Pelatihan Menulis Kreatif untuk Guru di Sekolah Dasar Islam Al Ikhlas Cipete Jakarta Selatan

Authors

  • Eka Kusuma Dewi Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Yunita Kwartarani Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Dinar Ambarita Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i2.29627

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Secara umum, program ini dirancang oleh berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia. Kegiatan pengabdian masyarakat menjadi salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pada Semester genap tahun ajaran 2022-2023 kali ini, kami sebagai tim Pengabdian Kepada Masyarakat, dosen jurusan S1 Akuntansi Universitas Pamulang mengadakan kegiatan pelatihan di Sekolah Dasar Islam Al Ikhlas Cipete, Jakarta Selatan dengan tema "Pelatihan Menulis Kreatif untuk Guru di Sekolah Dasar Islam Al Ikhlas Cipete, Jakarta Selatan". Adapun selama ini sangat jarang di adakan pelatihan menulis untuk para guru di sekolah dasar islam Al ikhlas Cipete, padahal sebagai tenaga pendidik para guru kebutuhan untuk mempunyai kemampuan menulis yang ber kualitas sangat di butuhkan. Baik dalam kegiatan mengajar, membuat bahan ajar, membuat laporan sampai membuat karya tulis membutuhkan kemampuan menulis yang baik. Kegiatan ini di laksanakan pada tanggal 6, 7 dan 8 februari 2023 bertempat di Sekolah Dasar Islam al Ikhlas Cipete. Adapun metode nya dengan ceramah dan tanya jawab akan pentingnya menulis untuk guru sebagai tenaga pendidik, lalu memotivasi akan budaya menulis dan memberikan pelatihan menulis yang kreatif. Diharapkan setelah kegiatan ini guru sebagai tenaga pendidik memiliki kemampuan menulis yang berkualitas dan dapat menularkan ke anak didik nya kelak. Target luaran dari kegiatan ini adalah menterbitkan laporan di jurnal pengabdian kepada masyarakat.

References

Akmal, M. (2022). Kurangnya Literasi Di Indonesia. Https://Kumparan.Com/. https://kumparan.com/muhammad-akmal-1671002666930664381/kurangnya-literasi-di-indonesia-1zRD3UhcGVe/1

Hutapea, E. (2019). No Title3 Hal Ini Jadi Penyebab Rendahnya Minat Baca Anak Indonesia. Https://Edukasi.Kompas.Com. https://edukasi.kompas.com/read/2019/09/10/15225581/3-hal-ini-jadi-penyebab-rendahnya-minat-baca-anak-indonesia?page=all

Martha, N., & Situmorang, Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Questions. 2(2), 165–171.

Miela, B. (2021). 7 Tips Efektif Meningkatkan Skill Menulis Bagi Para Guru. Https://Blog.Kejarcita.Id/. https://blog.kejarcita.id/7-tips-efektif-meningkatkan-skill-menulis-bagi-para-guru/

Nurmahanani, I. (2016). PENERAPAN STRATEGI METAKOGNISI DAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENULIS ARGUMENTASI PADA MAHASISWA PGSD UPI KAMPUS PURWAKARTA. 10(2), 9–20.

Peserta, P., Kelas, D., Man, X. I., & Jambi, K. (2021). Jurnal literasiologi. 6(2), 1–13.

Yarni, G. (2014). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF SISWA MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DENGAN TEKNIK MENULIS JURNAL Gusti Yarmi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Jakarta IMROVING THE STUDENTS ’ CREATIVE WRITING SKILLS THROUGH WHOLE LANGUAGE APP

Downloads

Published

2023-04-13