Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Ms Excel bagi UMKM Mochi Musa

Authors

  • Widya Intan Sari Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Denok Sunarsi Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i2.29623

Abstract

Menurut Tambunan (2013: 2) UMKM adalah unit usaha produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau Badan Usaha disemua sektor ekonomi. Keberadaan mitra mikro/jasa layanan yang berlokasi di Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan ini pada umumnya dikelola secara mandiri. Permasalahan umum yang dihadapi mitra saat ini ialah dalam mengembangkan usahanya menjadi lebih besar. Produktivitas usaha mitra belum sepenuhnya memenuhi kriteria pasar, sebab dalam mengukur produktivitas usaha mitra tidak didukung dengan sumber daya pengetahuan dan tata kelola keuangan yang baik. Solusi dari kami sebagai Pelaksana Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah kami akan pelatihan penyusunan laporan keuangan dengan teknik pembukuan sederhana berbasis MS Excel. Penerapan IPTEKS yang dimaksud dalam kegiatan ini untuk membantu para pelaku usaha dalam mengelola keuangan usahanya secara mudah.  Target luaran yang kami akan capai adalah UMKM Mochi Musa dapat Menyusun laporan keuangan sederhana berbasis MS Excel, dengan maksud dan tujuan diberikannya pelatihan penyusunan laporan bagi mitra ini dapat membantu pelaku usaha dalam mengelola lalu-lintas keuangannya secara profesional. Sehingga kemampuan modal mitra usaha mikro/jasa layanan layak mengembangkan usahanya.

References

Amir Solihin, Muhammad dan Sudirja, Rija. 2007, Pengelolaan Sumber Data Alam Secara Terpadu Untuk Meperkuat Perekonomian Lokal

Aufar, Arizali. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan

Informasi Akuntansi Pada UMKM (Survei Pada Perusahaan Rekanan PT. PLN (Persero) di Kota Bandung)

Fatwitawati, R. 2018. Pengelolaan Keuangan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kelurahan Airputih Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru.

Harahap, Sofyan Syafri. 2015. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Edisi 1-10. Jakarta: Rajawali Pers.

Hery. (2016). Mengenal dan Memahami dasar dasar laporan keuangan. Jakarta: PT Grasindo.

Kotler Philip, Susanto A. B, 2000, Manajemen Pemasaran di Indonesia (Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian), Salemba Empat. Jakarta

Muchid, A. (2012). Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi

Narsa, I. M. (2012). Mengungkap Kesiapan UMKM dalam Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (PSAK-ETAP) untuk Meningkatkan Akses Modal Perbankan.

Rudiantoro, R., & Siregar, S. V. (2012). Kualitas Laporan Keuangan UMKM Serta Prospek Implementasi SAK ETAP. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 9(1), 1–21.

Santoso, A., Widowati, S. Y., & Saifudin, S. (2021). Peningkatan Ketrampilan Menyusun Laporan Keuangan Sederhana Melalui Pelatihan Berkelanjutan. Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 70-76.

Suteja, I. G. N. (2018). ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN METODE ALTMAN Z-SCORE PADA PT ACE HARDWARE INDONESIA Tbk. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 12–17.

Tambunan M Rudi, 2013, Pedoman penyusunan Standard operating prosedur, Edisi 2013, Penerbit Maiesta.

Utarindasari, D., Purnama, A., & Prihatini, A. (2021). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Gandoang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 44-52.

Winarno, Slamet Heri. 2017. “Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan Melalui Analisis Rasio Profitabilitas.†Jurnal Moneter 6(2):106–12.

Downloads

Published

2023-04-13