Pemanfaatan Kain Perca Dijadikan Scrunhie untuk Menambah Wawasan dan Pendapatan Siswa

Authors

  • Julia Putri Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Kiki Fadilah Avivi Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Rahayuni Dianita Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Sanah Sanah Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i1.28297

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat diselenggaran dengan tujuan untuk mengedukasi siswa mengenai pemanfaatan limbah kain perca ini untuk dapat memanfaatkan nya dan dijadikan kerajinan tangan seperti scrunchie. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan metode orasi, praktik, dan diskusi. Materi kegiatan kain perca ini menjadikan peluang anak untuk menambah wawasan kreatifitas para siswa dengan harapan agar anak-anak dapat mengembankan gagasan ataupun karya yang baru dan bebeda dan diterapkan dikehidupannya. Target materi pada kegiatan penyuluhan PKM tercapai dengan cukup baik, dapat dilihat dari hasil pemahaman dari materi kegiatan. Untuk menerapkan hasil dari kegiatan masih diperlukan binaan wali kelas dan dapat melaksanakan pendapatan keuangan yang baik, dan merencanakan strategi keuangan yang baik.

References

Buaran, Kecamatan, and Kabupaten Pekalongan. “Sebagai Bahan Pembuatan Bros Petik ( Perca Batik ) Di Desa Paweden ,.â€

Hartiningrum, Esty, Safiil Maarif, and Nahlia Rakhmawati. 2020. “Pemanfaatan Limbah Kain Perca Menjadi Produk Bernilai Ekonomis.†COMVICE: Journal Of Community Service 4(2): 37–42.

Pamulang, Universitas, and Tangerang Selatan. 2022. “GUNA MENGATUR KEUANGAN PRIBADI SERTA INVESTASI DI MASA YANG AKAN DATANG 1* Lindah Krystianti, 2 Adela Nurfadila, 3 Sanah, 4 Rahayuni Dianita.†2(2).

Purwanthari, Aristha. 2017. “Pelatihan Pembuatan Bross Dengan Bahan Dasar Kain Perca Desa Cangkringturi Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo.†Jurnal Abadimas Adi Buana 1(1): 9–14.

Rosdiana, Aliva, Hayu Dian Yulistianti, and Azzah Nor Laila. 2018. “Pemanfaatan Kain Perca Sebagai APE Pillow Doll Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini.†Journal of Dedicators Community 2(1): 1–7.

Downloads

Published

2023-01-24