Strategi Peningkatan Penjualan Produk Furnitur Hasil Hutan Komunitas UKM Melalui Digital Marketing di Kota Cirebon Provinsi Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpdm.v2i4.24526Abstract
Masa Pandemi Covid-19 masih merebak, banyak perusahaan silih berganti tumbang dikarenakan minat pembeli turun namun ada satu badan usaha yang masih bertahan yakni UKM. Namun dengan semakin banyaknya UKM yang bermunculan, maka dituntut untuk lebih kreatif dalam menciptakan produk hingga memasarkan produk. Beberapa permasalahan yang dapat dijumpai pada bisnis UKM adalah seperti kesulitan pemasaran, keterbatasan SDM, kesulitan bahan baku, keterbatasan inovasi dan teknologi. Bagaimana para pelaku UKM membangun strategi pemasaran terutama furnitur hasil hutan ? Apakah strategi pemasaran yang dilakukan sudah tepat dan terbukti ampuh? Permasalahan yang ditemukan di setiap anggota komunitas cenderung sama, yaitu memiliki keterbatasan kualifikasi keahlian dalam bidang pemasaran, khususnya promosi online untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas sehingga menyebabkan promosi yang dijalankan anggota komunitas menjadi terhambat. Metode pelaksanaan yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah pelatihan dan workshop pemasaran/promosi secara online, dan pemahaman tentang peraturan-peraturan (aspek hukum) dalam e-commerce, serta pendampingan usaha dalam pembuatan akun e-commerce maupun media online lainnya yang akan meningkatkan product branding serta penjualan.
Kata Kunci: Manajemen, UKM, Produk, Furnitur, Hasil Hutan, Online
The Covid-19 Pandemic is still spreading, companies are collapsing because of the buying reduction from the consumer but there is a business entity which still exist is UKM (small business and medium enterprise). With the increasing growth of UKM appearance, it must be creative to produce and distribute product. Some problems appear from the UKM such as difficult to distribute, Human Resource Limitation, Nature Resource limitation, Innovation and technology limitation. How the UKM build the marketing strategy especially furniture product? What is the right marketing strategy who proven and exactly effective? The facing problem could be found in each UKM is almost same, that is limitation of qualification ability in marketing sector, especially online promotion to reach wider target market and with this problem cause effect on promotion in each community is stopped. The Implementation method to solve this problem by giving marketing training and workshop/online promoting, and understanding about regulations (law aspects) of e-commerce, also business accompaniment in e-commerce account registration or other online media that can increase product branding and selling.
Keywords: Management, UKM, Product, Furniture, Forest Product, OnlineReferences
Azqiara. (2019, Januari 31). Pengertian UMKM Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap. ID Pengertian. Diunduh tanggal 28 September 2019 dari https://www.idpengertian.com/pengertian-umkm-secara-umum-danmenurutpara-ahli-lengkap/#Rudjito
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation and practice (6th ed.). Pearson.
Dedi Purwana ES, Rahmi, Shandy Aditya (2016). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) EISSN: 2580-4332 Vol. 1 No. 1 Juli 2017
Hafni, Rosita., Gozali Ahmad. 2006. Analisis Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Murdjito. G. (2012), Metode Pengabdian Masyarakat. Disampaikan pada Pelatihan Metodologi Pengabdian kepada Masyarakat. https://www.slideshare.net/FitriRiyanto/ metoda-pengabdian-pada-masyarakatpak-gatot1, diakses 25 April 2021.
Nur Sarfiah, Sudati., dkk. 2019. UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), Universitas Tidar Magelang.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021.
Stelzner, MA (2012). Social Media Marketing Industry Report. How Marketers Are Using Social Media to Grow Their Business.
Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298–309. https://doi.org/https://doi.org/10/24198/k umawula.v3i2.28181
Tentang Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).