Penerapan Ilmu Manajemen Dalam Peningkatan Pemasaran Yang Efektif di Era Digitalisasi Dengan Tujuan Domestik dan Ekspor pada UMKM Produk Perkayuan Lingkup Kabupaten/Kota Cirebon

Authors

  • Yoga Prayoga Universitas Pamulang
  • Anjar Januriyandhani Universitas Pamulang
  • Iffatun Hasna Desyani Universitas Pamulang
  • Rahmad Prasetia Universitas Pamulang
  • Rhisto Cahyadi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i4.24514

Abstract

Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan dalam memahami ilmu manajemen, khususnya manajemen pemasaran yang efektif di era digital untuk meningkatkan pendapatan baik tujuan domestik maupun ekspor bagi para UMKM produk perkayuan di kabupaten/kota Cirebon. Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung serta diskusi mengenai manajemen pemasaran. Kesimpulan dari pengabdian  kepada masyakat ini adalah bahwa peningkatkan pengetahuan dalam memahami ilmu manajemen pemasaran akan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap revenue/pendapatan baik pasar domestik maupun ekspor.

Kata Kunci: Ilmu Manajemen, Digitalisasi Pemasaran

 

The general purpose of this community service activity is to increase knowledge in understanding management science, especially effective marketing management in the digital era to increase income for both domestic and export destinations for MSMEs for wood products in Cirebon district/city. The method used is a survey method and direct delivery of the material as well as discussions on marketing management. The conclusion of this community service is that increasing knowledge in understanding marketing management science will have a positive and significant effect on revenue/income for both the domestic and export markets.

Keywords: Management Science, Marketing Digitization

References

Azqiara. (2019, Januari 31). Pengertian UMKM Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap. ID Pengertian. Diunduh tanggal 28 September 2019 dari https://www.idpengertian.com/pengertian-umkm-secara-umum-danmenurutpara-ahli-lengkap/#Rudjito

Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Murdjito. G. (2012), Metode Pengabdian Masyarakat. Disampaikan pada Pelatihan Metodologi Pengabdian kepada Masyarakat. https://www.slideshare.net/FitriRiyanto/ metoda-pengabdian-pada-masyarakatpak-gatot1, diakses 25 April 2021.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021. Tentang Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Stelzner, MA (2012). Social Media Marketing Industry Report. How Marketers Are Using Social Media to Grow Their Business.

Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298–309. https://doi.org/https://doi.org/10/24198/k umawula.v3i2.28181.

Sunarsi, D., Hastono, H., Yuangga, K. D., Haryadi, R. N., & Teriyan, A. (2022). Literasi Pemasaran Digital Untuk Mengenalkan Batik Pandeglang di Masa Pandemi pada Desa Wisata Sukarame Banten. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 2(2).

Downloads

Published

2022-10-03

Issue

Section

Articles