

2022-04-06

Issue

Section

Articles