Pelatihan Pembuatan Konten Video Kreatif guna Meningkatkan Kreativitas di Era Digital Pada Remaja RT. 4 RW. 3 Desa Cidokom Kecamatan Gunung Sindur

Authors

  • Jasmani Jasmani Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Umar Hanis Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Yeti Kusmawati Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i1.28772

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan remaja RT 04 RW 03 Desa Cidokom untuk menjadi seorang yang memiliki krativitas diri khususnya dalam membuat video kreativ dalam mengahadapi persaingan di masa depan yang kian ketat dan kompetitif. Metode yang di gunakan di dalam kegiatan pengabdian kepada masyrakat yang di selenggarankan oleh para akademisi dari universtias pamulang ini menggunakan metode resitasi yang didalamnya di jelasakan materi tentang pemahaman akan kreativitas diri, penerapan ipteks yang dilakukan adalah dalam bentuk pembekalan dan pelatihan pengenalan serta eksplorasi terkait video grafi dengan menggunakan kamera DSLR dan aplikasi adobe premier. Kegiatan pembekalan dan pelatihan keterampilan didalam kegaitan pengabdian kepada masyrakat ini ditunjang dengan sesi tanya jawab dan tentu saja praktek secara langsung yang disertai dengan output produk secara langsung. Modul pelatihan akan diberikan kepada peserta sebagai alat bantu dalam kegiatan praktek. Berdasarkan hasil evaluasi serta temuan-temuan yang diperoleh selama pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyrakat ini, di peroleh hasil bahwa kegiatan pengabdian kepada masyrakat ini telah mampu memberikan manfaat yang sangat besar dan tepat sasaran bagi remaja RT 04 RW 03 Desa Cidokom yang menjadi khalayak sasaran dalam kegiatan ini. Bentuk pelatihan seperti ini merupakan bentuk yang sangat efektif untuk memberikan penyegaran dan tambahan wawasan serta pengetahuan baru di bidang teknologi informasi dan peningkatan kreativitas diri.

References

Agustiningsih. (2015). Video sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. JOURNAL PEDAGOGIA, 4(1), 50-58.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenuddin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida, 3, 116-137.

Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Lutfiana, S. (2020). Kendala Guru dalam Sistem Belajar Online. Dipetik 10 22, 2020, dari www.kompasiana.com:https://www.kompasiana.com/sintalutfiana12/5e88742e15 7395464f11aef2/kendala-guru-dalam-sistem-belajar-online

Putra, M. I., Ariawan, K. U., & Sutaya, I. W. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Camtasia Studio Video CD Interaktif Multimedia untuk Mata Pelajaran Pemrograman Web Jurusan Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Singaraja, 6(1), 1-8.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Penerbit Alfabeta Waloyo, H.Aunnurrahman, & Wahyudi, H. (2014). Implementasi Pembelajaran Elektronika Berbasis Multimedia Kelas X Program Ketenagalisrikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(9), 1-14.

Downloads

Published

2023-01-07