Penerapan Strategi Pembinaan SDM Untuk Memaksimalkan Motivasi dan Kreativitas Karyawan Guna Meningkatkan Profit UMKM di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i4.24525Abstract
Pengabdian ini berjudul Penerapan Pembinaan Strategi SDM untuk Memaksimalkan Motivasi dan Kreativitas Karyawan Guna Meningkatkan Profit di Masa Pandemi pada UMKM di Wilayah Depok. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis ilmu manajemen tentang penerapan pembinaan strategi SDM untuk memaksimalkan motivasi dan kreativitas karyawan guna meningkatkan profit di masa pandemi yang berdampak pada kesejahteraan dan pengambangan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM). Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai ilmu manajemen tentang motivasi dan kreativitas serta penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah bahwa akan dilakukan pendampingan dalam manajemen dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat kota Depok khususnya pada masyarakat penggiat UMKM.
Kata Kunci: Manajemen, Motivasi, Kreativitas, UMKM, Kesejahteraan Masyarakat
This service is entitled Application of HR Strategy Development to Maximize Employee Motivation and Creativity to Increase Profits in the Pandemic Period for MSMEs in the Depok Region. The general objective of this community service activity is to provide practical training and knowledge of management science regarding the application of HR strategy development to maximize employee motivation and creativity in order to increase profits during the pandemic which has an impact on the welfare and development of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). The method used is a survey method and direct delivery of material as well as simulations and discussions about management science about motivation and creativity as well as the application of Human Resource Management in the development of Micro, Small and Medium Enterprises that have an impact on people's welfare. The conclusion of this community service is that there will be assistance in management in the development of Micro, Small and Medium Enterprises in an effort to realize the welfare of the people of the city of Depok, especially the MSME activist community.
Keywords: Management, Motivation, Creativity, MSMEs, Public WelfareReferences
Assauri, Sofyan, 1999. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi, Rajawali Press, Jakarta.
Bakhshi, Hasan, Alan freeman and Peter Higgs. 2013. A Dynamic Mapping of The UK’S
Dr. Hempy Suyatna. Dosen dan Kepala Pusat Kajian Pembangunan Sosial (SODEC) Departement PSdK Fisipol UGM; Surat kabar Kedaulatan Rakyat, Selasa 20 juni 2017
Fandy Tjiptono, (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Guitman LJ, Z. C. (2012). Principles of Managerial Financial Global Edition 13th Edition. England:: Person Education Limited 2012.
Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.
Iskandar, J. (2016). Indek dan Skala dalam Penelitian. Bandung: Puspaga.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2001. Marketing Management, Prenhallindo, Jakarta.
Kotler, Philip, 1994. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan Implementasi dan Pengendalian, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip, dan Keller, Kevin Lane. 2010. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Laudon, K. C. (2008). E-Commerce: business, technology. Person India.
Mangkunegara. Dr. A. A Anwar Prabu. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung. 2011
Peraturan Menteri Keuangan No. 32 Tahun 2018 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2019
Ramdhani, A., & Ramdhani, M. A. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. Jurnal Publik, 11(1), 1-12.
Rangkuti, Freddy. (2015). Riset Pemasaran.Cetakan keduabelas Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rhenal Kasali, Mimbidik Pasar Indonesia : Segmentasi, Targeting, Positioning, Grtamedia Pustaka Umum, Jakarta 2007.
Rismiati dan Ig. Bondan Suratno, 2001. Pemasaran Barang dan Jasa, Kanisius, Yogyakarta.
Salim, Hengky Tjoan (2003): Kreativitas Dan Motivasi
Sunarto, Andi. 2009. Seluk Beluk E-commerce. Panduan Bagi Pemula Untuk Menjual Produknya Melalui Internet. Jogjakarta: Garailmu.
Sukirno, S. (2002). Teori Mikro Ekonomi. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitaif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta .
Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sedarmayanti. Prof. Dr. Hj. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Refika Aditama. Bandung. 2016
Akhimelita, Lita (2013). TEKNIK INDUSTRI ANALISA PERANCANGAN KERJA. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Diakses pada 23 Oktober 2021, dari http://repositori.kemdikbud.go.id/10202/1/TEKNIK-INDUSTRI-ANALISA-PERANCANGAN-KERJA-2.pdf
Hadari, Nawawi, 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Nadeak, B. (2019). Sejarah Teori Sumber Daya Manusia. Diakses pada 23 Oktober 2021, dari http://repository.uki.ac.id/1004/2/Pertemuan_I.pdf.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).