Penerapan Ilmu Manajemen Dalam Meningkatkan Kualitas SDM Pengajar Yayasan TPQ Nurul Ikhlas
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i2.19632Abstract
Pengabdian ini berjudul penerapan ilmu manajemen dalam menigkatkan kualitas SDM para pengajar di Yayasan TPQ Nurul Ikhlas Jl Cendana Rawakalong Kec. Gunung Sindur, Kab. Bogor. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis ilmu manajemen dalam meningkatkan kualitas SDM. Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai manajemen, system pembelajaran dan pengembangan pelatihan. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyakat ini adalah bahwa penigkatkan pengetahuan dalam memahami ilmu manajemen dan kedisiplinan akan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pengajar dan motivasi murid di Yayasan TPQ Nurul Ikhlas.
Kata Kunci: Ilmu Manajemen, Kedisplinan, Kualitas SDM
This service is entitled the application of management science in improving the quality of human resources for teachers at the TPQ Nurul Ikhlas Foundation Jl Cendana Rawakalong Kec. Mount Sindur, Kab. Bogor. The general objective of this community service activity is to provide training and practical knowledge of management science in improving the quality of human resources. The method used is a survey method and direct material delivery as well as simulations and discussions on management, learning systems and training development. The conclusion of this community service is that increasing knowledge in understanding management science and discipline will have a positive and significant effect on teacher performance and student motivation at the TPQ Nurul Ikhlas.
Keywords: Management Science, Discipline, HR QualityReferences
Badrudin, B. (2013). Dasar-dasar manajemen. Dasar-Dasar Manajemen, (4), 1-141.
Bahri, S., & Arafah, N. (2020). Analisis Manajemen Sdm Dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Di Era New Normal. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 20-40.
Herawati, E., Puspitasari, P., Susanti, M., & Rahmahdani, N. (2021). Pelatihan Kewirausahaan bagi Remaja Karang Taruna di Desa Dayeuh. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 17-21.
Masriah, I., Sunarsi, D., Yuangga, K. D., Utaminingsih, S., & Teriyan, A. (2022). Implementasi Digitalpreneur Dalam Menunjang Kualitas SDM Di Era Revolusi Industri 4.0 Pada PT Gunung Slamat. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(2), 283-286.
Suryawati, M. (2015). Penerapan manajemen mutu ISO 9001: 2008 dan sistem penilaian prestasi kerja guru di SMK Negeri 3 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang). http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/cka/article/view/40
Taryaman, C. (2018). Pengaruh Manajemen Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Khazanah Akademia, 2(1), 29-38.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).