Meningkatkan Pemahaman Literasi Finansial pada Usia Remaja Sebagai Upaya Mencegah Gaya Hidup Konsumtif pada Batavia English Course (BEC) Cilandak

Authors

  • Siti Nurcahayati Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Ayu Puspa Lestiyadi Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Ratna Dumilah

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i2.29620

Abstract

Tujuan pada kegiatan pengadian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pemahaman literasi finansial pada usia remaja sebagai upaya mencegah gaya hidup konsumtif pada Batavia English Course (BEC) Cilandak. Metode dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang digunakan adalah pemaparan materi. Teknik dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang digunakan adalah curah pendapat dan diskusi dengan jumlah peserta 20 ( dua puluh ) orang di Batavia English Course (BEC) Cilandak. Adapun luaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa satu artikel ilmiah yang dipublikasikan melalui Jurnal PADMA Universitas Pamulang, serta peningkatan tumbuhkembangnya kreativitas, sikap ilmiah, sikap professional, sikap peduli serta peka pada perkembangan dan permasalahan yang dihadapi terkait dengan literasi finansial, dalam diri anak usia remaja pada umumnya dan peserta didik Batavia English Course (BEC) Cilandak.

References

Adiyanti, M. G., & Sofia, A. (2013). Hubungan Pola Asuh Otoritaf Orang Tua Dan Konformita Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Moral.

Ali, M dan M. Asrori. 2016. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. PT Bumi Aksara. Jakarta

Aprilia, D., & Hartono. (2014). Analisis Sosiologis Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi pad a Mahasiswa FISIP Universitas Lampung). Jurnal Sosiologi, 15(1), 72–86.

Eko Widodo, Suparno. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitriyani, Nur., Prasetyo Budi Widodo, dan Nailul Fauziah. 2013. “Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Di Genuk Indah Semarangâ€. Jurnal Psikologi Undip, 12(1), 56-59.

Kartawinata, R. B., & Mubaraq, I. M. 2018. Pengaruh Kompetensi Keuangan terhadap Literasi Keuangan Bagi Wanita di Makassar. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 2(2). 87-100.

King, L. A. (2012). Psikologi Umum : Sebuah Pandangan Apresiatif Buku 2. Jakarta:Salemba Humanika.

Lusardi, A., & O.S. Mitchell. 2014. The Economic Importance of Financial Literacy: Theory and Evidence. Journal of Economic Literature. 52(1), 5–44.

Notoatmodjo, S., 2014, Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurcahayati, S., Candra Dewi, W., dan Warni Tanjung, A. (2021). Pengaruh Konsep Diri, Kecerdasan dan Perilaku Konsumtif Terhadap Literasi Keuangan Di SMK Lingga Kencana Depok. Jurnal Semarak Unpam Vol. 4 No.3.

Rapih, S.(2016). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak : Mengapa dan Bagaimana? Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.

Rombe, Sufrihana. 2014. Hubungan Body Image dan Kepercayaan Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja Putri di SMK Negeri Samarinda, Jurnal Psikologi, Vol. 2 No.1.76-91.

Said, S., & Amiruddin, A. M. A. (2017). Literasi Keuangan Syariah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam; Studi Kasus UIN Alauddin Makasar. Al-Ulum, 17(1), 44–64. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.76

Triyaningsih, SL. 2011. Dampak Online Marketing melalui Facebook terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 11, No. 2, Oktober 2011: 172 – 177.

Wardalisa. (2013). Teori Hirarki Kebutuhan. Theory of Abraham Maslow.

Wise, Sean. 2013. The Impact of Financial Literacy on New Venture Survival. International Journal of Business and Management, Volume 8, No. 23.

Yushita, Amanita Novi. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Jurnal Nominal. Volume Vi Nomor 1, Tahun 2017. 11-26. https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14330.

Downloads

Published

2023-04-13