Pendampingan Tata Kelola SDM, Kualitas Layanan dengan Harga Bersaing untuk Meningkatkan Market Share dan Keberlanjutan Usaha Lokal Cizz Cheescake Cabang BSD

Authors

  • Listya Sugiyarti Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Siti Hanah Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Nur Asmilia Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i2.29622

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai perusahaan lewat pelatihan atau training SDM yang dilaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Di antaranya pembentukan kepribadian, mengasah keterampilan dan kemampuan kerja, hingga meningkatkan loyalitas terhadap perusahaan. Memasuki era digital, teknologi pun diperkenalkan kepada karyawan karena perannya yang penting dalam manajemen perusahaan.

Masalah yang sifatnya urgen saat ini yang dihadapi mitra adalah butuhnya pendampingan dan wawasan tentang komitmen dan pengetahuan dari sumber daya manusia yang dimiliki dalam hal kualitas pelayanan, tata kelola SDM dengan persaingan harga demi meningkatkan market share dan keberlanjutan usahanya meskipun secara praktek sudah dipenuhi. Persoalan yang dihadapi oleh Mitra yaitu sumber daya manausia yang terdiri dari kasir, customer service, administrasi dan cheff. Solusi yang ditawarkan dalam pengabdian masyarakat ini adalah pendampingan dan penyuluhan dalam hal tatakelola SDM dan kualitas pelayanan yang diberikan karyawan dengan persaingan harga tetap dapat meningkatkan pendapatan dan keberlanjutan usaha lokal di bidang kuliner kue cheescake. Permasalahan Mitra, Alternatif pemecahan masalah yaitu dengan melakukan yang berkaitan dengan permasalahan dihadapi mitra adalah dengan memberikan model tata kelola sumber daya manusia dalam menghadapi era digital dengan persaingan harga. Pemberian pelatihan pengembangan SDM atau training untuk karyawan di era digital semakin dibutuhkan. Karyawan sebagai salah satu aset perusahaan memberikan dampak besar terhadap kemajuan performa hingga kualitas produk yang diberikan kepada konsumen. 

References

Abezie, H. (2020). Assessing a restaurant service quality using the Dineserv model: A quantitative study on Pizza Hut.

Adeinat, I. (2019). Measuring service quality efficiency using Dineserv. International Journal for Quality Research, 13(3), 591–604.

Agung, Lilik, A.M. 2020. Kompetensi SDM Di Era 4.0, Tangerang. Gramedia Digital

Ahmad, I., & Jenderal, D. 2018. Proses Rofifah Warohidah, Annisa dan Anggun Badu Kusuma. 2019. Perkembangan Era Revolusi Pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Industri 4 . 0 Era Disrupsi Teknologi,p 1–13

Allen, D. N. (2017). A Study of the Relationship Service Quality has on Customer Loyalty, Repeat Visits, and Willingness to Recommend. Capella University.

Amegayibor, G. K., & Korankye, C. O. (2021). Customer satisfaction and the influence of quality service aspects: A case study of a cooperative union in Cape Coast, Ghana's Central Region.

Annals of Management and Organization Research, 2(4), 253-269. Diyanto, A., C. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Pada Hotel Rosali Situbondo. Universitas Muhammadiyah Jember.

Dewi, S. K., & Nugraha, A. (2021). Quality of service evaluation based on importance performance analysis method and the kano model. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1), 12199.

DRPM. Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Edisi XII. 2018.

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa: (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.https://nasional.kontan.co.id/news/sri-mulyani-industri-kulinerjadi-penyumbang-terbesar-pertumbuhan-ekonomi-kreatif

Suci, A. (2017). Importance Performance Analysis Pelaku Usaha UMKM Sektor Kuliner di Pekanbaru.

Sunarsi, D. (2020). The Effect of Marketing Mix and Service Quality on Consumer Satisfaction at Giant Dept Store Bsd Tangerang Branch. E-Jaurnal Management and Business.

Utarinda, D., Haryadi, R. N., Al Farisi, M. S., Mutaufiq, A., & Eliza, E. (2022). Pelatihan Manajemen Bisnis Kedelai dalam Meningkatkan Kualitas Produk bagi Pelaku Usaha Kedelai di Purwakarta. Jurnal Surya Masyarakat, 4(2), 264-269.

Wahyuni, S., & Joesyiana, K. (2021). Pengaruh Gaya Hidup dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau. eCo-Buss, 4(1), 81-94.

Wibowo, H. S., Tunggal, G. J. W., & Jokom, R. (2015). Analisa Kepuasan Konsumen Di Restaurant “X†Di Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 3(1), 203–214.

Widyawati, S., & Faeni, R. P. (2021). Pengaruh Marketing Online, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Borobudur. Reviu Akuntansi, Manajemen, dan Bisnis, 1(1), 15- 19.

Downloads

Published

2023-04-13