Pelatihan Pembuatan Web Bloger guna Meningkatkan Kemampuan Dalam Mengekspresikan Ide dan Kreativitas Menulis Secara Online pada Remaja RT. 04 RW 03, Desa Cidokom
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i1.28774Abstract
Tujuan dari pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan remaja RT 04 RW 03 Desa Cidokom untuk menjadi seorang yang memiliki krativitas diri khususnya dalam membuat Web Blogger dalam mengekspresikan ide kreatif. Metode yang di gunakan metode resitasi yang didalamnya di jelasakan materi tentang pemahaman akan kreativitas diri, penerapan ipteks yang dilakukan adalah dalam bentuk pembekalan dan pelatihanpembuatan web blogger. Kegiatan pembekalan dan pelatihan keterampilan didalam kegaitan pengabdian kepada masyrakat ini ditunjang dengan sesi tanya jawab dan tentu saja praktek secara langsung yang disertai dengan output produk secara langsung. Modul pelatihan akan diberikan kepada peserta sebagai alat bantu dalam kegiatan praktek. Berdasarkan hasil evaluasi serta temuan-temuan yang diperoleh selama pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyrakat ini, di peroleh hasil bahwa kegiatan pengabdian kepada masyrakat ini telah mampu memberikan manfaat yang sangat besar dan tepat sasaran bagi remaja RT 04 RW 03 Desa Cidokom yang menjadi khalayak sasaran dalam kegiatan ini. Bentuk pelatihan seperti ini merupakan bentuk yang sangat efektif untuk memberikan penyegaran dan tambahan wawasan serta pengetahuan baru di bidang teknologi informasi dan peningkatan kreativitas diri.
References
Akbar, A. S. (2020). Pelatihan Pembuatan Teacher’s Web Blog Pada Guru SMK PGRI 23 Jakarta Selatan. Jurnal Pengabdian Teratai, 1(2), 291-297.
Andini, N. A., & Hasan, S. (2019). Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Media Pembelajaran Berbasis WebBlog pada Mahasiswa Semester VI Program Studi PGMI STKIP Nurul Huda OKU Timur. Jurnal Indonesia Mengabdi, 1(2), 44-48.
Akmaludin, A., Handayani, P., & Septiana, L. (2019). Pelatihan internet pembuatan blog bagi guru-guru HIMAPAUDI Kecamatan Kemayoran, Jakarta. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 111-118.
Ayumida, S., Natalia, F., & Nuraeni, Y. S. (2019). Pelatihan Pembuatan Blog di Yayasan Yatim, Piatu dan Dhuafa Rumah Harapan, Teluk Jambe Timur Karawang. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 316-322.
Maskar, S., Dewi, P. S., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu. PRISMA, 9(2), 154–166.
Megawaty, D. A. (2020). SISTEM MONITORING KEGIATAN AKADEMIK SISWA MENGGUNAKAN WEBSITE. Jurnal Tekno Kompak, 14(2),
–101. Muslim, B. (2018). Pelatihan Pembuatan Blog Bagi Guru Ma Ponpes Darul Mutaqin Kota Pagar Alam. NGABDIMAS, 1(1), 6-11.
Rouse, M. (2007, November). What is blog (weblog)? Diambil dari https://searchwindevelopment. techtarget.com/definition/blog.
Salim, S., Ikman, I., Suhar, S., Kodirun, K., Pabunga, D. B., & Saputra, H. N. (2020). PELATIHAN PEMBUATAN BLOG SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN SMK. Jurnal Berdaya Mandiri, 2(2), 336- 344.
Setiawansyah, S., Sulistiani, H., & Saputra, V. H. (2020). Penerapan Codeigniter Dalam Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Di SMK 7 Bandar Lampung. Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 6(2), 89–95.
Sudrajat, A., & Zulkarnain, Z. (2013). Pengembangan Media Blog Sejarah sebagai Alternatif Media Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas (Laporan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat). Universitas Negeri Yogyakarta.
Tundjungsari, V., & Suhaeri, S. (2018). Pelatihan Pembuatan Blog untuk Pengembangan Media Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 2(1), 15- 22.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).