Sosialisasi Pengenalan Konsep Uang dan Manfaat Manajemen Keuangan pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Setu Tangerang Selatan

Authors

  • Tutri Indraswari Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Kartika Sari Dewi Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Ayu Puspa Lestiyadi Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i2.29624

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi tentang konsep uang dan manajemen keuangan sejak dini kepada siswa SD Negeri Setu guna menambah pengetahuan mengenai uang dan cara mengaturnya dengan baik mulai usia dini. Metode kegiatan yang digunakan adalah kerjasama dengan Kepala Sekolah dan guru Sekolah Dasar Negeri Setu yang beralamat di Setu, Tangerang Selatan. Setelah di analisis, kami memberikan sosialisasi tentang pentingnya konsep uang, pengenalan berbagai jenis uang, serta mengajarkan bagaimana mengatur uang yang baik sebagai bentuk penambah wawasan. Hasil kegiatan menunjukan bahwa sebelum pelaksanaan PKM, siswa SD Negeri Setu belum mengetahui konsep uang sejak dini dan belum mengetahui manajemen keuangan yang baik bagi anak usia dini. Namun setelah pelaksanaan kegiatan PKM ini diketahui para perserta mulai memiliki ketertarikan tentang konsep uang dan ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang bagaimana memanajemen uang yang baik guna mencapai tujuan yang di inginkan. Kegiatan PKM berperan positif dalam meningkatkan pengetahuan kepada siswa SD Negeri Setu, Tangerang Selatan.

References

Aliminsyah, Padji. 2003. Buku Kamus Istilah Keuangan dan Perbankan. Jakarta PT. Raja Grafindo Persada.

Gunawan, A., Pulungan, D. R., & Koto, M. (2018). Peran Literasi Keuangan Pada Kemampuan Pengelolaan Keuangan Untuk Persiapan Masa Pensiun Secara Mandiri (Studi Kasus Pada Dosen Fakultas Ekonomi & Bisnis UMSU). Medan.

Hady Hamdy. 2010. Ekonomi Internasional, Teori dan Kebijakan Perdagangan Internasional jilid 2. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Harjito A, Martono. (2018). Manajemen Keuangan. Edisi Kedua, Cetakan Pertama, Penerbit EKONISIA, Yogyakarta, 2018.

Jose Rizal Joesoef. 2014. Pasar Uang dan Valuta Asing. Jakarta : PT. Salemba

Lawang, Robert M.Z. 2013. Kapital Sosial, dalam Perspektif Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: FISIP UI Press.

MacIver, Robert Morrison, 2013. The Modern State ,London: Oxford University Press.Otoritas Jasa Keuangan. (2016). No Title.

Zainal, R., Joesyiana, K., Zainal, H., Wahyuni, S., & Adriyani, A. (2023). Manajemen Pengelolaan Keuangan bagi Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP Kuliah pada Perguruan Tinggi di Lingkungan Yayasan Pendidikan Persada Bunda (STIE–STISIP–STBA–STIH). JIPM: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-5.

Downloads

Published

2023-04-13