Pelatihan Penelusuran Literatur Akademik Secara Online bagi Mahasiswa Prodi IKS Fisip Universitas Cenderawasih Papua
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i1.28771Abstract
Situasi pendemik yang dialami dari awal tahun 2020 memberikan banyak perubahan dalam cara belajar mahasiswa. Salah cara belajar yang berubah adalah semakin dituntutnya belajar mandiri dan menggunakan akses akademik secara online, elektronik atau digital. Di sisi lain, diperlukan kemampuan dasar dalam mengakses literatur yang ingin didapatkan secara online, digital atau elektronik tersebut. Kegiatan pelatihan ini dilakukan bagi sebagian mahasiswa Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP Universitas Cenderawasih Papua. Peserta kegiatan ini adalah dua puluh mahasiswa yang dilakukan selama dua hari. Lokasi kegiatan dilakukan di UPT Komputer Universitas Cenderawasih yang memiliki sejumlah komputer dengan akses internet yang memudahkan pelatihan penelusuran ini dilakukan. Dengan dilakukannya kegiatan selama dua hari ini maka didapatkan sejumlah hasil pelatihan. Hasil yang pertama adalah bertambahnya para pengetahuan dalam menelusuri literatur secara online yang biasanya hanya menelusuri literatur melalui mesin pencari Google secara umum. Dengan pelaksanaan kegiatan pelatihan ini ditambahkan pengetahuan dalam tips dan teknik penelusuran literatur akademik secara online.Hasil yang kedua adalah ditambahkannya keterampilan peserta dalam menelusuri literatur secara online melalui topik proposal skripsi yang direncanakan untuk dilakukan di semester berikutnya. Peserta juga ditambahkan keterampilan dalam menggunakan sejumlah tips agar penelusuran akademik secara online tersebut dapat dilakukan secara cepat dan mendapatkan hasil yang semakin spesifik.
References
Ajie, M. D. (2015). Teknik Temu Balik Informasi (Information Retrieval) dan Analisa Kapabilitas Pencarian Search Engine Google (www.google.com). In UPI.edu.
Amalina, N. (2017). Penelusuran Sumber Informasi Di Internet. https://slidetodoc.com/penelusuran-sumber-informasi-di-internet-nurriska-amalina-pustakawan/
Andayani, U. (2017). Pustakawan akademik sebagai mitra riset di perguruan tinggi. Al Maktabah, 15(1), 29–40. https://doi.org/10.15408/almaktabah.v15i1.4712
Fatmawati, E. (2014). Meningkatkan budaya akademik melalui pemanfaatan e-resources. News.Ge. http://eprints.undip.ac.id/64902/
Nutricillia, N., & Susilawati, N. (2021). Fungsi Selasar Akademik di Gedung Integrated Classroom Universitas Negeri Padang Universitas Negeri Padang Abstrak Pendahuluan Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara a. 4(4), 686–698. http://perspektif.ppj.unp.ac.id/index.php/perspektif/article/view/492/250
Putra, F. E. (2017). Kegiatan layanan dalam penelusuran informasi di perpustakaan. Jurnal Iqra’, 11(1), 48–65. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/792.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).