Penyuluhan Gaya Belajar di Perguruan Tinggi bagi Pelajar dan Mahasiswa di Disrik Heram Kota Jayapura Papua

Authors

  • Ferry Rhendra Pananda Putra Sitorus Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua, Indonesia
  • Astrina Rosaria Indah Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua, Indonesia
  • Avelinus Lefaan Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua, Indonesia
  • Alfred Ayub Moses Padwa Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i3.32198

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat diselenggarakan ini dilakukan melalui bentuk penyuluhan. Kegiatan penyuluhan ini dilakukan kepada peserta yang berada di sekolah SMA (Sekolah Menengah Atas)/SMK (Sekolah Menengah Atas) dan mahasiswa di tingkat awal. Jumlah totalnya adalah 35 peserta. Permasalahan yang melatarbelakangi kegiatan ini adalah penyesuaian studi di kampus bagi sebagian mahasiswa baru yang tidak bagus yang ditandai nilai atau indeks prestasi yang kurang bagus. Salah satu penyebabnya adalah perbedaan gaya belajar yang berbeda antara perguruan tinggi dan SMA/ SMK. Dengan perbedaan gaya belajar itu maka seharusnya setiap mahasiswa baru segera menyesuaikannya saat memasuki perguruan tinggi. Kenyataannya tidak semua penyesuaian tersebut dapat dilakukan dengan mudah terutama bagi mahasiswa pendatang dari luar Kota Jayapura yang berkuliah di Kota Jayapura dan situasi pandemik Covid-19. Kegiatan pengabdian ini ditujukan bagi mahasiswa tingkat awal dan pelajar yang berada di Jalan Buper Distrik Heram Kota Jayapura dan sekitarnya. Kegiatan penyuluhan dilakukan di salah satu tempat ibadah di lokasi tersebut dan pada bulan Februari 2023. Kegiatan penyuluhan ini berisi penyampaian materi gaya belajar di perguruan tinggi, tanya jawab dan diskusi kelompok untuk tiga materi diskusi. Disarankan untuk kegiatan pengabdian selanjutnya mengenai gaya belajar ini difokuskan kepada peserta dari mahasiswa tingkat awal saja atau peserta dari pelajar SMA/ SMK saja. 

References

Anggraeni, Nisya D, Amri Dunan, and Karman. 2021. “Adaptasi Kultural Mahasiswa-Perantau Dalam Menghadapi Gegar Budaya Saat Pandemi Cultural Adaptation of Middle Students in Dealing With Cultural Shock During Pandemic.†Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa 2 (2): 145–60.

Nasir. 2022. “Kesulitan-Kesulitan Proses Adaptasi Mahasiswa Baru : Studi Kasus Pada Salah Satu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Di Indramayu PENDAHULUAN Manusia Adalah Mahluk Sosial Yang Tidak Mungkin Hidup Sendiri , Ia Akan Selalu Membutuhkan Orang Lain ( Panja.†Gema Wiralodra 13 (2): 883–92. https://gemawiralodra.unwir.ac.id/index.php/gemawiralodra/article/view/232/245.

Sitorus, Ferry Rhendra P.P., and Alfred A.M. Padwa. 2020. “KEMAMPUAN PENGENALAN DASAR-DASAR KOMPUTER SEBAGAI STRATEGI ADAPTASI PENDIDIKAN DI KOTA JAYAPURA PROPINSI PAPUA.†Jurnal Pengabdian Papua 4 (2): 48–53. https://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JP/article/view/1266/1034.

Wilani, Ni Made Ari, and Ni Putu Padmadita Nanda Pratiwi. 2019. “Pentingnya Penyesuaian Diri Untuk Mahasiswa Baru.†Buletin Psikologii 5 (20): 1–7. https://erepo.unud.ac.id/id/eprint/33038/.

Downloads

Published

2023-07-19