Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Penerapan Disiplin Posistif dan Pola Hidup Sehat di Lingkungan Yasmin

Authors

  • Gojali Supiandi Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Aden Prawiro Sudarso Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Aulia Darmawan Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i4.35039

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar melalui penerapan disiplin posistif dan pola hidup sehat di lingkungan Yayasan Yatim dan dhuafa Yasmin Sawangan, Kota Depok dalam Model Pembelajaran Outdoor Learning. Hal tersebut dikarenakan sistem pembelajaran yang diberikan guru di kelas tersebut masih kurang menarik, sehingga menyebabkan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran yang diberikan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SD dan SMP Yayasan Yatim dan dhuafa Yasmin Sawangan, Kota Depok. Maka dua hal yakni upaya untuk meningkatkan motivasi belajar dan menambah pemahaman tentang mempraktekan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Metode Outdoor Learning merupakan  salah satu metode pembelajaran yang aktivitas belajarnya berlangsung di luar kelas/sekolah dengan tujuan untuk melibatkan pengalaman langsung terhadap lingkungan dan Masyarakat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SDN yang berperan sebagai eksperimen dan siswa SMP yang berperan sebagai kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa skala sikap motivasi belajar, format observasi, dan wawancara. Hasil penelitian dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05 yang menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Outdoor Learning  dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan, begitupun dengan pendekatan konvensional yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan. Peningkatan motivasi belajar pada kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan Outdoor Learning secara signifikan lebih baik dari pada kelas kontrol dengan menggunakan pendekatan konvensional. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Outdoor Learning mendapatkan respon yang positif dari siswa kelas eksperimen.

References

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Hamdu, Ghullam dan Agustina, Lisa. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol.12. No.1. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Nugraheni, Fitri. 2009. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMK). http://www.eprints.umk.ac.id. Diakses pada tanggal 23 November 2015.

Wahyu, Fitri. 2012. Motivasi Belajar. http://www.eprints.uny.ac.id. Diakses pada tanggal 23 November 2015.

Wijayanti, Wahyu. 2010. Usaha Guru Dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Godean. http://www.core.ac.uk. Diakses pada tanggal 23 November 2013

Downloads

Published

2023-10-31