Workshop Zahir Accounting di Rumah Quran Askaf Indonesia, Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan

Authors

  • Tsarina Zenabia Universitas Pamulang
  • Liana Dwi S Universitas Pamulang
  • Annissa Annissa Universitas Pamulang
  • Endah Finatariani Universitas Pamulang
  • Setianingsih Setianingsih Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i3.23746

Abstract

Tujuan diadakannya Workshop Zahir Accounting di Rumah Quran Askaf, pertama sebagai bentuk pengabdian para dosen Program Studi (Prodi) Sarjana Akuntansi yang tergabung dalam Civitas Akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang. Kegiatan ini merupakan wujud pelaksanaan salah satu kewajiban Tridharma Perguruan Tinggi bagi para dosen selain pemenuhan dalam bidang pengajaran dan penelitian. Tujuan kedua adalah untuk membantu mengembangkan para tenaga pendidik dan staf administrasi di rumah Quran Askaf agar memiliki keahlian dan kompetensi tambahan terkait pengetahuan penggunaan software komputer yang dapat mempermudah pekerjaan mereka. Materi workshop disampaikan melalui metode ceramah, diskusi dan tutorial dimana sebelumnya peserta dipandu untuk setting master data, menginput transaksi keuangan, menutup buku, dan menarik laporan keuangan dari software zahir accounting. Respon para peserta workshop sangat baik terutama dari pihak Pimpinan Yayasan yang mengharapkan kegiatan PKM dapat dilakukan secara berkesinambungan dengan materi yang lain sehingga dapat membantu meningkatkan kompetensi SDM di Rumah Quran Askaf.

Kata Kunci: Workshop, Zahir Accounting, Santri Quran

 

The purpose of holding the Zahir Accounting Workshop at the Askaf Quran House, firstly as a form of service for the lecturers of the Bachelor of Accounting Study Program (Prodi) who are members of the Academic Community of the Faculty of Economics and Business, Pamulang University. This activity is a manifestation of the implementation of one of the obligations of the Tridharma of Higher Education for lecturers in addition to fulfillment in the fields of teaching and research. The second goal is to help develop educators and administrative staff at the Quran Askaf house so that they have additional skills and competencies related to knowledge of using computer software that can make their work easier. The workshop material was delivered through lecture, discussion and tutorial methods where previously participants were guided to master data settings, input financial transactions, close books, and withdraw financial reports from zahir accounting software. The response of the workshop participants was very good, especially from the Foundation Leaders who hoped that PKM activities could be carried out continuously with other materials so that they could help improve the competence of human resources at the Quran Askaf House.

Keywords: Workshop, Zahir Accounting, Quran Santri

References

Andrianto. (2014). Membentuk Anak Cerdas Dan Tangguh. Yogyakarta: Universitas Atmajaya Yogyakarta.

Desmahary, Y., & Kuswara, H. (2016). Aplikasi Akuntansi Zahir Accounting Untuk Pengolahan Data KeuanganPada PD. Nugraha Jakarta. Jurnal Online Insan Akuntan, 1(2), 391-412.

Firdaus, D. S., Sobri, S., Ningtias, G. A., & Ismalia, H. (2022). Membangun Motivasi Kewirausahaan Bagi Santri Di Yayasan Rumah Qur’an Askaf Bersinergi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM): Kreasi Mahasiswa Manajemen, 2(01), 94-101.

Rachmawati, S., & Nurjanah, N. (2017). Implementasi Data Keuangan Dengan Zahir Accounting Pada Pt. Anugerah Analisis Sempurna. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 5(2), 267-273.

Shanti, Y. K., & Kusumawardhany, S. S. (2021). Tantangan Dan Peluang Profesi Akuntan Di Era Milenial. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(3).

Soemaryono, S., Pratono, R., & Ismangil, I. (2021). Pelatihan Akuntansi Keuangan Bagi Siswa SMK Kartini Surabaya. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(4).

Sunarsi, D. (2019). Application of Strategic HRM in an Effort to Improve Organizational Capabilities in facing the 4.0 Revolution. MEA Scientific Journal (Management, Economics, & Accounting), 3 (1), 221-233.

Downloads

Published

2022-08-20

Issue

Section

Articles