Mengembangkan Ekonomi Kreatif pada Masa Pandemi Covid 19: Membuat Bouquet Snack Low Budget

Authors

  • Tia Fuji Lestari Universitas Pamulang
  • Alvionita Putri Ivanie Universitas Pamulang
  • Miftahul Hidayah Universitas Pamulang
  • Sely Octavia Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i4.24509

Abstract

COVID-19 adalah virus yang menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan , infeksi paru-paru yang berat hingga dapat menyebabkan kematian. Di indonesia pandemic covid 19 yang saat ini terus mengalami eskalasi. Tidak hanya berpotensi meengakibatkan kontraksi pertumbuhan ekonomi, serta virus ini tidak hanya menyebabkan tingginya angka kematian diseluruh dunia tetapi juga menyebabkan merosotnya ekonomi yang perlahan “membunuh†negara-negara di seluruh dunia dan juga mengakibatkan jumlah pengangguran dalam jumlah yang besar. Dalam dunia yang sangat terhubung dan terintegrasi, dampak penyakit diluar kematian ( mereka yang meninggal) dan morbiditas (mereka yang tidak dapat bekerja untuk jangka waktu tertentu) telah terlihat sangat jelas sejak adanya wabah covid-19 ini. Pengabdian Kepada Masyarakat ini berjudul Mengembangkan Ekonomi Kreatif pada masa pandemic Covid 19: Membuat Bouquet Snack Low Budget. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah  berbagi ilmu dengan teman-teman di Pondok Pesantren Nafidatunnajah.

Kata Kunci: Kreativitas, Kemandirian, Pandemi, Covid-19

 

COVID-19 is a virus that causes disorders of the respiratory system, severe lung infections that can cause death. The Indonesian pandemic shows that the current 19 escalation continues to increase. Not only does it involve the economy, but this virus not only causes the death rate to be saved by the world but also causes an economic slowdown that slows the “killing†of countries in the world and also calculates a large amount of yield. In a world that is highly connected and integrated, influencing disease that eliminate death (those who die) and morbidity (those who cannot work for a certain period of time) have been very clear since this covid-19 outbreak. This Community service is entitled Developing a economy creative during a pandemic covid-19: Make a bouquet snack low budget.The general objective of community service activities is to share knowledge to friends of Pondok Pesantren Nafidatunnajah.

Keywords: Keywords: Creativity, Independence, Pandemic, Covid-19

References

Aditi, B. (2018). Dalam Buku Ajar Entrepreneurship & StartUp Entrepreneurship yang Unggul. Deli Serdang: Penerbit Perdana Medika.

Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand Vo.2 No.1.

Darwanto. (2013). Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Inovasi dan Kreativitas. Jurnal Bisnis dan Ekonomi.

Dimas Andhika, F. (2020, September 18). Dorong UMKM Adaptif dan Inovatif di Tengah Pandemi Covid-19. Diambil kembali dari https://www.okezone.com/tren/read/2020/09/17/620/2279583/angela-tanoesoedibjo-dorong-umkm-adaptif-dan-inovatif-di-tengah-pandemi-covid-19

Emani, H. (2011, September 18). Diambil kembali dari https://www.okezone.com/tren/read/2020/09/17/620/2279583/angela-tanoesoedibjo-dorong-umkm-adaptif-dan-inovatif-di-tengah-pandemi-covid-19.

Gunartin, S. E. M. M., Sunarsi, D., & MM, C. MENUMBUHKAN EKONOMI KREATIF DENGAN PEMANFAATAN BARANG BEKAS MENUJU SMART CITY. ciptapublishing.

Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomi.

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Latif, S. (2015, Juli 22). Diambil kembali dari Perusahaan Sukses Ini Berubah Total dari Awal Berdirinya: https://www.dream.co.id/unik/6-perusahaan-sukses-ini-berubah-total-dari-awal-berdirinya-ok-150714c.html

Lavinda. (2020, Juni 12). Strategi Bisnis yang Harus Dilakukan UKM saat New Normal. Diambil kembali dari https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-bisnis-yang-harus-dilakukan-ukm-saat-new-normal

Lukiastuti, F. (2017). Self-Reliance Improvement Model for Women Batik SMEs. Advanced Science Letters, 7309-7313.

Sunarsi, D., Hastono, H., Yuangga, K. D., Haryadi, R. N., & Teriyan, A. (2022). Literasi Pemasaran Digital Untuk Mengenalkan Batik Pandeglang di Masa Pandemi pada Desa Wisata Sukarame Banten. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 2(2).

Downloads

Published

2022-10-03

Issue

Section

Articles