Penggunaan Microsoft Teams Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada SMK Pariwisata Puspa Wisata PGRI Serpong
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i4.24520Abstract
SMK Pariwisata Puspa Wisata PGRI sebagai salah satu lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja tingkat menengah berpotensi untuk mencetak SDM yang berkualitas dengan kompetensi yang handal serta professional dibidang masing – masing jurusan. pembelajaran yang dilakukan di SMK Pariwisata Puspa Wisata PGRI terbiasa tatap muka baik secara teori maupun praktek. Akan tetapi pada masa pandemi COVID-19 ini, sekolah mengalami kendala dalam pembelajaran karena tidak bisa tatap muka seperti sedia kala. Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan. Walaupun lebih banyak menyerang ke lansia, virus ini sebenarnya bisa juga menyerang siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang dewasaVirus ini menular sangat cepat dan telah menyebar hampir ke semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan saja. Sehingga WHO pada tanggal 11 Maret 2020 menetapkan wabah ini sebagai pandemi global. Akibat pandemik Covid-19 ini, beberapa negara menetapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus corona, tidak terkecuali di Indonesia. Microsoft Teams adalah hub digital yang menyatukan percakapan, konten, penugasan, dan aplikasi di satu tempat, memungkinkan guru menciptakan lingkungan belajar yang dinamis. Microsoft bertujuan untuk menawarkan pengalaman belajar jarak jauh sebagai pribadi, menarik dan terhubung secara sosial seperti belajar di kelas.
Kata Kunci: Microsoft Teams, Covid-19, E-learning
Puspa Wisata PGRI Tourism Vocational School as an educational institution that aims to prepare middle-level workers has the potential to produce quality human resources with reliable and professional competencies in their respective majors. The learning carried out at the Puspa Wisata PGRI Tourism Vocational School is accustomed to face-to-face both in theory and practice. However, during the COVID-19 pandemic, schools experienced problems in learning because they could not meet face-to-face as usual. Covid-19 is an infectious disease caused by a newly discovered type of coronavirus. Although it mostly attacks the elderly, this virus can actually attack anyone, from infants, children, to adults. This virus spreads very quickly and has spread to almost all countries, including Indonesia, in just a few months. So that on March 11, 2020 WHO declared this outbreak a global pandemic. As a result of the Covid-19 pandemic, several countries have set policies to impose lockdowns in order to prevent the spread of the corona virus, and Indonesia is no exception. Microsoft Teams is a digital hub that brings together conversations, content, assignments, and apps in one place, enabling teachers to create dynamic learning environments. Microsoft aims to offer a distance learning experience as personal, engaging and socially connected as learning in a classroom.
Keywords: Microsoft Teams, Covid-19, E-learningReferences
Alam, Syamsir. 2020. Belajar di masa Pandemilk. Media Indonesia: https://mediaindonesia.com/read/detail/298260-belajar-di-masa-pandemi
Harnani, Sri. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. BDK
Jakarta Kemenag: https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajarandaring-di- masa-pandemi-covid-19
Haryadi, R. N., Yusup, A. M., Utarinda, D., Mustika, I. A., Sandra, D., & Rokhmawati, D. U. (2022). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi E-Learning Berbasis Website Di Masa Pandemi Covid-19. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 2(2), 110-115.
Mikarsa, Hera Lestari dkk.2009. PendidikanAnak di SD. Universitas Terbuka. Jakarta
Nurjaya, N., Erlangga, H., Iskandar, A. S., Sunarsi, D., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pigeonhole Coffee di Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(2), 147-153.
Siahaan, Friska. 2018. Penggunaan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Teori APOS Untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Teori Bilangan. JSP: 5(1). https://jsp.uhn.ac.id
Sianipar, Linda. 2017. Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Medan: JSP 4(2):(50-62). https://jsp.uhn.ac.id
Situmorang, Adi S. 2020. Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Dengan Pendekatan
Situmorang, Adi S. dan Siahaan, Friska 2019. Desain Model Pencapaian Konsep Terhadap Minat Belajar Mahasiswa FKIP UHN. Medan: Jurnal Penelitian bidang Pendidikan 25(1):(55-61). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/penelitian/article/view/15533.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).