Pelatihan Penentuan Harga Pokok Penjualan untuk UMKM di Tanjung Sari

Authors

  • Sawqi Saad El Hasan Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis Islam Syari’ah Bina Mandiri, Bogor, Indonesia
  • Muhammad Salman Al Farisi Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis Islam Syari’ah Bina Mandiri, Bogor, Indonesia
  • Neng Sumilah Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis Islam Syari’ah Bina Mandiri, Bogor, Indonesia
  • Jumiyati Jumiyati Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis Islam Syari’ah Bina Mandiri, Bogor, Indonesia
  • Irna Fuadyah Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis Islam Syari’ah Bina Mandiri, Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i1.28781

Abstract

Kegiatan pengabdian masyaakat ini bekerjasama dengan Forum UMKM Tegalsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tujuan dari penyelenggaraan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengajak pelaku UMKM memahami perhitungan harga pokok penjualan yang dibuat di dalam laporan keuangan pelaku UMKM dengan cara sederhana. Pelaku UMKM yang terlibat serta dalam kegiatan pengabdian ini berjumlah 5 orang dengan waktu pengajaran selama 3 jam tatap muka di tanggal 24 September 2022. Metode yang diterapkan pada kegiatan pengabdian ini adalah penyuluhan/ceramah, praktek dan diskusi. Kegiatan pengabdian masyarakat diselenggarakan dengan harapan menjadi manfaat untuk berbagai pihak yang terlibat seperti pelaku UMKM di Tegalsari, Pemerintah Daerah dan bagi akademisi.

References

El Hasan, Sawqi Saad, et al. (2021). "Pelatihan Pembuatan Bussiness Plan Bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Mekarsari." Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, vol. 1, no. 1, 2021, pp. 37-43.

Pedoman Teknis Pencatatan Transaksi Keuangan Usaha Kecil Badan Usaha Bukan Badan Hukum Sektor Perdagangan. 2015. Bank Indonesia: Jakarta Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK-EMKM). 2018. IAI: Menteng. Jakarta Selatan.

Putri, W. F. S., et. al. (2021). Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Penjualan Dalam Menentukan Harga Jual Barang Dagang Pada UMKM Di Desa Cimekar Kabupaten Bandung. Junal Abdi Mas Sang Buana, Vol. 2, no. 2, 2021

Setyorini, dkk. (2012). Pelatihan Akuntansi UMKM Bagi UMKM Untuk Meningkatkan Kinerja Keuangan Perusahaan. UNY.

Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK-EMKM). 2018. IAI: Jakarta; Sela

Purnamawati, I. G. A., et. al. (2017). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Harga Pokok Penjualan Berdasarkan Metode Akuntansi Pada Usaha Tenun. In Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 2, pp. 196-201).

Luh Gede Bevi Libraeni, Desmayani, et. al. (2022). Pelatihan Penentuan Harga Pokok Penjualan pada Toko Kue Dapur Friska. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 255-265.

Hetika, H., & Sari, Y. P. (2019). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Untuk Menentukan Harga Jual Pada Umkm Di Kota Tegal. Monex : Journal Research Accounting Politeknik Tegal, 8(1), 303.

Mulyani, S., et. al. (2017). Kedisiplinan Pencatatan Akuntansi Menuju Penerapan Teknologi Informasi Akuntansi UKM Batik Bakaran Juwana. J.ABDIAMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), p. 31.

Animah, et. al. (2021). Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Berbasis Excel pada Hotel Rumah Putih Abu-Abu. Jurnal Selaparang Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, Volume 4, Nomor 2, April 2021.

Downloads

Published

2023-01-08