Meningkatkan Kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Melaksanakan Pembelajaran Yang Efektif di Era Digitalisasi pada Pengajar Yayasan TPQ Nurul Ikhlas Gunung Sindur
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i2.19631Abstract
Pengabdian kepada masyarakat ini berjudul meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif di era digitalisasi pada pengajar yayasan TPQ Nurul Ikhlas Jl. Cendana Rawakalong Kec Gunung Sindur Kab Bogor. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis kepada para pengajar TPQ Nurul Ikhlas tentang bagaimana melakukan kegiatan pembelajaran yang efektif bagi para peserta didik TPQ Nurul ikhlas pada era digital. Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung oleh peneliti tentang media – media yang berbasis TI yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyarakat ini bahwa dengan meningkatnya kemampuan SDM tenaga pengajar maka akan terwujud pembelajaran yang efektif dan tepat di Yayasan TPQ Nurul Ikhlas dalam menghadapi era digital.
Kata Kunci: Kemampuan SDM, Pembelajaran Efektif, Era Digital
This community service is entitled improving the ability of human resources (HR) in carrying out effective learning in the digitalization era for teachers of the TPQ Nurul Ikhlas foundation Jl. Cendana Rawakalong, Gunung Sindur District, Bogor Regency. The general purpose of this community service activity is to provide practical training and knowledge to TPQ Nurul Ikhlas teachers on how to conduct effective learning activities for TPQ Nurul Ikhlas students in the digital era. The method used is a survey method and the delivery of material directly by researchers about IT-based media that will be carried out in daily learning activities. The conclusion from this community service is that by increasing the ability of human resources (teaching staff), effective and appropriate learning will be realized at the TPQ Nurul Ikhlas Foundation in facing the digital era.
Keywords: Human Resources Capability, Effective Learning, Digital EraReferences
Haryadi, R. N., Yusup, A. M., Utarinda, D., Mustika, I. A., Sandra, D., & Rokhmawati, D. U. (2022). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi E-Learning Berbasis Website Di Masa Pandemi Covid-19. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 2(2), 110-115.
Hernawan, A. H., Susilana, R., Julaeha, S., & Sanjaya, W. (2008). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hewitt, D. (2008). Undertanding Effective Learning. Strategies for The Classroom. NY:
McGraw-Hill Education, Open University Press.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2019/03/3.-SPOT_Mendidik-Anak-di-Era-Digital-REV.pdf diakses tangal 21 November 2021
Masriah, I., Sunarsi, D., Yuangga, K. D., Utaminingsih, S., & Teriyan, A. (2022). Implementasi Digitalpreneur Dalam Menunjang Kualitas SDM Di Era Revolusi Industri 4.0 Pada PT Gunung Slamat. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(2), 283-286.
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita. Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245
Nurjaya, A. A., Ilham, D., Jasmani, & Sunarsi, D.(2021). Pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan kemampuan pemanfaatan teknologi terhadap kinerja aparatur desa pada kantor kepala desa di kabupaten gunungkidul yogyakarta. Jenius Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya Manusia, 4(3), 332-346.
Rosary, Amanda Soebadi (Ikatan Dokter Anak Indonesia) https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/keamanan-menggunakan-internet-bagi-anak diakses tanggal 21 Nopvember 2021
Sagala, S. (2010). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: alfabeta.
Shabir, M. 2015. Kedudukan Tenaga pengajar Sebagai Pendidik . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 221-232
Smith, P.L., & Ragan, T.J. (1993).Instructional Design. NY: Macmillan Publishing Company.
Sudjana, N. (1995). Penilaian hasil proses belajar mengajar.
Warsono . 2017. Tenaga pengajar: Antara Pendidik, Profesi, Dan Aktor Sosial . Journal of Society & Media 2017, Vol. 1(1) 1-10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).