Puasaku Totalitas Ramadhanku Berkualitas, Belajarku Tuntas di Rumah Yatim My Heart (Al Azhar) Kota Depok

Authors

  • Bachtiar Arifudin Husain Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Arif Budi Santoso Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i2.29628

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berguna untuk menumbuhkan sifat percaya diri dan mampu menghadapi situasi yang terjadi dilingkungan. Begitupun dengan niat yang sudah diutarakan maka kegiatan ini bertema Memaknai Hikmah Pandemi di Bulan Ramadhan. Memaknai hikmah berarti memaknai hal-hal yang sudah terjadi pada kehidupan kita. Bulan Ramdhan ini semua kegiatan sudah mulai membaik, namun masih tetap harus menjaga kondisi selama bulan puasa. Dari semua yang sudah terjadi ada banyak hal yang bisa kita Hal ini bisa dimaknai dengan kita bisa lebih mendekatkan diri kita kepada keluarga dan Tuhan. Mungkin selama ini kita terlalu sering jauh dengan keluarga maupun seikit lupa untuk mendekatkan diri dengan Tuhan jadi dengan adanya pandem kita bisa bercengkrama dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan juga bisa lebih meningkatkan ibadah kita kepada Tuhan yang Maha Esa. Kedua, dimana ada banyak hal buruk terjadi di sekitar kita maupun kepada kita sendiri. Kesabaran sangat dilatih saat pandemi dan membuat kita lebih banyak bersyukur denga apa yang sudah terjadi saat ini. Ketiga, kita di ajarkan untuk selalu bersih, menjaga kebersihan sangat penting dan dapat menyelamatkan nyawa kita. Kebersihan sudah seharunya kita terapkan pada kehidupan kita sehari-hari tapi mungkin lupa adalah kata yang selalu di pakai oleh kita sehingga saat pandemic mengingatkan kita akan kebersihan.  Dari kejadian pandemic yang terjadi, sebenarnya ada banyak hal yang dapat kita maknai dan tentu saja semua itu pasti ada hikmahnya. Kita sebagai manusia, mungkin diingatkan Kembali dengan kejadian pandemic ini untuk bisa selalu memanfaatkan waktu yang ada, lebih mampu menerima sebuah kejadian, dan lebih memahami situasi dan kondisi yang terjadi.

References

Ahid, Nur. (2018). Pendidikan keluarga dalam perspektif Islam.Yokyakarta: Rineka Cipta.

Alma Buchari, dkk. (2017). Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta.

Darmiyati Zuchdi. (2018). Pendidikan Karakter dalam Prespektif Teori dan Praktek. Yogyakarta: UNY Press.

Djamarah, S.B. (2019).Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta.Rineka Cipta.

Hamid, Abdul.2019. Ilmu Akhla. Bandung:Pustaka Cipta.

Hera Lestari Malik, Agus Taufik & Puji Lestari Prianti. (2018). Pendidikan Anak SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Listyarti Retno. 2017. Pendidikan Karakter dalam metode Aktif, Inovatif dan Kreatif. Jakarta: Esensi.

Narwanti Sri. (2018). Pendidikan Karakter.Yogyakarta: Familia.

Rachman Maman. (2019). Manajemen Kelas. Semarang:Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pusat Studi PAUD Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta. 2019. Buku Panduan Program Pembelajaran untuk Menstimulasi Keterampilan Sosial Anak Bagi Pendidik Taman Kanak-kanak. Yogyakarta: Logung Pustaka.

Rohman Arif. (2019). Memahami Pendidikan & Ilmu pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama Yogyakarta.

Wahyudin Din. (2018). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2023-04-13