Peran Mata Pelajaran PKn dalam Membangun Kecakapan Sosial Peserta Didik

Authors

  • Mas Fierna Janvierna Lusie Putri Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Yatti Rosmiati Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i2.29633

Abstract

Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dosen ini adalah sebagai tridharma dan memberikan penyuluhan tentang pentingnya memiliki karakter kevakapan social bagi peserta didik.  Peradaban budaya dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah suatu hal yang tidak dapat di pungkiri. Bangsa Indonesia tentunya menginginkan majunya perkembangan di segala bidang. Namun ada hal yang tidak boleh terlupakan bahwa pendidikan sebagai tempat, wadah dan sekolah menjadi lembaga tempat membina keselarasan antara berkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan peradaban budaya, social, agama serta lainnya. Salah satunya adalah mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan sebagai mata pelajaran yang menjadi utama dalam pembentukan keterampilan, kecakapan baik moral, etika, perilaku, serta social. Pengabdian ini dilaksanakan   di SMA IT An-Naafi, Desa Kahuripan, Ciseeng Bogor, dengan penyuluhan ini diharapkan dapat membangun kecakapan social peserta didik. Mata pelajaran PPKn memiliki peran utama dalam membentuk kecakapan social bagi peserta didik. Kecakapan social sebagai keterampilan, sikap/perilaku seseorang dalam berkomunikasi, berinteraksi, bersosialisasi dengan lingkuangan sekitarnya dan kehidupaannya sepanjang masa.   Peserta didik diharapkan memiliki kecakapan bekerja sama dengan orang lain, mengontrol diri, berbagi pikiran dan pengalaman dengan orang lain, rasa empati, menghargai dan menghormati orang lain, tidak melakukan perundungan. Namun dalam membangun kecakapan social harus ada faktor pendukung pengembangan kecakapan sosial peserta didik adalah guru, peserta didik, dan lingkungan. Faktor penghambatnya yaitu keluarga, lingkungan masyarakat, serta dampak kemajuan teknologi, arus budaya barat yang masuk.

References

Ahmadi, kecakapan sosial adalah Jurnal Bina Gogik, Volume III No. 2, September 2016 ISSN: 2355-3774 Analisis Kecakapan Sosial Siswa

Damri, M. P., Putra, F. E., & Kom, M. I. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan. Prenada Media

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2014, hlm. 185.

Fadilah dkk, Pendidikan Karakter,CV Agrapana Media, Januari 2021

Febry Fahreza, Analisis Kecakapan Social Siswa di SDN Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai. Jurnal Bina Gogik, Volume III No. 2, September 2016

https://media.neliti.com/media/publications/284494-keterampilan-sosial-peserta-didik-dalam-0351a130.pdf

Kesuma, D., Triatna, C., Permana, H. J., 2012, Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek Di Sekolah, Bandung: PT Remaja Risdakary

Pebriyenni, P. Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Mengembangkan Karakter Siswa. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 13(1), 1-16.

Sumarsono, S. (2001). Pendidikan kewarganegaraan. Gramedia Pustaka Utama. Kesuma, D., Triatna, C., Permana, H. J., 2012, Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek Di Sekolah, Bandung: PT Remaja Risdakar

UU RI No. 20 Tahun 2003, Pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2023-04-13