Pelatihan Pengemasan Produk dan Penghitungan Harga Pokok Penjualan pada UMKM di Desa Kangkung, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak

Authors

  • Haris Murwanto Universitas Semarang, Semarang, Indonesia
  • Dian Indriana Universitas Semarang, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i4.35002

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bermitra dengan Paguyuban UMKM yang ada di Desa Kangkung, Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Mitra telah melakukan kegiatan usahanya dengan berbagai jenis kategori produk, seluruh produk mitra telah menggunakan kemasan walaupun masih sangat sederhana. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh Mitra adalah belum adanya pemahaman yang baik dari mitra mengenai urgensi pengemasan produk dalam kegiatan usaha, disamping itu mitra belum memahami mengenai perhitungan harga jual produk dengan disesuaikan pengemasan. Tujuan kegiatan PKM ini adalah memberikan pemahaman bagi mitra mengenai urgensi pengemasan produk yang baik dan menarik dalam kegiatan usaha serta memberikan pemahaman bagi mitra mengenai perhitungan harga jual produk yang tepat setelah pengemasan. Setelah mendapatkan sosialisasi dan pelatihan mengenai desain kemasan yang baik dan menarik serta bagaimana menentukan harga jual produk, terdapat peningkatan pemahaman mitra tentang urgensi pengemasan produk dalam kegiatan usaha, terdapat peningkatan kemampuan mitra dalam menentukan desain kemasan yang menarik serta kemampuan menghitung harga jual produk yang tepat.

 

References

Aaker, David A.1991. Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of Brand Name. New York: The Free press, Hl,.15-16. Dalam Chan, Arianis. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen: Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia Cabang Bandung. Jurnal Administrasi Bisnis (2010) Vol.6, No.1, Center for Bussines Studies Fisip UNPAR

http://kangkung.desa.id/ Desa Kangkung Kabupaten Demak

Hidayat, Syauqi & Triyuwono, Iwan. 2019. Praktik Penentuan Harga Jual Berbasis Meuramin. Malang: Jurnal Akuntansi Multiparadigma (2019) Vol. 10, No.1, Hal. 42-62.

Putri, A.D., Permatasari, Berliana & Suwarni, Emi. 2023. Strategi Desain Kemasan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk Umkm Kelurahan Labuhan Dalam Bandarlampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) (2023). Vol 4, No 1, Maret 2023, Hal 119-123. DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i1.2658

WIPO. 2008. Membuat Sebuah Merek (Pengantar Merek untuk Usaha Kecil dan Menengah). Jakarta: Kamar Dagang Industri Indonesia

Downloads

Published

2023-10-31