Penerapan Ilmu Manajemen Dalam Meningkatkan Kualitas SDM Pengajar Yayasan TPQ Nurul Ikhlas

Authors

  • Andriansyah Andriansyah Universitas Pamulang
  • Zainal Abidin Universitas Pamulang
  • Suwarsi Suwarsi Universitas Pamulang
  • Moh. Sutoro Universitas Pamulang
  • Subarto Subarto Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i2.19632

Abstract

Pengabdian ini berjudul penerapan ilmu manajemen dalam menigkatkan kualitas SDM para pengajar di Yayasan TPQ Nurul Ikhlas Jl Cendana Rawakalong Kec. Gunung Sindur, Kab. Bogor. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis ilmu manajemen dalam meningkatkan kualitas SDM.  Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai manajemen, system pembelajaran dan pengembangan pelatihan. Kesimpulan dari pengabdian  kepada masyakat ini adalah bahwa penigkatkan pengetahuan dalam memahami ilmu manajemen dan kedisiplinan akan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pengajar dan motivasi murid di Yayasan TPQ Nurul Ikhlas.

Kata Kunci: Ilmu Manajemen, Kedisplinan, Kualitas SDM

 

This service is entitled the application of management science in improving the quality of human resources for teachers at the TPQ Nurul Ikhlas Foundation Jl Cendana Rawakalong Kec. Mount Sindur, Kab. Bogor. The general objective of this community service activity is to provide training and practical knowledge of management science in improving the quality of human resources. The method used is a survey method and direct material delivery as well as simulations and discussions on management, learning systems and training development. The conclusion of this community service is that increasing knowledge in understanding management science and discipline will have a positive and significant effect on teacher performance and student motivation at the TPQ Nurul Ikhlas.

Keywords: Management Science, Discipline, HR Quality

References

Badrudin, B. (2013). Dasar-dasar manajemen. Dasar-Dasar Manajemen, (4), 1-141.

Bahri, S., & Arafah, N. (2020). Analisis Manajemen Sdm Dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Di Era New Normal. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 20-40.

Herawati, E., Puspitasari, P., Susanti, M., & Rahmahdani, N. (2021). Pelatihan Kewirausahaan bagi Remaja Karang Taruna di Desa Dayeuh. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 17-21.

Masriah, I., Sunarsi, D., Yuangga, K. D., Utaminingsih, S., & Teriyan, A. (2022). Implementasi Digitalpreneur Dalam Menunjang Kualitas SDM Di Era Revolusi Industri 4.0 Pada PT Gunung Slamat. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(2), 283-286.

Suryawati, M. (2015). Penerapan manajemen mutu ISO 9001: 2008 dan sistem penilaian prestasi kerja guru di SMK Negeri 3 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang). http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/cka/article/view/40

Taryaman, C. (2018). Pengaruh Manajemen Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Khazanah Akademia, 2(1), 29-38.

Downloads

Published

2022-04-06

Issue

Section

Articles