Strategi Bisnis Sukses Melalui Go Digital Terhadap UMKM
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i1.28767Abstract
Dampak pandemi Covid-19 tidak hanya pada sektor manufaktur, tetapi juga terhadap sektor UMKM sejak April 2020. Salah satu upaya pemulihan ekonomi nasional yang dilakukan pemerintah di masa pandemi Covid-19 adalah mendorong sektor UMKM, yang memiliki peran penting dalam perekonomian nasional karena banyaknya pekerja yang terlibat langsung. Dampak tersebut terlihat dengan banyak UMKM yang mengalami penurunan penjualan, penurunan omzet bahkan ada beberapa yang melakukan pengurangan karyawan. Oleh karena itu dilakukan pengabdian masyarakat untuk membantu para pelaku UMKM terus berjalan dimasa endemi Covid-19 ini. Pemberdayaan ini ditujukan agar para pelaku UMKM yang biasanya melakukan kegiatan usaha hanya dengan penjualan langsung diharapkan sebagian besar usahanya dilakukan secara online. Hasil pelatihan ini yaitu para UMKM dapat manage keuangan dengan baik dimasa Pandemi Covid-19 ataupun di masa depan. Dengan cara dapat mencadangakan keuntungan usahanya, dapat lebih bijak dalam menyisihkannya dalam bentuk tabungan, investasi dan memikirkan risiko yang akan ditanggung dan Para UMKM dapat memperbaiki kualitas produk atau layanan: untuk mengembangkan strategi penawaran produk barang atau jasa yang menjadi basis bisnisnya. Dengan cara penjualan dan pembukuan secara online dengan meningkatkan konten online agar dapat meningkatkan pendapatan.
References
Bahtiar, R. A. (2021). Dampak pandemi covid-19 terhadap sektor usaha mikro, kecil, dan menengah serta solusinya. Info Singkat, 13(10), 19-24.
Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan & Strategi Ilmu Komunikasi, edisi Revisi. Jakarta: Rajagrafindo.
Chang, May Chu. 2012. Nurturing Creativity and Innovation in The Classroom. International Conference on Creativity and Innovation. UNESCO. Hotel Sulthan. Jakarta.
Drury, Glen. (2008). Social Media: “Should Marketers Engage and How Can it be Done Effectivelyâ€.
Kovach, Bill. Tom. Rosenstiel. 2006. Sembilan Elemen Jurnalisme. Jakarta : Yayasan Pantau
Muzdalifah, L., Novie, M., & Zaqiyah, S. (2020, October). Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju UMKM Go-Digital di Era Pandemi Covid 19 dan Era New Normal Bagi Pelaku UMKM Sidoarjo. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 4, pp. 2200-2208).
Santosa, I. (2014). Masalah dan tantangan pengembangan kewirausahaan pada kalangan mahasiswa di Indonesia. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 3(03), 203-207.
Undang-Undang Dasar Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial Pasal 1 Ayat 1.
Undang-Undang Dasar Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Pasal 1 Ayat 1
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).