Strategi Bisnis Sukses Melalui Go Digital Terhadap UMKM

Authors

  • Anggun Anggraini Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Indawati Indawati Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Suciati Muanifah Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i1.28767

Abstract

Dampak pandemi Covid-19 tidak hanya pada sektor manufaktur, tetapi juga terhadap sektor UMKM sejak April 2020. Salah satu upaya pemulihan ekonomi nasional yang dilakukan pemerintah di masa pandemi Covid-19 adalah mendorong sektor UMKM, yang memiliki peran penting dalam perekonomian nasional karena banyaknya pekerja yang terlibat langsung. Dampak tersebut terlihat dengan banyak UMKM yang mengalami penurunan penjualan, penurunan omzet bahkan ada beberapa yang melakukan pengurangan karyawan. Oleh karena itu dilakukan pengabdian masyarakat untuk membantu  para  pelaku UMKM terus berjalan dimasa endemi Covid-19 ini. Pemberdayaan ini ditujukan agar para pelaku UMKM  yang  biasanya  melakukan  kegiatan  usaha  hanya  dengan  penjualan  langsung  diharapkan sebagian besar usahanya dilakukan secara online.  Hasil pelatihan ini yaitu para UMKM dapat manage keuangan dengan baik dimasa Pandemi Covid-19 ataupun di masa depan. Dengan cara dapat mencadangakan keuntungan usahanya, dapat lebih bijak dalam menyisihkannya dalam bentuk tabungan, investasi dan memikirkan risiko yang akan ditanggung dan Para UMKM dapat memperbaiki kualitas produk atau layanan: untuk  mengembangkan strategi penawaran produk barang atau jasa yang menjadi basis bisnisnya. Dengan cara penjualan dan pembukuan secara online dengan meningkatkan konten online agar dapat meningkatkan pendapatan.

References

Bahtiar, R. A. (2021). Dampak pandemi covid-19 terhadap sektor usaha mikro, kecil, dan menengah serta solusinya. Info Singkat, 13(10), 19-24.

Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan & Strategi Ilmu Komunikasi, edisi Revisi. Jakarta: Rajagrafindo.

Chang, May Chu. 2012. Nurturing Creativity and Innovation in The Classroom. International Conference on Creativity and Innovation. UNESCO. Hotel Sulthan. Jakarta.

Drury, Glen. (2008). Social Media: “Should Marketers Engage and How Can it be Done Effectivelyâ€.

Kovach, Bill. Tom. Rosenstiel. 2006. Sembilan Elemen Jurnalisme. Jakarta : Yayasan Pantau

Muzdalifah, L., Novie, M., & Zaqiyah, S. (2020, October). Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju UMKM Go-Digital di Era Pandemi Covid 19 dan Era New Normal Bagi Pelaku UMKM Sidoarjo. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 4, pp. 2200-2208).

Santosa, I. (2014). Masalah dan tantangan pengembangan kewirausahaan pada kalangan mahasiswa di Indonesia. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 3(03), 203-207.

Undang-Undang Dasar Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial Pasal 1 Ayat 1.

Undang-Undang Dasar Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Pasal 1 Ayat 1

Downloads

Published

2023-01-06