Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Penerapan Disiplin Posistif dan Pola Hidup Sehat di Lingkungan Yasmin
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i4.35039Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar melalui penerapan disiplin posistif dan pola hidup sehat di lingkungan Yayasan Yatim dan dhuafa Yasmin Sawangan, Kota Depok dalam Model Pembelajaran Outdoor Learning. Hal tersebut dikarenakan sistem pembelajaran yang diberikan guru di kelas tersebut masih kurang menarik, sehingga menyebabkan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran yang diberikan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SD dan SMP Yayasan Yatim dan dhuafa Yasmin Sawangan, Kota Depok. Maka dua hal yakni upaya untuk meningkatkan motivasi belajar dan menambah pemahaman tentang mempraktekan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Metode Outdoor Learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang aktivitas belajarnya berlangsung di luar kelas/sekolah dengan tujuan untuk melibatkan pengalaman langsung terhadap lingkungan dan Masyarakat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SDN yang berperan sebagai eksperimen dan siswa SMP yang berperan sebagai kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa skala sikap motivasi belajar, format observasi, dan wawancara. Hasil penelitian dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05 yang menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Outdoor Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan, begitupun dengan pendekatan konvensional yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan. Peningkatan motivasi belajar pada kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan Outdoor Learning secara signifikan lebih baik dari pada kelas kontrol dengan menggunakan pendekatan konvensional. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Outdoor Learning mendapatkan respon yang positif dari siswa kelas eksperimen.
References
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Hamdu, Ghullam dan Agustina, Lisa. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol.12. No.1. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.
Nugraheni, Fitri. 2009. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMK). http://www.eprints.umk.ac.id. Diakses pada tanggal 23 November 2015.
Wahyu, Fitri. 2012. Motivasi Belajar. http://www.eprints.uny.ac.id. Diakses pada tanggal 23 November 2015.
Wijayanti, Wahyu. 2010. Usaha Guru Dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Godean. http://www.core.ac.uk. Diakses pada tanggal 23 November 2013
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).