Penyuluhan Manajemen Keuangan untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga di Desa Pamijahan Bogor Barat

Authors

  • Widya Intan Sari Universitas Pamulang, Kabupaten Bogor, Indonesia
  • Ria Rosalia Simangungsong Universitas Pamulang, Kabupaten Bogor, Indonesia
  • Yeti Kusmawati Universitas Pamulang, Kabupaten Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpdm.v3i4.35694

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menggerakkan masyarakat agar melek mata, sadar bahwa sekarang ini harus cerdas dan bijak dalam manajemen keuangan dengan semakin kompetitif dan sulitnya mendapatkan tambahan penghasilan, maka yang dapat dilakukan yaitu memanajemen keuangan antara pendapatan dan pengeluaran seimbang agar terpenuhi semua kebutuhan keluarga, atau kata peribahasa tidak boleh besar pasak daripada tiangnya. Penyuluhan manajemen keuangan merupakan upaya penting dalam meningkatkan perekonomian keluarga di Desa Pamijahan, Bogor. Hasil evaluasi program ini akan menjadi dasar bagi pengembangan program-program serupa di tingkat komunitas yang lebih luas, sehingga memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi perekonomian Desa Pamijahan secara keseluruhan. Dengan demikian, penyuluhan manajemen keuangan bukan hanya sebuah proses pendidikan, tetapi juga investasi dalam membangun fondasi ekonomi yang lebih stabil dan berkembang bagi masyarakat desa. Metode pengabdian dengan metode seminar, diskusi dan tanya jawab serta evaluasi secara personal. Hasil kegiatan penyuluhan manajemen keuangan pada Karang Taruna Desa Pamijahan, dapat berbagi pengetahuan tentang mengelola keuangan sehingga tidak konsumtif dalam memenuhi kebutuhannya dengan harapan ada kelebihan yang bisa ditabungkan sesuai kemampuannya secara berkelanjutan sehingga aman secara ekonomi.

References

Alma. B. (2015), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta Cummins. J. (2014), Sales Promotion, Jakarta: PPM

Ana Wijandari, S. E., Ak, M., Suratminingsih, S. E., AK, M., AK, C., & Samsul Arifin, S. E. Manajemen Keuangan,. Cipta Media Nusantara.

Beik, I. S., dan Arsyanti. L. D. (2016), Ekonomi Pembangunan Syariah, Jakarta: Rajawali Pers.

Gandung, M., Sunarsi, D., & Suwanto, S. (2023). Pelatihan Dasar Kepemimpinan Taman Belajar Kreatif Duren Mekar Parung Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 98-104.

Gandung, M., Suwanto, S., & Sunarsi, D. (2022). Pelatihan Kemampuan Komunikasi bagi Pemuda pada Karang Taruna Kelurahan Kedaung Kota Depok. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(6), 44-48.

Gunartin, Denok Sunarsi, Syafaatul Hidayati, Peningkatan Ekonomi Keluarga Melalui Pemberdayaan Masyarakat Dengan Membuat Sandal Hias, Jurnal PKM Dharma Laksana Volume 1 Nomor 2 Januari 2019

Gunartin, Soffi, Feb Amni, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Sebagai Tempat Alternatif Menumbuhkan Kemandirian Wirausaha Warga Belajar (Studi pada PKBM Insan Karya Desa Pamijahan Tangerang Selatan, Jurnal PEKOBIS Volume 3 Nomor 2 Oktober 2018.

Hidayat, T., & Suratminingsih, S. (2023). Analisis Efisiensi dan Keadilan Sistem Pajak Progresif. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah, 1(1).

Prabowo, B., Gandung, M., & Suryani, L. (2023). Pendampingan Pemberdayaan Masyarakat dalam Program Pengembangan Urban di Jabodetabek. Jurnal Pengabdian Kabupaten Bogor: JURANTAS, 1(2), 60-69.

Sitorus, S., Eliza, E., & Hidayat, T. (2022). Analisis Atas Rekonsiliasi Laporan Keuangan Komersial Menjadi Laporan Keuangan Fiskal Untuk Menentukan Besarnya Penghasilan Kena Pajak Yang Dilakukan oleh PT. XYZ di Jakarta. Jurnal Ekonomi Utama, 1(2), 88-99.

Sukirno, Sadono. 2016. Ekonomi dan Bisnis. Rajawali Pers. Jakarta.

Suratminingsih, S. (2023). The Effect of Working Capital Turnover on Profitability at PT. Arwana Citra Mulia Tbk Period 2015-2022. Fin Sinergy: Jurnal Manajemen Keuangan, 1(1), 20-26

Downloads

Published

2023-10-31