Penerapan Strategi Pembinaan SDM Untuk Memaksimalkan Motivasi dan Kreativitas Karyawan Guna Meningkatkan Profit UMKM di Masa Pandemi

Authors

  • Joko Purnomo Universitas Pamulang
  • Fahri Fahri Universitas Pamulang
  • Nadya Mustika Kansa S Universitas Pamulang
  • Edy Santoso Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i4.24525

Abstract

Pengabdian ini berjudul Penerapan Pembinaan Strategi SDM untuk Memaksimalkan Motivasi dan Kreativitas Karyawan Guna Meningkatkan Profit di Masa Pandemi pada UMKM di Wilayah Depok. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis ilmu manajemen tentang penerapan pembinaan strategi SDM untuk memaksimalkan motivasi dan kreativitas karyawan guna meningkatkan profit di masa pandemi yang berdampak pada kesejahteraan dan pengambangan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM).  Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai ilmu manajemen tentang motivasi dan kreativitas serta penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Kesimpulan dari pengabdian  kepada masyarakat ini adalah bahwa akan dilakukan pendampingan dalam manajemen dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat kota Depok khususnya pada masyarakat penggiat UMKM.

Kata Kunci: Manajemen, Motivasi, Kreativitas, UMKM, Kesejahteraan Masyarakat

 

This service is entitled Application of HR Strategy Development to Maximize Employee Motivation and Creativity to Increase Profits in the Pandemic Period for MSMEs in the Depok Region. The general objective of this community service activity is to provide practical training and knowledge of management science regarding the application of HR strategy development to maximize employee motivation and creativity in order to increase profits during the pandemic which has an impact on the welfare and development of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). The method used is a survey method and direct delivery of material as well as simulations and discussions about management science about motivation and creativity as well as the application of Human Resource Management in the development of Micro, Small and Medium Enterprises that have an impact on people's welfare. The conclusion of this community service is that there will be assistance in management in the development of Micro, Small and Medium Enterprises in an effort to realize the welfare of the people of the city of Depok, especially the MSME activist community.

Keywords: Management, Motivation, Creativity, MSMEs, Public Welfare

References

Assauri, Sofyan, 1999. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi, Rajawali Press, Jakarta.

Bakhshi, Hasan, Alan freeman and Peter Higgs. 2013. A Dynamic Mapping of The UK’S

Dr. Hempy Suyatna. Dosen dan Kepala Pusat Kajian Pembangunan Sosial (SODEC) Departement PSdK Fisipol UGM; Surat kabar Kedaulatan Rakyat, Selasa 20 juni 2017

Fandy Tjiptono, (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Guitman LJ, Z. C. (2012). Principles of Managerial Financial Global Edition 13th Edition. England:: Person Education Limited 2012.

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Iskandar, J. (2016). Indek dan Skala dalam Penelitian. Bandung: Puspaga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2001. Marketing Management, Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, Philip, 1994. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan Implementasi dan Pengendalian, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, dan Keller, Kevin Lane. 2010. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Laudon, K. C. (2008). E-Commerce: business, technology. Person India.

Mangkunegara. Dr. A. A Anwar Prabu. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung. 2011

Peraturan Menteri Keuangan No. 32 Tahun 2018 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2019

Ramdhani, A., & Ramdhani, M. A. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. Jurnal Publik, 11(1), 1-12.

Rangkuti, Freddy. (2015). Riset Pemasaran.Cetakan keduabelas Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rhenal Kasali, Mimbidik Pasar Indonesia : Segmentasi, Targeting, Positioning, Grtamedia Pustaka Umum, Jakarta 2007.

Rismiati dan Ig. Bondan Suratno, 2001. Pemasaran Barang dan Jasa, Kanisius, Yogyakarta.

Salim, Hengky Tjoan (2003): Kreativitas Dan Motivasi

Sunarto, Andi. 2009. Seluk Beluk E-commerce. Panduan Bagi Pemula Untuk Menjual Produknya Melalui Internet. Jogjakarta: Garailmu.

Sukirno, S. (2002). Teori Mikro Ekonomi. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitaif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta .

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sedarmayanti. Prof. Dr. Hj. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Refika Aditama. Bandung. 2016

Akhimelita, Lita (2013). TEKNIK INDUSTRI ANALISA PERANCANGAN KERJA. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Diakses pada 23 Oktober 2021, dari http://repositori.kemdikbud.go.id/10202/1/TEKNIK-INDUSTRI-ANALISA-PERANCANGAN-KERJA-2.pdf

Hadari, Nawawi, 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Nadeak, B. (2019). Sejarah Teori Sumber Daya Manusia. Diakses pada 23 Oktober 2021, dari http://repository.uki.ac.id/1004/2/Pertemuan_I.pdf.

Downloads

Published

2022-10-03

Issue

Section

Articles