Peningkatan Kemampuan Pemasaran Online pada CV. Cahaya Agribiz, Cianjur Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i1.28319Abstract
Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis tentang penggunakan media sosial dan memanfaatkannya.. Melalui Pelaksana Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melakukan pembinaan dan memberi implementasi atau contoh bagaimana bisa melakukan pemanfaatan internet sebagai peluang mengembangkan usaha. Dengan bantuan teknologi internet dapat meminimalisir pengeluaran pemasaran dengan jangkauan pasar yang luas. Metode yang digunakan adalah dengan seminar, praktek, dan diskusi. Temppat pengabdian ini adalah CV Cahaya Agribiz Cianjur yaitu perusahaan yang berdiri pada tahun 2001 yang sudah membudidayakan sayuran hidroponik dan terletak di Cianjur. CV Cahaya Agribiz mempunyai komoditas unggulan yaitu selada keriting. perusahaan berupaya agar produksi sayur hidroponik meningkat padasar dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan pada komoditas sayurannya. Target yang akan dicapai adalah peserta dapat memanfaatkan internet sebagai media promosi bisnis, memberikan kesempatan bagi usaha memasuki jaringan yang lebih luas, informasi bisnis untuk pelanggan dan masyarakat, memberikan pelayanan kepada pelanggan secara lebih baik dengan adanya berbagai fasilitas yang menarik dan interaktif, meningkatkan minat masyarakat terhadap produk, yang dijual, memasuki pasar global, dapat dijadikan saran media informasi, publikasi perusahaan dan promosi.
References
Agung, M. L. Berinternet dengan Facebook dan Twitter untuk Pemula. Yogyakarta: ANDI & Madcoms, 2011.
Ardianto, Elvinaro, and Lukiati Komala, Siti Karlinah. Komunikasi Massa (Suatu Pengantar) Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2010.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Statistik: APJII. www.apjii.or.id (accessed May 21, 2019).
Blanchard, O. Social Media ROI Mengelola dan Mengukur Penggunaan Media Sosial pada Organisasi Anda. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2015.
Botler, Jay David and Grusin, Richard. Remediation dalam Eric P.Bucy (Eds). Living in The Information Age: A New Media Reader. London: Wadsworth and Thomson Learning. Second Edition, 20
Juhaeri, J., Chasanah, U., Imam, S. I., & Nursyifa, A. (2020). Pengenalan Internet Sebagai Media Promosi Usaha Kecil Di Kelurahan Buaran Serpong. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Juhaeri, J., Rusilowati, U., Hamsinah, H., Marjohan, M., & Maddinsyah, A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Meningkatkan Daya Saing Produk UKM Selama Pandemi Covid-19 Pada Saat New Normal. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(1), 21-25.
Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Sairin, S., Susanto, S., Suworo, S., Tarwijo, T., & Fajri, C. (2021). Peningkatan Pendapatan Masyarakat Dengan Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Di Kampung Sengkol Rt 06/02 Kelurahan Muncul Kecamatan Setu Tangerang Selatan. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 337-346.
Susanto, S., Darusman, Y. M., Bachtiar, B., Gueci, R. S., & Santoso, B. (2021). Menggunakan Media Sosial Ramah Hukum. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 2(1), 72-78.
Suworo, S., Sairin, S., Susanto, S., Tarwijo, T., & Fajri, C. (2022). Pelatihan Digital Marketing (Sosial Media) Untuk Meningkatkan Life Skill Santri Dan Staf Marketing Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 59-69.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).