Promosi Budaya Lokal Melalui Sosiolinguistik dan Variasi Bahasa

Authors

  • Lisa Suhayati Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Mohamad Ramdon Dasuki Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Tito Dimas Atmawijaya Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i3.34102

Abstract

Keragaman sosial dalam suatu masyarakat menciptakan keragaman bahasa. Dalam suku Jawa, terdapat kata ndalem, yang merrupakan respon ketika orang yang lebih muda dipanggil namanya oleh orang yang lebih tua atau yang kedudukannya lebih tinggi. Keragaman social atau stratifikasi sosial ini mempengaruhi pemilihan bahasa dalam tingkatan-tingkatan bahasa yang disebut undak-usuk. Banyak generasi muda khususnya Gen Z belum memperhatikan hal ini. Selain itu menduniakan budaya lokal dapat membantu bangsa ini diperhitungkan oleh dunia global. Oleh karena itu, melakukan promosi budaya lokal melalui pengenalan variasi bahasa dalam sosiolinguistik dirasa dapat menjadi salah satu solusi dari masalah yang ada. Untuk itu salah satu kelompok PkM program studi Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Pamulang melakukan kegiatan webinar dengan judul “Promoting Local Culture through Language Variationss†yang bertujuan untuk mengenalkan budaya lokal pada generasi muda dan masyarakat global melalui variasi bahasa. Ini dilakukan dengan webinar via zoom. Hasilnya, peserta memberikan respon positif terhadap kegiatan ini dan mereka menjadi lebih sadar akan peran penting variasi bahasa dan sosiolinguistik dalam promosi budaya lokal.

References

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.Publishers, Essex.

Fishman, J.A. 1968. “Nationality-Nationism and Nation-Nationism.†Dalam Fishman, et al. Language Problems of Developing Nation. New York: John Wiley and Sons.

Hartman, R.R.K. and Stork, F.C. (1972) Dictionary of Language and Linguistics. Applied Science.

Haryadi, R. N., Putra, R. M., Poetri, M. S., Sunarsi, D., & Mulyadi, M. (2022). “A Song of Ice and Fire†in Historical Perspective: a Mimetic Study. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2891-2898.

Holmes, J. 2013. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman

Jendra, M. I. I. (2010). SOCIOLINGUISTICS :The study of Societes Languages. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kumala, D., Wijandari, A., Suratminingsih, S., & Haryadi, R. N. (2023). Improving Digital Literacy for Secondary School Students at SMK Muhamadiyah 2 Cileungsi. Pasundan Community Service Development, 1(1), 1-4.

Langacker Ronald, W. (1987). Foundation of Cognitive Grammar (Vol. 1). Theoretical Prerequisites. Stanford Stanford University Press.

Meyerhoff, Miriam. 2011. Introducing Sociolinguistics. New York: Routledge

Nababan, PWJ. 1986. Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia Press

Ohoiwutun, Paul. 2002. Sosiolinguistik: Memahami Bahasa Dalam Konteks Masyrakat dan Kebudayaan. Jakarta: Kesain Blance.

Pateda, Mansoer. 1987. Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa

Suwito. 1983. Pengantar Awal Sosiolinguistik, Teori dan Problema. Surakarta: Henary Offset.

Downloads

Published

2023-07-30