Peningkatan Kemampuan Pemasaran Online pada CV. Cahaya Agribiz, Cianjur Jawa Barat

Authors

  • Juhaeri Juhaeri Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Maswarni Maswarni Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Nofiar Nofiar Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i1.28319

Abstract

Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis tentang penggunakan media sosial dan memanfaatkannya.. Melalui  Pelaksana Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan  melakukan pembinaan dan memberi implementasi atau contoh bagaimana bisa melakukan pemanfaatan internet sebagai peluang mengembangkan usaha. Dengan bantuan teknologi internet dapat meminimalisir pengeluaran pemasaran dengan jangkauan pasar yang luas. Metode yang digunakan adalah dengan seminar, praktek, dan diskusi. Temppat pengabdian ini adalah CV Cahaya Agribiz Cianjur yaitu perusahaan yang berdiri pada tahun 2001 yang sudah membudidayakan sayuran hidroponik dan terletak di Cianjur. CV Cahaya Agribiz mempunyai komoditas unggulan yaitu selada keriting. perusahaan berupaya agar produksi sayur hidroponik meningkat padasar dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan pada komoditas sayurannya. Target yang akan dicapai adalah peserta dapat memanfaatkan internet sebagai media promosi bisnis, memberikan kesempatan bagi usaha memasuki jaringan yang lebih luas, informasi bisnis untuk pelanggan dan masyarakat, memberikan pelayanan kepada pelanggan secara lebih baik dengan adanya berbagai fasilitas yang menarik dan interaktif, meningkatkan minat masyarakat terhadap produk, yang dijual, memasuki pasar global, dapat dijadikan saran media informasi, publikasi perusahaan dan promosi.

References

Agung, M. L. Berinternet dengan Facebook dan Twitter untuk Pemula. Yogyakarta: ANDI & Madcoms, 2011.

Ardianto, Elvinaro, and Lukiati Komala, Siti Karlinah. Komunikasi Massa (Suatu Pengantar) Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2010.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Statistik: APJII. www.apjii.or.id (accessed May 21, 2019).

Blanchard, O. Social Media ROI Mengelola dan Mengukur Penggunaan Media Sosial pada Organisasi Anda. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2015.

Botler, Jay David and Grusin, Richard. Remediation dalam Eric P.Bucy (Eds). Living in The Information Age: A New Media Reader. London: Wadsworth and Thomson Learning. Second Edition, 20

Juhaeri, J., Chasanah, U., Imam, S. I., & Nursyifa, A. (2020). Pengenalan Internet Sebagai Media Promosi Usaha Kecil Di Kelurahan Buaran Serpong. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Juhaeri, J., Rusilowati, U., Hamsinah, H., Marjohan, M., & Maddinsyah, A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Meningkatkan Daya Saing Produk UKM Selama Pandemi Covid-19 Pada Saat New Normal. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(1), 21-25.

Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Sairin, S., Susanto, S., Suworo, S., Tarwijo, T., & Fajri, C. (2021). Peningkatan Pendapatan Masyarakat Dengan Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Di Kampung Sengkol Rt 06/02 Kelurahan Muncul Kecamatan Setu Tangerang Selatan. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 337-346.

Susanto, S., Darusman, Y. M., Bachtiar, B., Gueci, R. S., & Santoso, B. (2021). Menggunakan Media Sosial Ramah Hukum. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 2(1), 72-78.

Suworo, S., Sairin, S., Susanto, S., Tarwijo, T., & Fajri, C. (2022). Pelatihan Digital Marketing (Sosial Media) Untuk Meningkatkan Life Skill Santri Dan Staf Marketing Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 59-69.

Downloads

Published

2023-01-24