Peran Media Sosial (Medsos) Dalam Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Antajaya Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i4.24518Abstract
Media sosial adalah layanan informasi berbasis online untuk membentuk suatu hubungan dan interaksi serta komunikasi kesesama pengguna yang memungkin untuk memposting dari aktifitas dan segala jenis bentuk kegiatan yang dilakukan. Penggunaan media sosial semakin meningkat baik oleh individu maupun badan usaha dengan berbagai jenis ukuran dari skala kecil, menengah, dan skala besar dalam aktivitas pemasaran perusahaan. Terutama para pelaku UMKM, media sosial sangat membantu dan memudahkan dalam proses pengenalan dan interaksi penjualan suatu produk yang sudah dihasilkan. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mensosialisasikan peran media sosial (MEDSOS) dalam pengembangan usaha kecil dan menengah (UMKM) desa Antajaya Bogor. Berdasarkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan didapat beberapa hasil capaian yang berkaitan dengan permasalahan-permasalahan masyarakat dan ketidaktahuan dalam penggunaan media sosial dapat diberikan pencerahan serta solusi dari tim dosen untuk dapat menggunakan perangkat elektronik sebagai alat pendukung untuk dapat digunakan secara maksimal serta efektif dalam menunjang kegiatan usaha masyarakat sekitar. Guna memaksimalkan hasil dari kegiatan bisnis atau usaha yang telah dilakukan, masyarakat desa Antajaya juga diberikan pemahaman serta mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan terutama dari bidang kewirausahaan dan manajemen yang dikolaborasikan dengan media sosial sehingga masyarakat dapat selangkah lebih maju dalam menjalankan usaha dan dapat lebih berkembang.
Kata Kunci: Media Sosial, Perangkat Elektronik, UMKM
Social media is an online-based information service to form a relationship and interaction and communication among users that allows posting of activities and all types of activities carried out. The use of social media is increasing both by individuals and business entities with various types of sizes from small, medium, and large scale in company marketing activities. Especially for SMEs, social media is very helpful and facilitates the process of introducing and interacting with the sale of a product that has been produced. The purpose of this community service is to socialize the role of social media (MEDSOS) in the development of small and medium enterprises (UMKM) in Antajaya village, Bogor. Based on community service activities that have been carried out, several achievements related to community problems and ignorance in the use of social media can be given enlightenment and solutions from the lecturer team to be able to use electronic devices as supporting tools to be used optimally and effectively in supporting local community business activities. In order to maximize the results of the business or business activities that have been carried out, the Antajaya village community is also given understanding and gain additional knowledge, especially from the field of entrepreneurship and management in collaboration with social media so that the community can be one step ahead in running a business and can develop more.
Keywords: Social Media, Electronic Devices, MSMEsReferences
Alma. Buchari. 2012. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta
Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books.
Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.
Juhaeri, et al. (2021). PERANAN DIGITAL MARKETING DALAM MEMASARKAN PRODUK UMKM INTERMODA BSD CITY DIMAS COVID-19. ABDI LAKSANA, 2 (2), 376-382.
Kasali, Rhenald. 2012. Wirausaha Muda Mandiri. Jakarta: Gramedia
Kumala, D., Novianti, Y., & Safitri, N. (2021). Pelatihan Kewirausahaan dan Pemasaran bagi Pengurus Koperasi Usaha Kecil dan Menengah di Kelurahan Tugu Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 6-9.
Nasrullah, R. (2016). MEDIA SOSIAL (Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Rochaety, E., & dkk. (2013). Sistem Informasi Manajemen Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Soemahamidjaja. 2013. Membina Sikap Mental Wirausaha. Jakarta: Gunung Jati Press.
Tambunan, T. (2013). UMKM di Indonesia dan Beberapa Isu Penting. Jakarta: Ghalia.
Undang-undang No. 20 Tahun 2008 tentang usaha mikro kecil dan menengah.
Wijiastuti, S., et al. (2021). PENGENALAN DIGITAL MARKETING, PELATIHAN SOSIAL MEDIA DAN E-COMMERCE DAN MERANCANG KONTEN PEMASARAN YANG BAIK BAGI PELAKU USAHA UMKM DI YAYASAN AMAL BAKTI SUDJONO TARUNO BAKI SUKOHARJO. PADMA, 1 (4), 258-260.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).