Peningkatan Manajemen SDM dan Komunikasi Para Pengajar di Yayasan TPQ Nurul Ikhlas
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i2.19630Abstract
Pengabdian ini berjudul peningkatan manajemen sumber daya manusia dan komunikasi para pengajar di Yayasan TPQ Nurul Ikhlas Cendana Rawakalong Kec. Gunung Sindur Kab. Bogor. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membagikan informasi dan pengetahuan untuk meningkatkan ilmu manajemen sumber daya manusia dan komunikasi kepada para pengajar. Metode yang digunakan adalah penyampaian materi secara langsung serta diskusi mengenai penerapan MSDM dan komunikasi para pengajar. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyakat ini adalah bahwa penigkatkan pengetahuan dalam memahami ilmu manajemen Sumber Daya Manusia dan Komunikasi bagi para pengajar di Yayasan TPQ Nurul berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pengajar dan akan memotivasi murid untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik serta akan dapat menangani berbagai masalah dan situasi sulit yang dihadapi di Yayasan TPQ Nurul Ikhlas.
Kata Kunci: Manajemen Sumber Daya Manusia, Komunikasi
The title of this community service is improving human resource management and communication for the teachers at the TPQ Nurul Ikhlas Cendana Rawakalong Foundation, Kec. Mount Sindur Kab. Bogor. The general purpose of this community service is to share information and knowledge to improve human resource management and communication with teachers. The method used is the direct delivery of material as well as discussions on the application of human resource management and communication for the teachers. The conclusion of this community service is that the increase knowledge in understanding human resources and communication management for teachers at the TPQ Nurul Foundation has a positive and significant impact on teacher performance and will motivates students to have good communication skills, able to handle various problems and the difficult situation at the TPQ Nurul Ikhlas Foundation.
Keywords: Human Resource Management, CommunicationReferences
Hasanah, N. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 70-88.
Retnasari, L., Suyitno, S., & Hidayah, Y. H. (2019). Penguatan Peran Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Pendidikan Karakter Religius. Jurnal Solma, 8(1), 32-38.
Saeni, E., Cindrakasih, R. R., Muhariani, W., Herman, H., Anggito, P. L., & Safira, D. (2022). Pelatihan Public Speaking Untuk Meningkatkan Percaya Diri Kepada Anak-Anak Yayasan Panti Asuhan Sakinah Depok Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 8-15.
Santoso, D. A. A., & Prasetyo, A. (2021). PKM Peningkatan Kemampuan Berbicara pada Karang Taruna RT 007 RW 05 Kelurahan Tanjung Barat, Jagakarsa Jakarta Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 70-74.
Suharyani, S. (2018). Peran Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Quran bagi Peserta Didik. Jurnal Paedagogy, 5(2), 118-129.
Sutrisno, S., Abidin, A. Z., Winata, H., Harjianto, P., & Sunarsi, D. (2020). Penyuluhan Pengelolaan Keuangan Sederhana Siswa SMA 6 Tangerang Selatan. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 67-71.
Widowati, D. (2022). Literasi Desa: Pelatihan Public Speaking Kepada Ibu-Ibu PKK Sebagai Tenaga Penyuluh Penanggulangan Banjir di Desa Bojong Kulur, Gunung Putri, Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 23-32.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).